CSR: Pengertian, Jenis, & Manfaatnya Bagi Bisnis Anda

6 min read

CSR adalah

CSR adalah kependekan dari Corporate Social Responsibility (Tanggung Jawab Sosial Perusahaan).

Suatu program penting, yang jika dilaksanakan dengan baik, akan menunjang kemajuan bisnis Anda karena memberikan dampak positif jangka panjang. 

Bagi Sahabat Aksara yang bekerja untuk suatu perusahaan besar, pasti Anda sudah tidak asing dengan istilah CSR.

Nah, bagi yang tengah merintis bisnis sendiri, mungkin Anda masih belum mengetahui apa itu CSR secara mendalam.

Tidak heran apabila muncul pertanyaan-pertanyaan seputar, “Apa sih sebenarnya CSR?” atau, “Apa saja dampak positif yang dapat diperoleh perusahaan dari pelaksanaan program CSR?

Nah, langsung saja temukan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut pada artikel di bawah ini.

Apa itu CSR?

CsR adalah
Source

CSR adalah sebuah metode pendekatan bisnis dengan memberikan kontribusi nyata terhadap pembangunan sosial yang efeknya berkelanjutan, baik bagi pihak penerima bantuan maupun perusahaan.  

Program ini bertujuan untuk merangkul seluruh stakeholder perusahaan, konsumen, dan masyarakat umum, agar memiliki kualitas hidup yang lebih baik.

Sektor yang dijangkau oleh program CSR bisa beragam, mulai dari ekonomi, kesehatan, pendidikan, lingkungan, hingga budaya.

Pada era tahun 1950, tujuan utama dalam melaksanakan program CSR semata untuk menumbuhkan citra perusahaan agar menjadi lebih positif di mata publik.

Citra perusahaan yang positif akan meningkatkan kepercayaan publik untuk menggunakan produk atau jasanya. Tentu saja hal ini akan berbanding lurus dengan profit yang didapat perusahaan.

Namun, seiring berjalannya waktu, CSR mengalami perubahan makna dan tujuan. 

Kini, CSR lebih dimaknai sebagai program yang wajib dilaksanakan oleh suatu perusahaan sebagai bentuk komitmen untuk berperilaku etis dan humanis. 

Terlebih jika perusahaan banyak menimbulkan dampak yang kurang menyenangkan bagi karyawan, lingkungan, dan masyarakat sekitarnya; seperti mengambil sumber daya alam sekitar, memproduksi limbah cair, menyebabkan polusi suara, dan lain sebagainya. 

Berbagai gangguan tersebut cepat atau lambat akan memicu reaksi dari alam dan protes dari stakeholder terkait, sehingga perlu dilakukan proses penyeimbangan atau pertanggung jawaban. 

Selain itu, mulai tumbuh kesadaran dikalangan para pemilik perusahaan bahwa CSR dalam bentuk filantropi akan sangat bermanfaat bagi masyarakat luas.

Pernah dengar suatu pabrik air mineral membantu suatu komunitas masyarakat untuk mendapatkan akses yang lebih mudah terhadap air bersih?

Nah, program tersebut merupakan salah satu bentuk implementasi tanggung jawab sosial yang brilian. 

Perusahaan air mineral istilahnya “mengambil alih” sumber kekayaan alam dalam jumlah masif, yang sebelumnya dapat dinikmati masyarakat sekitar secara bebas.

Perusahaan akhirnya melakukan proses penyeimbangan dengan cara menyediakan akses air bersih bagi daerah lain yang benar-benar kesulitan air seperti NTB dan NTT. 

Selain membawa dampak positif bagi kehidupan komunitas penerima akses air bersih, hal ini membuat masyarakat luas menaruh hati pada perusahaan air mineral tersebut.

Nah, program CSR tersebut juga sangat mungkin menarik perhatian media, sehingga banyak berita yang tersiar. 

Tentu saja dengan menyebutkan pihak penyelenggara, lengkap dengan fotonya. 

