Jordy Prayoga He enjoys creating clear and helpful content. In his free time, he loves to hike.

Ingin Buat Website Sekolah? Pakai Domain SCH.ID Saja!

3 min read

DOMAIN SCH ID ADALAH

Sekarang ini, siapa saja dapat membuat website sendiri tanpa perlu menguasai coding dan tidak memerlukan banyak biaya.

Berbicara mengenai website, pasti Sobat Aksara sangat identik dengan website yang menggunakan alamat domain .COM.

Tidak mengherankan, memang. Pasalnya, domain .COM menjadi menjadi alamat website dengan pengguna terbanyak di seluruh dunia.

Akan tetapi, masih ada banyak nama domain selain .COM yang sebetulnya memiliki peruntukannya masing-masing.

Salah satunya adalah nama domain yang khusus ditujukan untuk pembuatan website sekolah.

Nama domain yang dimaksud yaitu SCH.ID. Bila Anda perhatikan, sekarang mulai banyak sekolah yang memiliki website dengan domain SCH.ID. 

Lalu, mengapa sekolah perlu memiliki website, dan mengapa harus menggunakan .SCH.ID? Temukan jawabannya di sini yuk, Sobat, Aksara!

Pentingnya Website Bagi Sekolah

Muncul sebuah tanda tanya besar mengapa keberadaan website sekolah sangat diperlukan di era digital seperti sekarang ini.

Seperti diketahui, website sekolah merupakan bentuk pemanfaatan teknologi di bidang pendidikan agar semuanya menjadi lebih mudah dan cepat.

Nah, adapun beberapa peran penting website yang dapat membuat itu semua dapat terwujud, yakni:

  1. Mempermudah pihak sekolah dalam memberikan informasi dengan akurat dan juga cepat. Dengan begitu, tidak ada lagi kabar yang simpang siur yang muncul
  2. Menghapus batas ruang dan waktu antara guru dan peserta didik sehingga dapat memperkuat interaksi
  3. Mempromosikan sekolah secara lebih luas bahkan hingga ke mancanegara
  4. Mempermudah proses penerimaan peserta didik baru secara online.

Nah, setelah mengetahui alasan mengapa sekolah sebaiknya membuat website, Sobat Aksara perlu memahami komponen wajib yang ada pada website sekolah, yakni domain SCH.ID.

Apa Itu Domain SCH.ID?

Domain SCH ID adalah alamat domain yang memfasilitasi lembaga pendidikan formal, mulai dari tingkat taman kanak-kanak (TK) hingga SMA/Sederajat untuk membuat website sekolah.

Jadi, baik TK, SD, SMP, sampai SMA dapat menggunakan domain SCH.ID untuk membuat website sekolah masing-masing.

Nah, domain SCH.ID ini tergabung dalam kelompok country code top-level domain (ccTLD), sama seperti .ID, MY.ID, dan sebagainya.

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa setiap domain memiliki peruntukannya masing-masing, begitu pula domain SCH.ID yang sangat jelas ditujukan bagi website sekolah.

Sebab, SCH sendiri diambil dari kata school atau sekolah, sementara ID adalah negara Indonesia.

Dengan demikian, website yang menggunakan domain SCH.ID dapat disebut sebagai representasi dari lembaga pendidikan formal (sekolah) yang berasal dari Indonesia.

Lantas, apa kelebihan website sekolah yang menggunakan domain .SCH.ID dibandingkan domain .COM? Padahal domain .COM sudah populer, bukan?

Baca Juga: Cara Membuat Website Sekolah yang Responsif dan Mudah

Kelebihan Domain SCH.ID Bagi Website Sekolah

Meski domain .COM menjadi yang paling populer, tetapi ada beberapa aspek yang mana domain SCH ID lebih unggul dibandingkan domain .COM, lho. Berikut ulasannya.

1. Meningkatkan Branding Sekolah

Karena sekarang ini jumlah website di internet sudah sangat banyak, maka untuk tampil beda bisa dilakukan dengan menggunakan nama domain yang berbeda.

Contohnya SCH.ID. Ketika pengguna melihat alamat website yang berakhiran .SCH.ID, pasti mereka langsung mengetahui bahwa itu adalah website yang merepresentasikan sebuah sekolahan.

Dengan begitu, pengguna internet akan lebih cepat menyadari keberadaan website sekolah Anda di antara banyaknya website yang ada di internet.

2. Menghindari Penyalahgunaan Domain

Website sekolah yang menggunakan domain SCH.ID dapat terhindar dari penyalahgunaan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab

Berbeda jika Sobat Aksara menggunakan domain .COM yang awalnya ditujukan untuk website komersial (bisnis, toko online, dsb).

Namun, sekarang siapa saja bisa menggunakan domain .COM untuk website yang bahkan tidak bergerak di bidang komersial, contohnya blog pribadi.

Hal ini bisa terjadi karena pendaftaran domain .COM tidak memerlukan syarat khusus karena termasuk ke dalam kategori gTLD, sehingga tidak seperti domain .SCH.ID.

Tujuan diberlakukan syarat khusus adalah menjaga ekslusivitas domain SCH.ID agar tidak disalahgunakan oleh pihak yang bertanggung jawab.

Bayangkan bila domain ini tidak membutuhkan syarat pendaftaran, siapa saja dapat mengaku sebagai pihak sekolah dan melakukan penipuan online. Mengerikan sekali, bukan?

3. Bisa Mendapatkan Berbagai Layanan Digital

Kelebihan selanjutnya ketika Sobat Aksara memiliki domain SCH ID adalah Anda akan mendapatkan berbagai layanan digital yang menunjang kegiatan belajar mengajar secara lebih maksimal.

Bagaimana tidak, layanan seperti Microsoft Office 365 Education, Google WorkSpace For Education, Canva For Education, hingga GitHub Student Developer Pack bisa Anda dapatkan secara cuma-cuma.

Padahal untuk mendapatkannya secara normal, Anda harus membayar puluhan hingga ratusan dolar, lho! Menarik, bukan?

4. Harga Domain SCH.ID Lebih Murah

Selain ketiga kelebihan di atas, masih ada satu hal yang membuat domain SCH.ID sangat layak untuk Anda gunakan untuk membuat website sekolah: harganya yang sangat murah.

Ya, harga domain SCH.ID adalah Rp55.000 saja per tahunnya. 

Jika dibandingkan dengan domain .COM, maka harga domain SCH.ID tiga kali lipat dari domain .COM.

Sudah harganya murah, dapat banyak keuntungan, lagi. Namun, sekali lagi, Sobat Aksara harus menyertakan syarat wajib ketika ingin mendaftarkan domain SCH.ID, ya.

Silakan cek pada halaman syarat domain ID berikut ini untuk selengkapnya!

CTA

Daftar Domain SCH.ID untuk Sekolah Anda Sekarang!

Domain SCH ID adalah alamat domain yang ditujukan untuk lembaga pendidikan yang ada di Indonesia untuk membuat website sekolah masing-masing.

Selain SCH.ID, sebenarnya PANDI — selaku pihak yang mengelola domain Indonesia — juga memfasilitasi pondok pesantren agar dapat go online dengan website menggunakan domain .PONPES.ID.

Tidak hanya itu, ada pula domain AC.ID digunakan oleh seluruh perguruan tinggi negeri di Indonesia.

Jadi, menggunakan domain SCH ID adalah keputusan yang tepat dibandingkan domain umum lainnya. Yuk, ciptakan internet yang aman dengan mulai menggunakan domain yang relevan!

Jordy Prayoga He enjoys creating clear and helpful content. In his free time, he loves to hike.