Marketing: Pahami Definisi dan Strategi Terbaiknya Yuk!

3 min read

marketing adalah

Marketing adalah sebuah fungsi yang memiliki kontak paling besar dengan masyarakat umum sebagai calon konsumen.

Fungsi ini diperlukan sebab perusahaan memiliki kendali yang terbatas terhadap lingkungan eksternal.

Oleh karena itu marketing memainkan peranan besar untuk menjaga agar roda perusahaan tetap berputar.

Mengapa bisa begitu?

Berikut kami persembahkan penjelasan lengkapnya!

Apa yang Dimaksud dengan Marketing?Apa Itu Marketing

Marketing, atau dalam bahasa Indonesia berarti pemasaran, adalah kegiatan yang dilakukan oleh para pelaku bisnis untuk mempromosikan suatu produk atau jasa. 

Termasuk riset pasar, rangkaian pengiklanan, hingga produk tersalur ke konsumen.  

Nah, individu yang bekerja dalam tim marketing perlu mengkombinasikan kemampuan berkomunikasi, berkreativitas, dan menganalisa yang tinggi.

Sebab tim marketing akan bekerjasama dengan seluruh departemen untuk menggerakkan visi, misi, dan perencanaan strategis perusahaan. 

Dalam proses kerjanya, mula-mula tim marketing akan bekerja sama dengan berbagai departemen untuk merumuskan:

  1. apa kebutuhan masyarakat yang ingin dipuaskan,
  2. apa produk atau jasa yang akan ditawarkan untuk memenuhinya,
  3. siapa yang diinginkan perusahaan untuk menjadi pelanggan,
  4. berapa harga yang akan diterapkan,
  5. dan bagaimana cara perusahaan mendistribusikan produk atau jasa.

Tujuannya tentu saja untuk dapat memahami secara penuh, apa yang membuat konsumen merasa tertarik dengan produk atau jasa suatu perusahaan dan bagaimana cara mendapatkan perhatian mereka melalui serangkaian iklan.

Sehingga, nanti terjadi konversi penjualan dan perusahaan mendapatkan profit.

Yang perlu digaris bawahi dan dipahami baik-baik adalah strategi marketing apapun yang diterapkan hanya dapat berjalan dengan baik hanya jika seluruh departemen dalam perusahaan bersinergi dengan baik. 

Bagian produksi harus merancang produk yang tepat, bagian keuangan harus menyiapkan dana sesuai kebutuhan, departemen purchasing harus membeli bahan baku paling tepat untuk produk yang akan dibuat, dan lain sebagainya.

Jenis-Jenis Strategi Marketing

Ada bermacam-macam strategi marketing yang dapat digunakan untuk mempromosikan berbagai produk atau jasa, diantaranya adalah:

1. Word of Mouth Marketing 

Word of mouth marketing dikenal juga dengan nama promosi dari mulut ke mulut. 

Strategi pemasaran satu ini merupakan promosi melalui testimoni verbal dari pelanggan yang telah menggunakan barang atau jasa suatu perusahaan. 

2. Public Relation Marketingmarketing adalah

Public relation marketing biasa digunakan oleh perusahaan untuk meningkatkan brand awareness. 

Dalam strategi ini, tim akan merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi program yang mendorong pembelian dan memenuhi kepuasan pelanggan.

Informasi-informasi penting dan keunggulan dari produk atau jasa Anda disampaikan secara komprehensif dan persuasif. 

Sehingga brand Anda menjadi lebih dikenal oleh target market. 

Strategi marketing ini dapat dilakukan melalui publikasi identitas perusahaan, publikasi produk, menyelenggarakan acara yang dihadiri target market, dan lain sebagainya.

3. Guerilla Marketing

Guerilla marketing merupakan salah satu strategi pemasaran yang dapat dieksekusi dengan dana kecil untuk meningkatkan brand awareness.

Dalam pelaksanaannya, guerilla marketing mengedepankan kreatifitas guna memberikan efek kejut yang kuat pada target market.

Efek kejut akan membuat target market terkesan, penasaran, dan tergelitik secara emosional.

Hasilnya brand perusahaan Anda akan menempel di kepala target market selama beberapa periode. 

Lebih lanjut, target market akan mencari tahu tentang produk Anda atau malah langsung mencobanya karena sangat penasaran.