Dampaknya, brand awareness dan kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan air mineral tersebut akan meningkat.

Hingga pada akhirnya, masyarakat tergerak atau tertarik untuk membeli produk air mineral yang mereka produksi.

Baca juga: Keuntungan Memakai Domain Premium untuk Website Anda

Jenis-Jenis CSR

Jenis-jenis CSR
Source

Terdapat setidaknya enam jenis program CSR yang dapat dilaksanakan oleh perusahaan berdasarkan pertimbangan atas tujuan, tipe program, dan potensi keuntungan yang akan diperoleh.

Berikut penjelasan lebih lanjutnya:

1. Cause Promotion 

Cause Promotion CSR adalah perusahaan menyediakan sejumlah dana atau fasilitas untuk menyelenggarakan suatu kegiatan guna meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap suatu permasalahan sosial. 

Sehingga, masyarakat atau suatu kelompok tertentu tergerak untuk turut berpartisipasi dalam menanggulangi masalah tersebut.

Contohnya adalah kegiatan donor darah atau penyalur sumbangan dari masyarakat untuk korban bencana alam.

Potensi keuntungan yang akan didapat perusahaan adalah brand awareness, citra positif, dan kepercayaan masyarakat. 

2. Cause Related Marketing

Cause Related Marketing CSR adalah program komitmen perusahaan untuk menyumbangkan sebagian dari hasil penjualan suatu produk atau jasa untuk suatu kegiatan sosial.

Misalkan promo, “Anda dapat turut mencerdaskan Anak Bangsa dengan membeli satu kotak susu X. Setiap pembelian satu kotak susu, seribu rupiahnya akan dialokasikan untuk pemberian beasiswa.”

Nah, potensi keuntungan yang akan diperoleh perusahaan adalah bergabungnya pelanggan baru, terjangkaunya target market tertentu, dan pastinya meningkatkan penjualan produk maupun jasa.

3. Corporate Societal Marketing

Corporate Societal CSR adalah program kampanye untuk meningkatkan kesehatan dan keselamatan publik, menjaga lingkungan hidup, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan melibatkan produk perusahaan.

Contohnya program ajakan cuci tangan pakai sabun oleh perusahaan sabun, dan pembuatan WC gratis oleh perusahaan semen. 

Potensi keuntungannya adalah penguatan brand, citra positif, kepercayaan masyarakat, dan peningkatan penjualan produk.

4. Corporate Philanthropy

Corporate Philanthropy CSR adalah program memberikan bantuan secara cuma-cuma oleh perusahaan kepada masyarakat dalam bentuk hibah, donasi tunai, beasiswa, donasi produk, donasi layanan, dan bantuan teknis.  

Bantuan diberikan sebagai bentuk tanggung jawab dan ucapan terimakasih dari perusahaan atas kontribusi masyarakat terhadap keberlangsungan hidup perusahaan.

5. Community Volunteering

Perusahaan mendorong karyawan dan mitra perusahaan untuk turut berpartisipasi dalam kegiatan sosial secara sukarela. Sasarannya disini adalah komunitas atau organisasi lokal. 

Contohnya para karyawan suatu bimbingan belajar secara sukarela membuat program mengajar di sekolah kolong jembatan selama satu bulan. 

Potensi keuntungan yang diperoleh adalah penguatan brand, citra positif, kepercayaan masyarakat, dan hubungan yang tulus antara perusahaan dengan komunitas.

6. Community Development

Community Developmen CSR adalah program yang mendukung penyelesaian suatu permasalahan sosial guna meningkatkan kesejahteraan stakeholder perusahaan dan komunitas umum, juga melindungi lingkungan sekitar. 

Kualitas bantuan yang diberikan melalui program ini biasanya sangat baik, melampaui standar umum.

Contohnya membuat sekolah gratis dengan fasilitas yang melebihi standar sekolah-sekolah umum untuk anak karyawan. 

Atau, perusahaan mengembangakan produk dengan kemasan yang sangat ramah lingkungan, sehingga mendukung gerakan go green.

