9 Cara untuk Mendapatkan Uang dari Instagram untuk Pemula

4 min read

cara mendapatkan uang dari instagram

Sebagian besar dari Sobat Aksara pasti mengenal Instagram (IG), aplikasi sosial media tempat berbagi aneka foto dan video menarik. 

Nah, daripada Sobat Aksara terlalu banyak menghabiskan waktu hanya untuk scrolling Instagram sambil rebahan, lebih baik Anda bermain Instagram sambil mengumpulkan cuan.

Mengingat kini Instagram menjadi salah satu platform terpopuler yang telah dinikmati oleh lebih dari 1 milyar pengguna.

Selain itu, Instagram juga memiliki berbagai fitur yang memudahkan para seller menawarkan produk atau jasa.

Fitur-fitur yang dapat digunakan seperti Shopping Post hingga tagar yang dapat memudahkan pengguna untuk menemukan produk atau jasa yang ditawarkan.

Penasaran bagaimana cara mendapatkan uang dari Instagram walaupun Anda masih pemula?

Langsung saja kita simak bersama artikel di bawah ini!  

Cara Mendapatkan Uang dari Instagram 

Berikut cara mendapatkan uang dari IG yang dapat Anda coba:

1. Menjadi Influencer atau Selebgram 

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah menjadi influencer atau selebgram (selebriti Instagram). 

Untuk menjadi seorang influencer atau selebgram memang bukan hal yang mudah untuk dilakukan, sebab Anda memerlukan konsistensi yang tinggi untuk membangun personal branding di Instagram. 

cara mendapatkan uang dari ig

Namun sekalinya fanbase yang kuat dan interaksi yang intens terbentuk di akun Anda, umumnya Anda akan mulai menerima tawaran untuk membuat sponsored content hingga menjadi brand ambassador.

Semakin besar jumlah follower dan engagement akun Anda, semakin besar juga jumlah uang yang akan Anda dapatkan dalam tiap proyek. 

Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk menjadi seorang influencer atau selebgram adalah pilih niche yang Anda inginkan dan sekiranya mampu Anda jalankan dalam waktu yang lama. 

Apakah kecantikan, pendidikan, komedi, musik, parenting, fashion, mental health, atau bidang lainnya. 

Jangan lupa juga untuk membuat konten kolaborasi dengan influencer atau selebgram lainnya yang linier dengan bidang Anda. 

2. Content Creator

Content creator berbeda dengan influencer maupun selebgram. 

Influencer atau selebgram adalah orang yang membangun ketenaran dan kemudian memanfaatkan ketenaran tersebut untuk mendapatkan uang dari Instagram. 

Sementara itu, content creator merupakan orang-orang yang memanfaatkan akun instagram-nya untuk memperkenalkan karyanya. 

Untuk itu, menjadi seorang content creator membutuhkan konsistensi dan tingkat kreativitas yang tinggi. 

Nah, saat karya Anda terkenal, Anda bisa membuka “open commision” dan umumnya brand akan tertarik untuk memesan sponsored content.  

3. Product Reviewer 

Tidak tertarik untuk menjadi influencer, selebgram, maupun content creator? 

Anda bisa menjadi product reviewer untuk mendapatkan kedepannya mendapatkan  sponsored content dan endorsement content. 

Selain itu, Anda juga bisa menjadi Instagram Product Reviewer untuk menjalankan bisnis sebagai affiliator. 

Menjadi affiliator berarti Anda mengulas kelebihan dan keunikan suatu produk dan mencantumkan link atau kode referal untuk melakukan pembelian produk tersebut. 

Nantinya, setiap kali ada audiens yang membeli melalui link atau kode referal Anda, sejumlah komisi akan otomatis masuk ke dompet.  

Lebih lanjut, selain sebagai affiliator, Anda juga bisa melakukan review produk yang Anda jual sendiri dan mencantumkan link pembelian di setiap postingan yang diunggah. 

4. Paid Promote

Pengguna juga dapat membuka jasa paid promote untuk mendapatkan uang dari Instagram. Dengan cara ini pengguna Instagram melakukan layanan promosi berbayar dengan memanfaatkan fitur Instagram Story atau Feed Instagram.

Materi promosi pun bisa didapatkan dari perusahaan yang menggunakan jasa ini. Saat ini diketahui sudah banyak pelaku usaha atau UMKM yang memanfaatkan layanan ini lantaran harga paid promote yang relatif lebih murah.

Bagi Sobat Aksara yang ingin mencoba menekuni bisnis ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yakni sebagai berikut.

  • Pakai akun asli: pastikan untuk menggunakan akun asli lantaran akan lebih mudah mendapatkan klien. Selain itu, perlu diingat bahwa kredibilitas akun menjadi taruhan.
  • Selektif: Sobat Aksara juga harus selektif dalam memilih perusahaan. Pilih perusahaan yang terpercaya dan memiliki produk yang berkualitas untuk menjaga kepercayaan pengikut Instagram.
  • Beri pelayanan terbaik: membuka layanan paid promote tak hanya sekadar mempromosikan suatu produk atau layanan, namun juga harus aktif memberikan respon terhadap pesan atau komentar dari pengikut.
  • Meningkatkan engagement: perlu juga melakukan langkah untuk meningkatkan engagement lantaran komponen ini merupakan salah satu tolak ukur perusahaan untuk memilih jasa paid promote.

5. Jasa Titip Barang

Untuk mendapatkan uang dari Instagram, Sobat Aksara juga dapat melakukan membuka jasa titip barang.

