Jordy Prayoga He enjoys creating clear and helpful content. In his free time, he loves to hike.

Apa Itu Domain .CO? Ternyata Ini Perbedaannya dengan .COM!

2 min read

Domain .co adalah

Pemilihan nama domain kerap membuat sebagian pengguna bingung karena tersedia banyak sekali ekstensinya.

Tidak hanya itu, beberapa ekstensi juga hampir memiliki kesamaan. Sebut saja domain .co dan .com, yang hanya terpaut satu karakter.

Jika domain .com banyak ditemui di internet karena banyak website yang menggunakannya, lantas bagaimana dengan domain .co? Ekstensi ini sedang mengalami perkembangan dan mulai banyak digunakan.

Salah satu website yang menggunakan .co adalah Mojok (mojok.co). Nah, untuk mengetahui selengkapnya mengenai domain .co dan perbedaannya dengan .com, simak artikel berikut ini, yuk!

Apa Itu Domain .CO?

Domain .co adalah ekstensi domain yang termasuk dalam kategori ccTLD untuk negara Kolombia.

Meski secara teknis termasuk ccTLD, domain .co banyak didaftarkan oleh pengguna di luar Kolombia karena memiliki nama yang unik dan singkat.

Penggunaan nama CO diyakini oleh berbagai pengguna sebagai akronim dari company (perusahaan), terlepas dari fakta bahwa sebenarnya itu merupakan akronim untuk Columbia berdasarkan ketentuan ISO 3166-1 alpha-2.

Menurut studi dari Penn, Schoen, dan Berland pada tahun 2009 yang dilansir dari www.go.co, sebanyak 75% dari 600 responden mengaitkan domain .co dengan perusahaan (company), korporasi, dan lembaga komersial lainnya.

Meski banyak yang mengaitkannya dengan perusahaan, domain .co sebenarnya cukup fleksibel karena bisa Anda daftarkan untuk keperluan lain, misalnya website pribadi.

Sebagian orang yang memilih domain .co beralasan karena lebih singkat dibandingkan .com yang memiliki tiga karakter. Apakah Sobat Aksara juga demikian?

Apa Perbedaan Domain .CO dan .COM?

Selain berbeda dari segi panjang karakternya, masih ada beberapa perbedaan domain .co dan .com sebagai berikut.

1. Jenis Ekstensi

Domain .co termasuk dalam kategori ccTLD (Kolombia), sementara domain .com adalah gTLD.

Sebenarnya, Google akan memberikan penilaian yang berbeda terhadap kedua kategori domain tersebut.

Sebagaimana dalam dokumentasi Google Search Central tentang Penanganan Google terhadap TLD, bahwa ccTLD mungkin akan lebih relevan di suatu wilayah.

Yang artinya, domain-domain ccTLD akan lebih diprioritaskan untuk muncul pada mesin pencarian berdasarkan wilayah pengguna.

Namun, hal itu nyatanya tidak berpengaruh terhadap domain .co, pasalnya domain ini sudah seperti gTLD yang memiliki visibilitas secara global.

Sebagai buktinya, jika Anda melakukan pencarian berbahasa Indonesia, beberapa website yang menggunakan .co akan muncul pada mesin pencarian.

Dengan fakta ini, Anda tidak perlu khawatir jika ingin mendaftarkan domain .co.

2. Harga

Perbedaan selanjutnya antara domain .co dan .com adalah dari segi harganya. Ya, domain .com sebagai ekstensi terpopuler terbilang memiliki harga yang lebih terjangkau dibanding .co.

Untuk diketahui, biaya untuk mendaftarkan domain .co per tahunnya adalah sebesar Rp254.000, dan perpanjangan tahun berikutnya Rp612.000. 

Daftarkan Domain .CO di Sini

Sementara itu, Anda bisa mendaftarkan domain .com dengan membayar Rp165.000 dengan perpanjangan tahun kedua dan seterusnya sebesar Rp180.000.

Meski memiliki banderol harga lebih tinggi, hal itu tidak mengurangi jumlah penggunanya yang menginginkan nama domain yang singkat dan mudah diingat.

Kelebihan Domain .CO

Adapun kelebihan domain .co yang bisa membuat Anda tertarik untuk mendaftarkannya.

1. Masih Tersedia Banyak Nama

Domain .co masih memiliki ketersediaan nama yang lebih banyak dibanding .com. 

Jadi, bila Anda mengincar suatu nama domain tetapi telah terdaftar dengan .com, cobalah untuk menggantinya dengan .co, pasti tersedia!

2. SEO Friendly

Seperti yang sudah dibahas pada poin sebelumnya, domain .co memiliki visibilitas yang baik di mesin pencarian.

Sebagai contoh, website media nasional sebesar Tempo juga menggunakan alamat domain berakhiran .co, dan konten-kontennya kerap ditemukan pada mesin pencarian.

Dengan demikian, terbukti sudah bahwa domain .co SEO friendly ‘kan?

3. Singkat dan Mudah Diingat

Penggunaan nama domain yang singkat dan mudah diingat menjadi sebuah tips yang sangat disarankan oleh banyak orang.

Sebab, website Anda akan lebih mudah dikenal oleh orang lain. Secara tidak langsung, hal ini juga akan memperkuat branding Anda di internet, loh!

Nah, domain .co yang notabene menggunakan dua karakter (co) terlihat lebih singkat jika dibandingkan dengan kebanyakan domain yang termasuk dalam kategori gTLD.

Jadi, domain .co adalah pilihan tepat jika Anda menginginkan nama domain dengan karakter yang singkat.

4. Bisa Digunakan untuk Berbagai Jenis Website

Karena nama domain .co sangat fleksibel dan cukup mirip dengan .com yang juga sangat cocok untuk berbagai jenis website, maka .co juga demikian.

Sobat Aksara pun dapat mendaftarkan nama domain berakhiran .co untuk membuat berbagai jenis website dan tetap terlihat relevan.

Mana yang Anda Pilih, Domain .CO atau .COM?

Itulah tadi pembahasan mengenai domain .co dan perbedaannya dengan .com.

Melalui artikel ini, Sobat Aksara juga telah mengetahui kelebihan domain .co. Jadi, dari kedua domain tersebut, mana yang akan Anda pilih untuk membuat website?

Tulis jawaban Anda pada kolom komentar di bawah ini, ya!

Jordy Prayoga He enjoys creating clear and helpful content. In his free time, he loves to hike.

Menilik Peluang Jual-Beli Expired Domain, Memangnya Untung?

Jika Anda bergabung dalam berbagai forum atau grup seputar blog dan SEO, tak jarang ada sejumlah pengguna yang menawarkan expired domain. Tidak hanya itu,...
Jordy Prayoga
2 min read

Leave a Reply