Jordy Prayoga He enjoys creating clear and helpful content. In his free time, he loves to hike.

Mengenal Domain .ME, Cocok untuk Website Portofolio & Blog!

2 min read

DOMAIN ME ADALAH

Memilih domain untuk website tidak bisa dilakukan asal-asalan. Pasalnya, nama domain dapat memengaruhi branding website Anda bagi audiens.

Untungnya, sekarang ini telah tersedia banyak pilihan nama domain yang bisa digunakan.

Jadi, bila Sobat Aksara hanya mengetahui beberapa domain saja, misalnya .com, .net, .id, kini bisa punya banyak pilihan domain yang bisa digunakan.

Salah satu domain yang bisa Anda pilih adalah .me. Anda mungkin masih belum begitu mengenal domain .me ini di internet.

Padahal, domain .me sudah cukup populer di kalangan blogger dan freelancer, lho. Nah, untuk mempelajari lebih lanjut seputar domain .me, baca artikel berikut ini ya, Sobat Aksara!

Apa Itu Domain .ME?

Domain me adalah ekstensi domain yang sangat merepresentasikan individu apabila Anda ingin menggunakannya untuk membangun sebuah website.

Sebab, akhiran .me bisa diartikan me atau dalam bahasa Inggris berarti saya/aku. Awalnya, domain me adalah bagian dari ccTLD negara Montenegro.

Namun, kini semua pengguna di seluruh dunia bisa mendaftarkannya karena sekarang domain .me tersedia secara global.

Apabila Anda adalah tipe orang yang ingin tampil beda dan terlihat unik, serta menganggap kalau domain .com sudah terlalu mainstream, maka domain me adalah pilihan yang tepat untuk Anda ketika ingin membuat situs pribadi dan website portofolio.

Tunggu-tunggu… Blog pribadi mungkin masih cukup familier bagi Anda, tetapi apa itu website portofolio?

Singkatnya, website portofolio adalah website yang berisi profil individu, termasuk keahlian (skill) dan semua hasil karya Anda.

Anda akan sangat membutuhkan portofolio ketika ingin melamar pekerjaan, baik itu freelance, part time, maupun full time.

Nah, di sini peran web portofolio memungkinkan Anda terlihat lebih profesional dan tentunya siapa saja dapat menjangkaunya tidak terbatas ruang dan waktu.

Website portofolio biasanya dimiliki oleh individu yang bekerja di bidang kreatif, misalnya desainer grafis, copywriter, scriptwriter, content writer, model, social media specialist, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Spam Score Domain dan Cara Memeriksanya

Mengapa Memilih Domain .ME? Ini Kelebihannya

Dominasi domain .com memang sudah sangat tinggi sejak lama. Sehingga tidak mengherankan jika banyak website yang menggunakannya.

Ada pengguna baru yang menggunakan nama domain .com karena sudah sangat populer. Ada pula yang memilihnya karena dinilai lebih singkat — dibanding domain lain, seperti .website, .co.id, .site, dan sebagainya.

Di balik kepopuleran .com, ada domain .me yang ternyata memiliki kelebihan yang tidak kalah, lho! Simak pembahasan berikut ini:

1. Lebih Singkat

Seperti yang sudah diketahui, ekstensi domain .me memiliki karakter yang lebih singkat dibandingkan .com.

Penggunaan nama domain yang lebih singkat memiliki berbagai keuntungan bagi website, yakni mudah dihafalkan dan diakses oleh pengunjung.

2. Harganya Terjangkau

Dari semua ekstensi domain yang ada memiliki biaya pendaftaran yang berbeda-beda. Misalnya .id yang harganya Rp250.000, .com Rp165.000. 

Nah, domain .me sendiri juga memiliki harga yang cukup terjangkau, yakni Rp263.000. 

Untuk standar harga domain yang bisa digunakan secara global, tentu domain .me masih tergolong worth it.

Baca Juga: Ini Alasan Mengapa Website UMKM Harus Pakai Domain BIZ ID!

3. Tersedia Secara Umum

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa domain me adalah bagian dari ccTLD negara Montenegro, artinya domain tersebut hanya diperuntukan bagi website yang berasal dari Montenegro.

Akan tetapi, karena memiliki karakter yang unik dan peminatnya sangat banyak, domain .me pun kini bisa digunakan secara global layaknya kelompok domain gTLD.

Jadi, domain .me bisa disejajarkan dengan .com, .net, dan domain populer yang lainnya. Bagaimana, Sobat Aksara, Anda sudah mulai tertarik menggunakan domain ini?

4. Meningkatkan Branding Website

Branding website akan membantu mempermudah audiens dalam mengenal website Anda. Nah, dengan domain .me, pengunjung pun akan lebih mudah mengidentifikasinya sebagai website pribadi maupun web portofolio.

Ini baru blog pribadi dan portofolio. Di bidang bisnis, menciptakan branding dengan memilih domain yang relevan terkadang menjadi aspek yang kurang diperhatikan.

5. Masih Tersedia Banyak Pilihan Nama Domain

Tingginya pengguna domain .com membuat ketersediaan namanya semakin menipis. Ya, Anda tidak salah.

Satu domain hanya bisa didaftarkan oleh satu pengguna saja. Jadi, bila Sobat Aksara mengincar nama domain dan tak kunjung mendaftarkannya, besar kemungkinan akan didaftarkan orang lain lebih dulu.

Untungnya, domain .me masih memiliki ketersediaan yang sangat banyak. Sebagai contoh, nama domain yang sudah didaftarkan dengan .com mungkin masih tersedia apabila memilih ekstensi .me.

Baca Juga: 20+ Contoh Domain yang Bisa Menjadi Alternatif Selain .COM

Tertarik Menggunakan Domain .ME?

Domain me adalah pilihan terbaik apabila Sobat Aksara ingin memperkuat identitas website portofolio atau blog pribadi.

Walaupun masih kalah populer dengan .com, bukan tidak mungkin ke depannya popularitas domain .me semakin menanjak.

Nah, dengan semua yang ada pada domain .me ini, apakah Sobat Aksara sudah tertarik untuk mendaftarkannya?

Jika iya, jangan menunda-nunda, ya. Sebab, pendaftaran domain itu sifatnya ‘siapa cepat dia dapat.’

Yuk, klaim nama domain Anda sekarang juga!

Beli Domain .me di Sini!

Jordy Prayoga He enjoys creating clear and helpful content. In his free time, he loves to hike.