Dengan menyediakan layanan ini artinya Anda memiliki tanggung jawab untuk membelikan produk sesuai dengan titipan konsumen.

Untuk memulai bisnis ini Sobat Aksara dapat memotret produk-produk yang dipajang di berbagai toko kemudian unggah foto tersebut di Instagram.

Sebelum memutuskan untuk membuka jasa titip barang melalui Instagram ini ada beberapa tips yang dapat dilakukan di antaranya seperti berikut ini.

  • Menetapkan jenis barang: Sobat Aksara dapat membuka layanan jasa titip untuk barang tertentu, contohnya, jasa titip pakaian wanita.
  • Pantau tren: pastikan pula untuk selalu mengikuti perkembangan tren agar Anda dapat selalu memenuhi kebutuhan konsumen.
  • Potret barang dengan resolusi bagus: pastikan untuk memotret segala sisi barang dengan resolusi yang bagus agar konsumen dapat melihat segala sisi barang dengan jelas.
  • Pahami aturan toko: jangan lupa untuk selalu memperhatikan peraturan toko lantaran tidak semua toko mengizinkan pengunjung untuk memotret produk yang ditawarkannya. Oleh sebab itu, pastikan untuk bertanya terlebih dahulu.

6. Instagram Badges

Seperti halnya donasi pada TikTok dan Twitch, Instagram juga memiliki fitur pemberian hadiah kepada siapapun yang tengah melakukan live streaming Instagram. 

Fitur ini baru diluncurkan pada 17 November 2021 dan tersedia untuk pengguna berusia 18 tahun ke atas. 

Fitur badges ini berbentuk hati dan dapat dibeli oleh audiens saat Anda melakukan live streaming. 

cara mendapatkan uang dari instagram

Ada tiga jenis badges yang dapat dibeli oleh audiens, yaitu:

  • 1 hati – USD 0.99
  • 2 hati – USD 1.99
  • 3 hati – USD 4.99

7. Monetisasi Video

Cara mendapatkan uang dari Instagram selanjutnya adalah dengan monetisasi video yang Anda unggah di Instagram. 

Caranya dengan mengaktifkan opsi monetisasi untuk in-stream video ads (iklan video sela) yang ada di menu setting. 

Setelah fitur tersebut diaktifkan, audiens akan menerima iklan di tengah-tengah durasi waktu menonton video Anda. 

Sedangkan Anda akan menerima 55% dari jumlah keuntungan yang didapatkan per view.

Syarat agar video Anda dapat mengaktifkan fitur ini adalah memiliki durasi minimal 2-4 menit. 

8. Instagram Shop

Bagi Anda yang memiliki suatu brand, Anda dapat mengaktifkan fitur Instagram Shop untuk menjual produk atau jasa Anda. 

Fitur Instagram shop akan membuat profil Anda terhubung dengan e-commerce yang akan memudahkan audiens untuk membeli produk yang menarik perhatian mereka. 

Baca juga: Berikut Cara Mendapatkan Uang dari TikTok dengan Mudah!

9. Instagram NFT

Instagram digadang-gadang akan meluncurkan fitur baru bernama Instagram NFT yang akan mulai diuji coba di Amerika Serikat. 

Melalui fitur ini, penggunanya dapat memajang koleksi NFT yang mereka miliki pada feed, story, dan direct message. 

NFT yang dipamerkan ini nantinya akan memiliki tag khusus yang diberi nama digital collectibles. 

Jika tag ini di klik, maka audiens akan melihat informasi seperti nama pemilik dan pencipta NFT.  

Dengan adanya fitur ini, karya digital para content creator akan mendapat nilai exposure yang tinggi sehingga dapat berpengaruh terhadap tingkat penjualannya. 

cara mendapatkan uang dari ig

Berapa Banyak Follower yang Dibutuhkan untuk Menghasilkan Uang dari IG?

Menurut digital marketing specialist terkenal, Neil Patel, hanya dengan 1000 followers saja, Anda sudah memiliki potensi untuk menghasilkan uang dari Instagram. 

Even if you have 1,000 followers who are engaged, the potential to make money is there – Neil Patel.

Kuncinya terletak pada tingkat engagement follower, yaitu frekuensi follower dalam menyukai, mengomentari, dan membagikan postingan Anda.  

Walaupun hanya memiliki 1000 follower, dengan fanbase yang memiliki antusiasme tinggi untuk berinteraksi dengan setiap postingan Anda, pemilik brand di luar sana akan tertarik untuk bekerjasama dengan Anda.  

Setelah memiliki semakin banyak followers, Anda pun bisa membuat brand milik sendiri dan menjualnya melalui akun Instagram yang telah Anda bangun.  

Dari sekian cara mendapatkan uang dari Instagram yang telah kami sampaikan, mana yang ingin Anda coba?

Jangan khawatir apabila Anda masih pemula, karena semua hal besar memang dimulai dari hal kecil. 

Yang terpenting Anda terus konsisten dalam berkarya dan berinteraksi dengan audiens dengan keunikan Anda sendiri. 

Nah selain mendapatkan uang dari Instagram, Anda juga bisa mengumpulkan pundi-pundi rupiah dengan menjadi seorang reseller domain

Untuk menjadi reseller domain, Anda dapat bergabung dengan Aksara Data Digital, platform registrar terpercaya yang telah diakreditasi oleh PANDI

Yuk, segera bergabung dengan Aksara Data Digital dan dapatkan promo-promo menariknya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.