Domain COM Jadi yang Paling Populer, Apa Kelebihannya?

3 min read

AD DOMAIN COM ADALAH

Pada awal kemunculan domain, di dunia ini hanya ada enam buah ekstensi domain yang tersedia, yaitu .GOV, .EDU, .MIL, .ORG, .NET, dan .COM.

Seiring perkembangan zaman serta kemajuan teknologi, kini telah tersedia sebanyak 1500+ ekstensi domain yang dapat digunakan untuk mempermudah aktivitas pengguna internet. 

Di antara 1500++ ekstensi domain tersebut, yang paling populer di mata pengguna internet, yaitu ekstensi domain .COM. 

Sobat Aksara pasti sering mendengar .COM (familier dibaca dengan dot kom), karena hampir setiap hari menemui website dengan domain .COM.

Namun, sudahkah Anda mengenal apa itu domain COM dan mengapa ia menjadi yang paling populer di antara ekstensi domain lain?

Mari simak penjelasannya di bawah ini!

Mengenal Asal-Usul Domain COM

Domain .COM adalah Domain yang Fleksibel Digunakan.

Domain COM adalah ekstensi yang menunjukkan bahwa suatu website bergerak dalam bidang komersial. 

Lahir pada tahun 1985, domain .COM menjadi ekstensi pertama yang ada, bahkan empat tahun lebih awal dari World Wide Web (WWW). 

Ekstensi domain .COM pertama kali diaktifkan pada Tanggal 15 Maret 1985 oleh perusahaan komputer dari Massachusetts bernama Symbolisch Inc. dengan alamat domain symbolics.com

Domain symbolics.com bertahan selama 25 tahun di bawah pengelolaan Symbolisch Inc., sebelum akhirnya berpindah kepemilikan ke tangan ke perusahaan XF Investments pada tahun 2009. 

Aron Meystedt menyatakan bahwa situs symbolics.com sampai saat ini masih terus memiliki ratusan hingga ribuan pengunjung dari para pengguna internet yang penasaran terhadap situs pertama yang menggunakan ekstensi domain .COM.

Kini, domain .COM menjelma menjadi ekstensi paling populer dan paling banyak digunakan di dunia.

Menurut laporan statistik dari Statista, per bulan Januari tahun 2022, sebanyak 54% website di dunia menggunakan ekstensi domain ini. 

Bahkan, banyak pengguna awam yang baru memulai website menganggap bahwa website yang ideal adalah yang menggunakan .COM.

Maka tidak heran apabila Anda mencari informasi di Google pasti akan menemui banyaj website dengan domain COM yang bertengger pada hasil mesin pencarian.

Fungsi Domain COM

Ekstensi domain .COM merupakan sebuah akronim dari kata commercial (komersial).

Awalnya, ekstensi domain ini diciptakan untuk menunjukkan bahwa suatu website bergerak pada bidang komersial dan bisnis.

Namun, seiring berjalannya waktu dan meningkatnya kepopuleran domain .COM, fungsinya menjadi lebih luas dan fleksibel. 

Sehingga segala jenis website dapat menggunakan akhiran domain ini. 

Walau begitu, Jack Haverty seorang pelopor internet dari MIT (Massachusetts Institute of Technology) melalui situs resmi Verisign mengatakan bahwa sejatinya arti dibalik domain .com adalah company bukan commercial

Kelebihan Domain COM

Domain .COM memiliki berbagai kelebihan yang perlu Sobat Aksara ketahui jika berencana memilih domain ini sebagai alamat website Anda. Berikut detailnya:

1. Bersifat Global

Domain .COM masuk dalam kategori domain Internasional dan dikelola oleh Verisign sebagai registry-nya. 

Tidak hanya itu, domain ini juga berada di bawah naungan organisasi nirlaba bernama ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers).

Verisign memungkinkan siapa pun dan di mana pun seseorang berada untuk dapat menggunakan ekstensi domain ini tanpa harus menggunakan syarat khusus. 

Secara tidak langsung, tentu Verisign membuat ekstensi domain .COM mampu menghubungkan seluruh dunia secara online. 

