Email menjadi sebuah kebutuhan untuk berkomunikasi baik secara personal maupun profesional.
Bentuk komunikasi menggunakan email bisa ditemui ketika Sobat Aksara ingin melamar pekerjaan atau melakukan promosi bisnis.
Jika dalam melamar pekerjaan Anda bisa menggunakan email pribadi (gratisan), maka pada level profesional (bisnis dan perusahaan) Anda disarankan memakai email bisnis atau email domain.
Untuk mengetahui email domain ini lebih lengkap, Sobat Aksara bisa mempelajarinya pada pembahasan kali ini.
Apa Itu Email Domain?
Email bisnis atau email domain adalah istilah yang merujuk pada email yang dipakai oleh para pebisnis dan profesional.
Jika pada email gratis Anda bisa melihat @gmail.com atau @hotmail.com, maka email domain akan menggunakan domain website bisnis maupun perusahaan masing-masing.
Dengan email domain, nantinya pemilik email domain dapat ‘menanggalkan’ @gmail.com atau @hotmail.com.
Jadi, cara mudah untuk membedakan antara pengguna email gratis dan email domain adalah dengan melihat alamat di belakang @ (at). Mudah, bukan?
Bila kebutuhan Anda hanya untuk berkomunikasi secara personal, menggunakan email gratis sudah lebih dari cukup mengingat sebagian besar tidak selalu menggunakannya ketika berkomunikasi.
Namun, pada level profesional, jangan sekali-sekali menggunakan email versi gratis terutama ketika melakukan promosi karena akan sangat memengaruhi bisnis/perusahaan Anda, lho.
Mengapa hal itu bisa terjadi? Nah, sebelum membahas mengapa email domain ini penting bagi bisnis maupun perusahaan, ketahui perbedaan email gratis dan email domain terlebih dahulu, yuk!
Baca Juga: Pentingnya Domain untuk Bisnis di Dunia Online, Sudah Tahu?
Perbedaan Email Domain dan Email Gratis
Kami telah menyebutkan perbedaan yang paling mencolok antara email gratis dan email domain, yakni alamat @gmail.com atau @hotmail.com untuk versi gratis, sementara email bisnis menggunakan nama domain website masing-masing.
Selain itu, masih ada beberapa perbedaan email domain dan email gratis, lho. Berikut pembahasannya.
1. Besarnya Penyimpanan Email
Seperti diketahui, email gratis telah difasilitasi penyimpanan sebesar 15 GB. Untuk kebutuhan komunikasi personal, tentu jumlah tersebut sudah terbilang besar.
Namun, bila Sobat Aksara menggunakan email pada level bisnis atau profesional, maka Anda membutuhkan penyimpanan yang lebih besar.
Pasalnya, email domain biasanya banyak digunakan untuk mengirimkan lampiran promosi kepada banyak orang.
Untungnya, email domain memungkinkan Anda untuk mengatur besaran penyimpanan yang dibutuhkan, misalnya 100 GB, 500 GB, dan seterusnya.
2. Konfigurasi Akun Email
Apabila dengan email gratis Anda hanya bisa mendaftarkan satu akun per identitas, maka tidak dengan email bisnis (email domain).
Sebab, Anda bisa menggunakan email domain untuk membuat banyak akun sekaligus dan mengatur besaran penyimpanan pada tiap akun tersebut.
Jika Sobat Aksara memiliki perusahaan/bisnis dan banyak karyawan, Anda bisa membuatkan email untuk setiap karyawan tersebut dengan domain khusus, misalnya jordy@aksaradata.id.
Baca Juga: Mengenal Pentingnya Website untuk Bisnis, Anda Sudah Punya?
3. Keamanan dan Reputasi
Ketika mendaftarkan alamat email gratis, Sobat Aksara harus mengisikan identitas diri, seperti nama hingga nomor telepon.
Secara tidak langsung, Anda menukarkan informasi pribadi Anda dengan satu akun email gratis tanpa mengetahui hal di baliknya.
Nah, data inilah yang biasanya digunakan untuk mempersonalisasi iklan dari Google.
