Jordy Prayoga He enjoys creating clear and helpful content. In his free time, he loves to hike.

Mengenal Domain .GIVING, Domain Baru untuk Website Donasi!

2 min read

DOMAIN GIVING ADALAH

Donasi secara online sekarang ini sudah menjadi suatu kegiatan yang kerap dijumpai.

Bahkan, pengguna internet juga dapat menggalang dana dan mendonasikan kepada pihak yang membutuhkannya.

Ada beberapa platform donasi atau galang dana secara online seperti contohnya kitabisa.com.

Sobat Aksara pun dapat menggalang dana menggunakan platform tersebut. Namun, Anda juga dapat membuat website khusus penggalangan dana menggunakan domain .giving.

Domain baru ini sangat cocok digunakan untuk membuat website galang dana, baik untuk organisasi profit maupun nonprofit.

Yuk, simak pembahasan seputar domain .giving berikut ini!

Apa Itu Domain .GIVING?

Domain .giving adalah ekstensi baru yang dirilis secara umum pada Januari 2023, empat bulan silam setelah artikel ini dipublikasikan.

Ekstensi domain ini digagas oleh registry nonprofit bernama Public Interest Registry (PIR) yang juga mengelola domain .org.

Keberadaan domain .giving ini diharapkan dapat memfasilitasi pihak-pihak yang ingin menggalang dana secara online, baik itu lembaga filantropi sosial, maupun perusahaan yang ingin membuat program CSR.

Namun, sebetulnya siapa saja dapat mendaftarkan domain ini tanpa syarat apa pun, termasuk individu karena domain .giving ini adalah generic top-level domain (gTLD).

Jadi, selain digunakan untuk membangun website galang dana, domain .giving juga dapat dijadikan pilihan ketika suatu perusahaan atau brand ingin membuat campaign khusus yang spesifik.

Baca Juga: Mengenal Domain .ME, Cocok untuk Website Portofolio & Blog!

Mengapa Memilih .GIVING?

Ada beberapa hal yang bisa dijadikan alasan mengapa website Anda akan lebih ideal menggunakan domain .giving. Berikut ulasannya.

1. Memiliki Misi Kemanusiaan

Sekarang ini memang banyak ditemui website membuka donasi dan penggalangan dana sosial dengan berbagai tujuan.

Untuk itu, domain .giving ini hadir agar dapat memfasilitasi pihak yang ingin membangun sebuah platform khusus untuk penggalangan dana.

Penggunaan domain .giving juga dapat memperjelas tujuan dan maksud yang ingin disampaikan: yakni menggalang dana maupun kegiatan sosial lainnya, sehingga dapat menghindari dugaan/tuduhan yang dapat merusak reputasi Anda.

2. Melindungi Brand/Perusahaan Anda

Dengan mendaftarkan domain .giving, Sobat Aksara secara tidak langsung dapat mencegah kompetitor mendaftarkan nama domain yang serupa dengan brand/perusahaan Anda.

Baca Juga: 20+ Contoh Domain yang Bisa Menjadi Alternatif Selain .COM

3. Masih Tersedia Banyak Pilihan Nama

Karena termasuk domain baru, Sobat Aksara dapat lebih leluasa dalam memilih nama domain yang menurut Anda ideal, termasuk unik dan sesuai dengan campaign yang ingin dibuat.

Seperti yang sudah kami sebutkan pada artikel lain bahwa satu domain hanya dapat didaftarkan oleh satu pemilik saja.

Jadi, calon pendaftar harus beradu cepat dengan pengguna lain agar tetap bisa mendapatkan domain incarannya.

Nah, kebetulan domain .giving ini masih tersedia banyak nama ideal. Misalnya ingin membuat campaign bertajuk Let’s Giving, maka Anda bisa mendaftarkan domain lets.giving. Menarik, bukan?

4. SEO Friendly

SEO friendly memungkinkan suatu website akan lebih mudah untuk ditemukan di mesin pencarian.

Domain .giving juga dapat diandalkan perihal SEO. Sebab, domain ini sudah setara dengan .com karena sama-sama gTLD.

Jadi Sobat Aksara tetap bisa membuat website untuk kegiatan sosial dan mudah ditemukan di mesin pencarian. Bagaimana, Anda tertarik menggunakan domain .giving? Simak cara mendaftarkannya berikut ini.

Baca Juga: 8 Cara Memilih Nama Domain Terbaik untuk Website Anda

Cara Mendaftarkan Domain .GIVING, Mudah!

Untuk mendaftarkan domain .giving, Sobat Aksara hanya perlu melakukan beberapa langkah sederhana karena tidak memerlukan syarat khusus seperti pada beberapa domain lain.

Silakan klik tautan daftar domain berikut, atau juga bisa dengan mengklik tombol di bawah ini.

Daftar Domain .GIVING di Sini

Harga domain .giving ini adalah Rp437.000 per tahunnya. Namun, selama promo berlangsung, Anda bisa mendaftarkannya hanya dengan membayar Rp123.000 per tahun.

Promo ini akan berlangsung hingga 31 Agustus 2023 pukul 17.00 WIB. Ayo, segera daftarkan nama domain incaran Anda sebelum didaftarkan orang lain! Semoga berhasil.

Apabila dalam proses pendaftaran nama domain mengalami kendala, jangan ragu untuk menghubungi kami melalui kolom komentar di bawah ini ya, Sobat Aksara!

Jordy Prayoga He enjoys creating clear and helpful content. In his free time, he loves to hike.

Google Luncurkan Ekstensi Domain .ING, Daftar Segera!

Dunia ekstensi domain semakin bervariasi setelah Google Registry meluncurkan ekstensi baru, yakni .ing pada 5 Desember 2023. Itu artinya, Sobat Aksara punya lebih banyak...
Jordy Prayoga
2 min read

Yuk, Kenalan Dengan PT Aksara Data Digital!

Ketika ingin mendaftarkan nama domain, Sobat Aksara harus memilih registrar yang kredibel untuk mendapatkan layanan berkualitas. Ini sangat penting karena tanpa adanya peran registrar,...
Jordy Prayoga
2 min read

Menilik Peluang Jual-Beli Expired Domain, Memangnya Untung?

Jika Anda bergabung dalam berbagai forum atau grup seputar blog dan SEO, tak jarang ada sejumlah pengguna yang menawarkan expired domain. Tidak hanya itu,...
Jordy Prayoga
2 min read

Leave a Reply