Potensi keuntungan yang diperoleh adalah penguatan brand, citra positif, kepercayaan masyarakat, dan meningkatkan kepuasan karyawan.

Tahap Pelaksanaan CSR

Tahap Pelaksanaan
Source

Berikut tahap pelaksanaan CSR mulai dari perencanaan hingga pelaporannya:

1. Perencanaan

Anda perlu merencanakan dengan matang program CSR seperti apa yang Anda inginkan beserta tujuan yang ingin dicapai. 

Ada tiga hal yang perlu Anda perhatikan dalam tahap ini, yaitu:

  1. Awareness Building – upaya memebnagun kesadaran atas pentingnya CSR.
  2. CSR Assessment – upaya identifikasi kondisi perusahaan agar penerapan CSR efektif.
  3. CSR Manual Building – upaya mencari referensi atau meminta bantuan pihak ketiga untuk menyamakan persepsi dan tujuan tentang program CSR yang akan dibuat agar program berjalan dengan efektif.

2. Implementasi

Tahap implementasi sangat krusial karena merupakan hari eksekusi program CSR. Sukses tidaknya program sebagian besar dipengaruhi oleh tahap ini.

Ada tiga hal yang perlu diperhatikan, yaitu:

  1. Pengorganisasian Sumber Daya Pelaksana Program
  2. Pengarahan Pelaksanaan Program
  3. Pengawasan dan Kontrol Pelaksanaan Program – agar terlaksana sesuai rencana.

3. Evaluasi

Evaluasi secara menyeluruh sangat diperlukan untuk menilik tingkat keberhasilan Program CSR mulai dari persiapan hingga hasil.

Dari evaluasi Anda bisa mengetahui target apa saja yang telah tercapai dan yang belum tercapai. 

Anda juga bisa membuat guideline dari hasil evaluasi terkait apa yang harus dilakukan kedepannya agar pelaksanaan program CSR lebih maksimal.

4. Pelaporan 

Pembuatan laporan terperinci atas program CSR yang sudah dilaksanakan sangat penting untuk membangun sistem informasi yang baik.

Laporan ini akan sangat berguna untuk pengambilan keputusan di masa depan, juga sebagai bentuk transparansi informasi perusahaan.

Baca juga: Cara Menjadi Reseller Domain dengan Untung Jutaan

Manfaat CSR untuk Perusahaan Anda 

Manfaat CSR
Source

Tentunya ada banyak manfaat yang dapat dipetik oleh perusahaan Anda ketika menjalankan CSR dengan baik. Berikut penjelasannya:

1. Mendapatkan Izin Sosial untuk Beroperasi

Ketika memulai sebuah bisnis, bukan hanya perizinan secara hukum yang perlu diperhatikan. 

Perlu diingat bahwa, izin sosial dari masyarakat umum, terutama warga sekitar gedung perusahaan, sangatlah penting.

Sedikit atau banyak, kehadiran bisnis Anda akan bersinggungan dan berpengaruh terhadap masyarakat. 

Apalagi jika bisnis Anda menimbulkan polusi lingkungan seperti yang telah disinggung diatas.

Dengan dilaksanakannya CSR, masyarakat akan lebih toleran dan dapat diajak berdiskusi agar tercapai kebaikan bersama.

Sehingga, perusahaan Anda memiliki keleluasaan untuk menjalankan bisnis di kawasan tersebut.

2. Meningkatkan Citra Perusahaan

Tentunya perusahaan yang menyelenggarakan program CSR dengan baik akan memiliki citra yang positif dimata masyarakat. 

Citra perusahaan yang baik akan berpengaruh pada banyak aspek, mulai dari kepercayaan masyarakat hingga harga saham perusahaan Anda.

3. Meningkatkan Brand Awareness

Dengan melakukan program CSR, tentunya akan membuat masyarakat lebih familiar dengan produk atau jasa perusahaan Anda.

Apalagi jika produk atau jasa Anda secara langsung terlibat dalam program CSR.

Anda bisa sekaligus mengenalkan kelebihannya, sehingga dikemudian hari, masyarakat tidak ragu untuk membeli produk atau menggunakan jasa Anda.

4. Meningkatkan Penjualan Produk atau Jasa

Beragam dampak positif dari program CSR akan berpengaruh terhadap tingkat penjualan produk atau jasa karena masyarakat sudah mengenal dan memiliki kepercayaan terhadap perusahaan Anda. 

5. Meningkatkan Semangat dan Produktivitas Karyawan

Program CSR kepada masyarakat umum yang melibatkan karyawan akan menumbuhkan kebanggaan tersendiri di benak mereka.

Para karyawan akan merasa bangga karena menjadi bagian dari sebuah perusahaan yang peduli terhadap kemaslahatan sosial.

Sedangkan program CSR yang manfaatnya bisa dirasakan karyawan akan meningkatkan loyalitas dan semangat kerja mereka. 

Hal tersebut tentu akan berpengaruh secara signifikan terhadap produktivitas kerja.

6. Menciptakan Hubungan Baik dengan Regulator

Regulator disini adalah pemerintah tempat usaha Anda berdiri. 

Umumnya, pemerintah akan lebih menyukai perusahaan yang menjalankan program CSR dengan baik karena telah meringankan pekerjaan mereka.

Pasalnya, sebagian program CSR sebenarnya juga merupakan ranah sosial yang menjadi tanggung jawab pemerintah. 

Selain itu, CSR juga akan memudahkan berbagai proses administrasi legal terkait izin melakukan bisnis.

7. Mengembangkan Kerjasama dengan Perusahaan Lain

Saat pelaksanaan CSR Anda dapat bekerjasama dengan perusahaan lain. Kerjasama ini tentunya akan meningkatkan trust antar perusahaan. 

Sehingga kedepannya, perusahaan Anda mendapatkan peluang yang lebih besar untuk melakukan kerjasama bisnis lain yang lebih menguntungkan.

8. Memudahkan Pengembangan Perusahaan 

Jejak perusahaan dengan CSR yang baik akan berdampak pada hubungan dengan dengan stakeholder perusahaan, masyarakat luas, dan regulator.

Hubungan yang baik tersebut akan memudahkan Anda untuk melebarkan sayap perusahaan.

Entah itu dalam menambah cabang baru, membuka bisnis ke sektor lain, hingga dalam memperoleh akses sumber daya yang diperlukan untuk operasional perusahaan.

9. Kemungkinan Memperoleh Penghargaan

Ketika Program CSR perusahaan berjalan dengan baik dan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap lingkungan sosial, bukan tidak mungkin ada suatu lembaga yang memberikan penghargaan.

Penghargaan tersebut tentunya akan meningkatkan citra, brand awareness, brand position, dan kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan Anda. 

CSR Jenis Apa yang Ingin Anda Lakukan?

Setelah membaca penjelasan di atas, banyak sekali bukan manfaat yang bisa diambil dari pelaksanaan program CSR?

Dan semua manfaat tersebut itu bersifat jangka panjang, untuk memperkokoh posisi brand dan jangkauan perusahaan Anda. 

Kegiatan yang bersifat membangun serta preventive pun lebih kecil biayanya daripada biaya recovery apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Sekarang, Anda tinggal mengkaji baik-baik CSR mana yang cocok dan memiliki potensi berkelanjutan bagi perusahaan Anda.

Sebenarnya, CSR hanya satu dari sekian banyak pendekatan bisnis yang bisa Anda lakukan. 

Selain CSR, Anda juga bisa memulai marketing online dengan membuat website profesional. 

Website profesional dengan domain premium dan pengelolaan konten yang baik akan membuat bisnis Anda mudah ditemukan oleh masyarakat luas.

Nah, Anda bisa mendapatkan domain premium dengan harga terjangkau di Aksara Data Digital.

Sekian artikel hari ini, semoga bermanfaat yaa!