2. Fleksibel

Atas kepopuleran domain .COM, kini ekstensi ini tidak hanya digunakan oleh situs yang bergerak di bidang komersial. 

Berbagai macam situs mulai dari website pribadi, blog, komunitas, portofolio, dan lain sebagainya dapat menggunakan ekstensi domain ini.

3. Kredibilitas Tinggi

Domain COM adalah ekstensi yang memiliki kredibilitas tinggi di mata pengguna internet.

Pertama, karena .COM merupakan salah satu ekstensi domain yang pertama muncul, jadi pengguna internet sudah sangat familiar dengan akhiran domain ini. 

Kedua, domain .COM bukanlah domain gratis. Untuk menggunakannya, pendaftar harus membayarkan sejumlah uang pendaftaran dan uang sewa tahunan. 

Maka, banyak pengguna internet yang mengasumsikan bahwa situs dengan akhiran domain .COM adalah website yang diolah secara serius dan kontennya cukup dapat dipercaya. 

4. Mudah Diingat

Apa yang diingat oleh sebagian besar pengguna internet saat membicarakan tentang website?

Pasti sebagian besar akan menyebutkan nama domain dan ekstensi yang mengikutinya. 

Nah, karena domain .COM adalah ekstensi yang sudah sangat populer dan melekat di benak sebagian besar pengguna internet, alamat website yang menggunakan akhiran domain ini pasti akan lebih mudah diingat. 

Coba bandingkan mana yang lebih mudah diingat, croffle.com atau croffle.xyz?

Tentu saja croffle.com, bukan?

5. Proses Registrasi Mudah

Untuk menggunakan ekstensi domain .COM proses pendaftaran termasuk cukup mudah. 

Berbeda dengan proses pendaftaran domain kode negara atau ccTLD yang membutuhkan berbagai dokumen resmi, pendaftaran domain .COM tidak membutuhkan dokumen tersebut. 

Hal ini bisa terjadi karena domain COM adalah keluarga dari gTLD, jadi siapa dan dari mana ia berasal bisa mendaftarkannya.

Sobat Aksara hanya memerlukan alamat email aktif dan menyiapkan sejumlah biaya pendaftaran.

6. SEO Friendly 

Karena kepopulerannya, website yang menggunakan ekstensi domain .COM cenderung memiliki CTR (Click Through Rate) yang lebih tinggi. 

CTR adalah jumlah orang yang memutuskan untuk mengklik website Anda saat melihatnya di halaman hasil pencarian.

Apalagi domain ini bersifat global, jadi memiliki kesempatan lebih tinggi untuk menjangkau lebih banyak audiens.

Sebagai catatan, sebenarnya semua jenis domain memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan peringkat atas di mesin pencarian.

Jadi, baik itu domain COM, XYZ, IO berpeluang untuk mendapatkan banyak klik.

Domain .COM sangat cocok bagi siapa saja yang baru saja memulai website pertama mereka, atau ingin menggunakannya sebagai alamat website bisnis, perusahaan, dan sebagainya.

Daftarkan .COM Sekarang Sebelum Didahului Orang Lain!

Setelah mengenal domain COM pada artikel ini, Sobat Aksara bisa dipastikan semakin yakin untuk mendaftarkan domain .COM karena memiliki banyak kelebihan.

Ingatlah, untuk memilih nama domain yang merepresentasikan website dan brand Anda dengan sebaik mungkin. 

Sebelum mendaftarkannya, Anda juga wajib mengetahui hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli domain agar tidak salah pilih.

Pastinya, Sobat Aksara harus memilih penyedia domain yang sudah berkualitas, seperti Qwords.com.

Oh iya, Anda juga bisa memulai bisnis baru dengan menjadi reseller domain .COM dan domain populer lainnya bersama Aksara Data Digital.

Di era serba digital ini, bisnis sebagai reseller domain memiliki masa depan yang cerah dan panjang karena semua instansi, organisasi, bahkan individu akan membuat website agar bisnisnya dapat go online!

Yuk, daftarkan domain .COM pilihan Anda sekarang!