Berbeda dengan yang versi gratis, email domain menjamin untuk memberikan pengamanan privasi lebih baik.
Sebagai contoh, pengguna email domain akan bebas dari gangguan iklan karena browser tidak memiliki data untuk mempersonalisasi iklan untuk Anda.
Dari sisi reputasi, email gratis akan lebih mudah untuk disalahgunakan untuk kejahatan seperti penipuan.
Tak jarang, pengguna sering mendapatkan pesan email dari pengirim yang mengaku sebagai perusahaan resmi.
Padahal, alamat email yang digunakan adalah email versi gratis.
Bandingkan ketika sebuah perusahaan/bisnis menggunakan email domain, karena tidak sembarang orang dapat memiliki akun email kecuali memiliki aksesnya.
Selain itu, email domain juga akan membuat perusahaan/bisnis Anda terlihat profesional.
Jadi, masihkah Anda yakin untuk menggunakan email gratis untuk level profesional?
4. Biaya yang Harus Dikeluarkan
Perbedaan selanjutnya antara email gratis dan email domain adalah biaya yang harus dikeluarkan untuk menggunakan seluruh fasilitasnya.
Email gratis tidak membutuhkan biaya sepeser pun, sementara untuk email domain sudah pasti memerlukan biaya untuk domain dan layanan email.
Tapi tenang saja Sobat Aksara, karena biaya email domain dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda, kok.
Mulai dari Rp15.900 saja per bulannya, Sobat Aksara sudah bisa membuat akun email domain Anda sendiri.
Setelah mengetahui perbedaannya, kami yakin bahwa Sobat Aksara sudah mulai menyadari betapa pentingnya email domain bagi bisnis.
Nah, pembahasan berikut ini akan mengulas seberapa penting email untuk keberlangsungan bisnis/perusahaan pada era digital seperti sekarang ini.
Baca Juga: Cara Menjalankan Bisnis Bunga Online & Tipsnya Agar Sukses!
Pentingnya Email Domain untuk Bisnis
Email domain sangat penting bagi bisnis karena dapat menciptakan branding dan meningkatkan kepercayaan terhadap bisnis Anda.
Biasanya, bisnis membutuhkan email domain untuk melakukan email marketing (pemasaran melalui email).
Email marketing hingga saat ini masih tetap dilakukan oleh bisnis atau brand besar untuk menjangkau pengguna.
Bahkan menurut statistik Campaign Monitor, email marketing 40x lebih efektif dibanding media sosial dalam upaya memperoleh pelanggan baru.
Kendatipun demikian, tidak semua pengguna akan langsung tertarik dengan promosi yang ditawarkan, sehingga mereka akan berhenti berlangganan atau memasukkannya ke kotak spam.
Hal ini disebabkan oleh materi promosi yang mungkin tidak realistis dan Anda mengirimkannya secara terus menerus.
Akan tetapi, ini hanya masalah bagaimana Anda membuat materi promosi, bukan penyebab dari email domain itu sendiri.
Jadi, apakah Sobat Aksara sudah mulai tertarik untuk membuat email domain Anda sendiri? Jika iya, silakan ikuti langkah-langkah berikut ini:
Baca Juga: 9 Cara untuk Mendapatkan Uang dari Instagram untuk Pemula
Cara Membuat Email Domain dengan Mudah
Sebelum membuat email domain, Sobat Aksara tentu harus sudah memiliki domain terlebih dahulu, kemudian membeli email hosting.
Bila telah memiliki website, Anda tidak perlu lagi mendaftarkan domain. Lalu, apakah membuat email domain juga harus memiliki website?
Jawabannya adalah tidak harus. Sobat Aksara bisa membuat email tanpa harus memiliki website lebih dulu.
Untuk lebih jelasnya, silakan mengikuti cara membuat email domain pada artikel berikut ini.
Buat Email Domain Mulai Rp15 Ribu
Masih merasa kesulitan dengan tutorial yang kami berikan? Anda juga bisa berlangganan email domain dari Qwords.com, lho.
Semoga artikel ini bermanfaat. Selamat mencoba!