Jordy Prayoga He enjoys creating clear and helpful content. In his free time, he loves to hike.

Domain Gratis vs Berbayar, Mana yang Harus Anda Pilih?

3 min read

DOMAIN GRATIS VS BERBAYAR

Kebutuhan akan website selalu mengalami kenaikan di era digital seperti sekarang ini.

Terutama pada sektor bisnis, website sudah menjadi alat yang potensial untuk memangun citra sebuah brand atau perusahaan di internet.

Tidak hanya itu, dengan website, Sobat Aksara dapat menjangkau audiens secara luas, bahkan di seluruh dunia selama terhubung ke internet.

Maka tidak heran kalau Anda memiliki bisnis sangat disarankan untuk memiliki website sendiri.

Berbicara mengenai website, dalam pembuatannya, Anda memerlukan beberapa komponen wajib yang salah satunya adalah domain.

Domain sendiri memiliki dua jenis yakni versi berbayar dan gratis.

Nah, untuk membantu Sobat Aksara dalam menentukan domain mana yang tepat bila Anda membuat website nantinya, simak artikel ini hingga akhir, ya!

Mengenal Domain 

Domain adalah alamat website yang memudahkan pengunjung mengakses website Anda.

Sebelum ada domain, website harus diakses dengan mengetikkan alamat IP yang sangat rumit, contohnya adalah 103.28.12.57 untuk website aksaradata.id.
Bayangkan, Anda harus menghafalkan setiap alamat IP milik berbagai website. Sulit, bukan?

Maka dari itu, domain ada untuk mempermudah Anda sebagai pemilik website maupun pengguna internet.

Jadi, sekarang semua website wajib memiliki domain atau pembuatan website tidak dapat dilanjutkan.

Perlu diketahui, domain sendiri memiliki jenis-jenis yang di antaranya adalah domain gratis dan domain berbayar.

Keduanya secara umum memiliki fungsi yang sama yakni mempermudah pengguna untuk mengakses website alih-alih harus menghafalkan alamat IP.

Nah, bila membahas domain gratis vs berbayar, kira-kira mana yang lebih tepat untuk Sobat Aksara yang menjalankan bisnis atau sekadar membuat website pribadi?

Sebelum itu, coba simak ulasan perbandingan domain gratis vs berbayar di bawah ini, yuk.

Baca Juga: Domain MY ID, Pilihan Paling Worth It Selain .COM!

Kelebihan Domain Gratis

Dahulu memang sangat banyak domain gratis yang bisa Sobat Aksara dapatkan. 

Namun, sekarang hanya beberapa penyedia domain yang membagikan domain secara cuma-cuma, bahkan hampir tidak ada.

Anda tidak perlu khawatir, karena Google melalui platform Blogspot dan platform lain bernama WordPress menawarkan subdomain gratis, lho.

Tidak hanya itu, Anda bisa membuat situs sederhana pada platform tersebut dan alamat situs Anda nantinya adalah websitesaya.blogspot.com dan websitesaya.wordpress.com.

  • Kelebihan utama yang ditawarkan adalah Anda benar-benar bisa mendapatkan alamat website secara gratis secara permanen (selama tidak melanggar syarat dan ketentuan situs)
  • Selain itu, domain gratis bisa digunakan untuk membuat website yang bisa menghasilkan uang

Kekurangan Domain Gratis

Setiap layanan yang ditawarkan secara gratis, Sobat Aksara harus dapat menerima semua kekurangan domain gratis bila menggunakannya. Apa saja kira-kira?

  • Kurang unik. Domain gratis memiliki alamat yang terlalu panjang sehingga mengurangi nilai keunikan sebuah website, serta lebih sulit untuk diingat.
  • Kredibilitas brand/perusahaan akan menurun bila menggunakan domain gratis. Sudah barang tentu ketika sebuah brand yang memiliki profit tak mau mengeluarkan sedikit biaya untuk berinvestasi melalui website termasuk domain akan dianggap kurang profesional.
  • SEO tidak dapat dimaksimalkan ketika menggunakan domain gratis. Domain gratis tidak dapat dihubungkan ke hosting yang memiliki performa lebih cepat, jadi performa SEO akan terganggu karena hal itu dan beberapa faktor lain. Lagi pula, jarang ditemui website dengan domain gratis muncul di halaman mesin pencarian pada topik tertentu.