4. CSR Marketing

CSR memiliki kepanjangan Corporate Social Responsibility atau dalam Bahasa Indonesia berarti tanggung jawab sosial perusahaan.

Strategi ini dilakukan dengan cara memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat atas berbagai isu sosial yang terjadi. 

Dengan begitu perusahaan akan memperoleh citra yang baik dan kepercayaan di mata masyarakat umum. 

Mereka pun akan dengan lebih ringan hati untuk menggunakan produk atau jasa Anda.

5. Multi Level Marketing

Multi level marketing atau disingkat MLM merupakan strategi pemasaran yang mengajak pelanggan loyal menjadi mitra distribusi produk.

Sistem kerja multi level marketing adalah memberikan bonus kepada pelanggan yang terlibat langsung sebagai penjual.

Semakin banyak produk yang berhasil dijual, semakin banyak pula bonus yang akan didapatkan.

Apalagi jika ia berhasil mengajak orang lain untuk turut bergabung dalam program ini.

Semakin banyak mitra MLM yang dimiliki suatu perusahaan, semakin luas pula jaringan pasar yang terbentuk.

Tentu saja hal ini akan berbanding lurus dengan meningkatnya profit perusahaan. 

6. Affiliate Marketing

Affiliate marketing dewasa ini sedang sangat populer di berbagai kalangan.

Perusahaan yang menerapkan strategi marketing ini akan memberikan komisi pada masyarakat umum yang berhasil menjualkan produk atau jasanya. 

7. Database Marketing

Database marketing adalah pemasaran berbasis data yang juga dikenal dengan nama CRM (Customer Relationship Management).

Strategi satu ini mengacu pada pengumpulan data leads (pelanggan potensial).

Tujuannya untuk memahami lebih dalam kebutuhan leads sehingga dapat membuat promosi yang terpersonalisasi. 

8. Digital MarketingMarketing adalah

Digital marketing adalah kegiatan promosi melalui media digital dengan memanfaatkan jaringan internet. 

Media digital bisa berupa website, media sosial, marketplace, e-mail, dan lain sebagainya.

Dengan menerapkan digital marketing Anda, promosi yang Anda buat akan cenderung lebih cepat tersebar melampaui batasan ruang dan waktu.

Target market pun dapat diatur secara spesifik.

Kemudian, proses evaluasi dari promosi yang dilakukan melalui media online pun tergolong lebih mudah.

Sebab berbagai media online telah menyediakan fitur insight.

Hal ini akan membantu tim marketing dalam menentukan langkah promosi berikutnya. 

Strategi Marketing Terbaik 

Marketing terbagi menjadi berbagai macam strategi yang memiliki fokus tujuan berbeda-beda seperti yang telah dijelaskan di atas.

Masing-masing bagaikan sebuah seni dalam mengkomunikasikan apa yang dimiliki suatu perusahaan, sehingga brand-nya dikenal oleh target market. 

Setelah brand tersebut dikenal dengan baik oleh target market, harapannya agar segera terjadi konversi penjualan.

Lalu mana yang merupakan strategi terbaik?

Jawabannya adalah tidak ada satu strategi marketing yang mutlak menjadi yang terbaik.

Anda bisa memadukan berbagai strategi marketing sesuai dengan visi, misi, dan tujuan perusahaan Anda untuk melakukan promosi dan mencapai hasil maksimal.

Dan untuk meningkatkan performa dalam promosi, Anda bisa menerapkan beberapa hal berikut:

1. Memahami perilaku dan persepsi konsumen terhadap suatu barang atau jasa.

2. Jangan hanya berjualan, tunjukkan juga simpati dan support terhadap konsumen atau isu sosial yang pantas diangkat.

3. Memaksimalkan teknologi terkini sebagai media promosi dan penjualan. 

Contohnya dengan memasang Facebook Ads atau membuat website perusahaan menggunakan domain premium agar terlihat profesional.

4. Melakukan komunikasi secara berkala kepada pelanggan dan leads seperti mengirimkan reminder emails, memberikan harga spesial, atau membuat personalised advertisement.

5. Cintailah pelanggan, bukan produk atau jasa Anda. Jadi Anda akan terhindar dari idealisme perusahaan yang berlebihan.

 Semoga penjelasan mengenai marketing yang kami sampaikan memberikan insight baru bagi Anda. Selamat berbisnis dan semoga sukses!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *