Jordy Prayoga He enjoys creating clear and helpful content. In his free time, he loves to hike.

Ingin Website Lebih Catchy? Pakai Saja Domain WEB ID!

3 min read

DOMAIN WEB ID ADALAH

Ketika Sobat Aksara mengakses sebuah website, tentu Anda telah melewati sebuah proses sebelum sampai pada website tersebut, yakni melalui pencarian atau mengetikkan domain (alamat website).

Berbicara mengenai domain, sekarang ini banyak sekali jenis domain yang sebenarnya hanya terbagi ke dalam tiga kaetgori saja, yakni gTLD, ccTLD, dan sTLD.

Namun, bila mengulas lebih dalam lagi, ketiga kategori tersebut memiliki banyak turunan domain yang kurang lebih jumlahnya sebanyak seribu lebih, lho.

Salah satu domain yang sangat populer dan bahkan sudah menjadi pilihan utama para pengguna yang ingin membangun website adalah domain .COM.

Kami pernah membahas domain COM pada artikel sebelumnya, tetapi pernahkah Sobat Aksara mendengar sebuah domain khas Indonesia yakni WEB.ID atau WEB ID?

Domain WEB ID adalah ekstensi yang belum sepopuler ID, tetapi memiliki beberapa keunggulan yang tidak kalah dengan ID, lho. 

Untuk mengetahui lebih jauh, pelajari artikel berikut ini, ya!

Mengenal Domain WEB ID

Domain WEB ID adalah jenis ekstensi domain yang tergabung dalam country code top-level domain ccTLD negara Indonesia.

Karena memiliki ekstensi WEB (website) dan ID, artinya Sobat Aksara bisa menggunakan domain ini untuk berbagai jenis website terutama bila isinya berbahasa Indonesia, termasuk website pribadi, website pariwisata, dan sebagainya.

Berbeda dengan ekstensi seperti SCH.ID atau OR.ID yang hanya akan bisa didaftarkan oleh entitas tertentu, WEB ID dapat Anda daftarkan untuk membuat website yang lebih unik di tengah menjamurnya website dengan domain COM maupun NET.

Nantinya, bila ada yang menggunakan domain WEB.ID ini, pengunjung akan sangat mudah mengidentifikasi bahwa website tersebut berasal dari Indonesia.

Baca Juga: Domain Gratis vs Berbayar, Mana yang Harus Anda Pilih?

Mengapa Domain WEB ID Wajib Dimiliki?

Kami memiliki enam alasan kuat mengapa domain WEB ID adalah opsi yang paling ideal untuk website Anda. Apa saja?

1. SEO Friendly

Ekstensi domain tidak berpengaruh pada buruknya performa SEO yang telah Anda terapkan.

Itu artinya walaupun Anda tidak menggunakan domain COM, website dengan domain WEB ID mampu bersaing pada halaman mesin pencarian.

Dalam sebuah keterangan melalui laman Google Search Console tentang domain ccTLD, Google mengatakan:

“Secara default, kami (Google) menggunakan sebagian besar ccTLD (dengan pengecualian) untuk melakukan penargetan geo pada situs web; ccTLD memberi tahu kami bahwa situs web tersebut mungkin lebih relevan di negara yang sesuai. Sekali lagi, buka pusat bantuan kami untuk informasi selengkapnya tentang situs multiwilayah dan multibahasa.”

Artinya, bila Anda menggunakan domain ccTLD, termasuk WEB ID, maka kesempatan untuk mendapatkan kunjungan lokal sangat tinggi karena dianggap lebih relevan di negara Indonesia.

Namun, bukan berarti domain gTLD selalu tidak lebih baik dari ccTLD ya, Sobat Aksara.

Kuncinya adalah dengan membuat konten yang berkualitas agar website bisa dipercaya oleh Google.

2. Harganya Murah

Alasan kedua mengapa domain WEB ID wajib Anda miliki adalah karena harganya sangat terjangkau, bahkan dua kali lipat lebih murah dibandingkan domain COM, dan empat kali lipat dibandingkan ID.

Harga rata-rata domain WEB ID adalah Rp50 ribu per tahunnya, dan Sobat Aksara bisa mendaftarkannya melalui berbagai penyedia domain terbaik di Indonesia.

Baca Juga: Pentingnya Domain untuk Bisnis di Dunia Online, Sudah Tahu?

3. Akses yang Cepat

Semua domain ccTLD Indonesia memiliki domain name server (DNS) yang berada di Indonesia.

Jadi, ketika website Anda diakses oleh pengunjung yang berada di negara Indonesia, maka halaman bisa muncul lebih cepat, lho!