Sobat Aksara telah mengetahui kelebihan dan kekurangan domain gratis. Tidak adil rasanya bila Anda tidak mengetahui kelebihan dan kekurangan domain berbayar.

Baca Juga: Bingung Cari Domain Ideal? Pakai Domain Name Generator!

Kelebihan Domain Berbayar

Meski berbayar, tidak semua domain memiliki harga yang tinggi lho, Sobat Aksara.

Anda bisa memiliki domain dengan harga mulai dari belasan hingga bahkan jutaan rupiah.

Lantas, apa yang membedakan harga setiap domain berbayar ini, ya?

Domain ternyata bisa memiliki harga yang berbeda karena jenis-jenis ekstensinya. Semakin unik dan populer ekstensinya, maka semakin mahal pula harganya.

Nah, adapun kelebihan domain berbayar seperti berikut.

  • Terlihat profesional. Dengan domain berbayar, webiste Anda terkesan lebih profesional di mata audiens, lho. Pasalnya, setiap pembelian nama domain ini akan membutuhkan identitas dan alamat email aktif Anda, jadi kepemilikannya bisa terjamin.
  • Banyak pilihan ekstensi domain. Sobat Aksara bisa memilih ekstensi yang sesuai dengan identitas website Anda. Misalnya .coffee untuk website kedai kopi, dan sebagainya.
  • Mudah diingat. Penggunaan domain berbayar memudahkan audiens mengingat website Anda berkat ekstensi yang dipilih, misalnya travelnesia.com alih-alih travelnesia.blogspot.com yang terlalu panjang.
  • Bisa membuat email domain. Email domain memungkinkan bisnis Anda terlihat lebih unik dan profesional. Contohnya adalah admin@aksaradata.id.

Itulah kelebihan secara umum bila menggunakan domain berbayar. Lantas, memangnya apa kekurangan domain berbayar?

PROMO DOMAIN MURAH .ORG 2

Kekurangan Domain Berbayar

Domain berbayar memiliki satu kekurangan utama, meski sebenarnya ini bersifat subjektif.

Harga menjadi kendala orang-orang yang ingin mendaftarkan domain karena harus menanggung biaya tahunan.

Selain itu, ada jenis domain berbayar yang memiliki harga fantastis karena keunikannya, yaitu memiliki dua hingga empat karakter saja (domain premium).

Jadi, bila memiliki domain premium, maka Sobat Aksara harus bersedia membayar sejumlah uang dengan biaya yang jauh lebih tinggi dibandingkan harga domain pada umumnya.

Baca Juga: Apa Itu ccTLD? Pahami Sebelum Beli Domain Agar Tidak Salah

Domain Gratis vs Berbayar, Mana yang Terbaik?

Nah, setelah mengetahui komparasi kelebihan dan kekurangan domain gratis gratis vs berbayar, mana yang terbaik untuk dipilih?

Jika Sobat Aksara adalah seorang pemula yang baru memulai website sederhana, menggunakan domain gratis sudah cukup untuk mengakomodir kebutuhan website Anda.

Namun, ketika Anda adalah pebisnis atau blogger yang ingin melangkah lebih jauh lagi, kami sangat menyarankan Anda untuk membeli domain berbayar, karena domain berbayar bisa dihubungkan dengan penyedia hosting, jadi Anda bisa memilih hosting terbaik demi mendapatkan performa website yang terbaik pula.

Dengan demikian, website tidak akan mengalami down ketika diakses oleh banyak pengunjung secara bersamaan.

Nah, sekarang Sobat Aksara sudah tahu mana domain yang harus Anda pilih? Jika belum, Anda bisa bertanya melalui kolom komentar di bawah, ya!

Jordy Prayoga He enjoys creating clear and helpful content. In his free time, he loves to hike.

4 Ide Bisnis Bisnis dengan AI yang Sebaiknya Anda…

Artificial Intelligence (AI) sekarang ini menjadi andalan banyak orang untuk membantu aktivitas maupun pekerjaannya sehari-hari. Bagaimana tidak, kemampuan AI mampu mempersingkat waktu dan meringankan...
Jordy Prayoga
2 min read

Leave a Reply