Domain WEB ID sangat cocok bila Anda ingin menargetkan audiens yang berada di Indonesia.

4. Meningkatkan Branding

Dengan menggunakan domain WEB ID pada website milik Sobat Aksara, website atau bisnis Anda bisa semakin cepat untuk dikenal.

Bayangkan bila masih menggunakan domain gratisan seperti wordpress.com atau blogspot.com, justru pengunjung akan ragu tentang kebenaran dan kredibilitas website Anda karena masih mengandalkan domain gratisan.

Selain itu, menggunakan domain WEB ID juga akan membuat website tampak berbeda dan unik mengingat sekarang sudah sangat banyak website yang menggunakan COM.

5. Bisa Didaftarkan AdSense

Apabila Sobat Aksara adalah seorang blogger yang mencari penghasilan dari blog, tentu menggunakan domain WEB ID tidak akan berpengaruh ketika mendaftarkan AdSense.

Awalnya, banyak yang mengira bahwa AdSense hanya bisa didaftarkan bila website atau blog menggunakan domain COM, NET, atau ID.

Padahal, semua domain ccTLD Indonesia baik itu WEB ID atau MY ID dapat didaftarkan AdSense.

Perkara diterima atau tidaknya itu bukanlah campur tangan ekstensi domain, melainkan seberapa bernilai website Anda di mata Google.

Tips dari kami, buatlah konten-konten yang dapat menjawab rasa penasaran audiens dan tentunya konten tersebut dapat ditemukan di search engine.

6. Masih Banyak Tersedia Pilihan Nama

Karena domain WEB ID adalah ekstensi yang tergolong masih baru dibandingkan COM, ketersediaan nama domain WEB ID masih sangat banyak.

Jadi, ketika Sobat Aksara sudah tidak dapat mendaftarkan domain pilihan menggunakan COM karena sudah didaftarkan orang lain, memilih domain WEB ID adalah opsi yang baik.

Baca Juga: Bingung Cari Domain Ideal? Pakai Domain Name Generator!

Kekurangan Domain WEB ID

Sebenarnya, semua domain memiliki fungsi yang sama yakni mempermudah pengguna agar dapat mengakses suatu website.

Namun, khusus untuk domain WEB ID, kami menemukan beberapa kekurangan yang sebenarnya tidak menjadikannya masalah yang besar.

Pendaftaran domain WEB ID yang mengharuskan Anda menyantumkan kartu identitas (KTP/PASPOR) agaknya cukup menghambat domain ini untuk menyalip kepopuleran COM.

Namun, Anda juga harus melihat kekurangan ini dari sisi lain, yaitu agar dapat meminimalisir pelanggaran yang dilakukan oleh pemilik domain.

Artinya, kekurangan domain WEB ID ini juga sebenarnya menjadikan domain ini menjadi lebih eksklusif, lho!

Selain itu, domain ini juga belum begitu dikenal oleh sebagian pengguna internet di Indonesia. 

Akan tetapi, bukan tidak mungkin kalau suatu saat nanti domain WEB ID menjadi pemimpin pasar domain ccTLD bahkan mengalahkan ID.

Jadi, apakah sobat Aksara sudah memutuskan untuk mendaftarkan domain WEB ID?

Baca Juga: Perbedaan Domain COM dan ID: Mana yang Terbaik?

Klaim Domain WEB ID Anda Sekarang!

Setelah mengetahui keseluruhan tentang domain WEB ID, kesimpulannya adalah domain ini dapat dijadikan pilihan selain COM untuk berbagai jenis niche website.

Selain harganya murah, proses pendaftarannya juga sangat mudah seperti ketika Sobat Aksara mendaftarkan domain pada umumnya, hanya saja domain WEB ID memerlukan verifikasi KTP.

Yuk, klaim nama domain WEB ID Anda sekarang juga! Jangan sampai didahului orang lain, ya.

Jangan sampai Sobat Aksara ketinggalan informasi menarik lainnya seputar domain, jadi pastikan Anda mengikuti blog Aksara Data, ya!

Jordy Prayoga He enjoys creating clear and helpful content. In his free time, he loves to hike.

4 Ide Bisnis Bisnis dengan AI yang Sebaiknya Anda…

Artificial Intelligence (AI) sekarang ini menjadi andalan banyak orang untuk membantu aktivitas maupun pekerjaannya sehari-hari. Bagaimana tidak, kemampuan AI mampu mempersingkat waktu dan meringankan...
Jordy Prayoga
2 min read

Leave a Reply