Guerilla Marketing: Strategi Hemat Budget untuk Bisnis Anda

4 min read

Guerilla Marketing adalah

Saat menjalankan suatu bisnis, Anda pasti mencari-cari strategi pemasaran apa yang efektif namun ramah di kantong. 

Nah, diantara sekian banyak strategi pemasaran, ada yang dinamakan Guerilla Marketing. 

Strategi populer dengan ide-ide kreatifnya yang bersifat extraordinary. 

Sangat cocok bagi Anda yang ingin meningkatkan brand awareness di tengah-tengah masyarakat. 

Yuk, temukan penjelasan lengkap tentang Guerilla Marketing pada artikel di bawah ini!

Apa itu Guerilla Marketing?

Guerilla Marketing adalah
Source

Guerilla Marketing adalah salah satu strategi pemasaran kreatif yang mengedepankan efek kejut yang powerful pada audiens.

Fokus pertama yang digali dalam proses pembuatan strategi Guerilla Marketing adalah kreativitas, ide, waktu, dan tenaga.

Inilah yang memungkinkan Guerilla Marketing dapat lebih hemat biaya. Pasalnya, jika kreativitas dioptimalkan, sebuah balon saja dapat menjadi bahan promosi yang menarik.

Strategi pemasaran ini pertama kali dikenalkan oleh Jay Conrad Levinson pada tahun 1984,  melalui bukunya yang berjudul “Guerilla Advertising”. 

Kata Guerilla sendiri dalam Bahasa Indonesia memiliki arti gerilya. Suatu kata yang cukup ekstrim tapi sebenarnya memang sangat sesuai dengan konsep pemasaran ini.

Dimana Anda bisa bergerak diam-diam dan mengejutkan audiens dengan peluncuran promosi yang menarik dan tidak terduga.

Efek kejut ini tentu menjadi poin yang membuat kegiatan promosi Anda menarik dan membekas di benak masyarakat. 

Kegiatan promosi yang Anda lakukan juga bisa menjadi suatu gebrakan sosial ditengah masyarakat yang menyentuh hati.

Lebih lanjut, Guerilla Marketing yang sukses memiliki kemungkinan besar untuk menjadi viral. Baik dari mulut ke mulut, melalui sosial media, maupun kanal media nasional.

Tujuan utama dari strategi pemasaran ini adalah meningkatkan brand awareness secara halus dan terselubung.

Sehingga, audiens tidak menyadari bahwa kegiatan yang mereka jumpai atau ikuti adalah salah satu strategi marketing.

Contohnya adalah Guerilla Marketing yang diusung oleh brand permen populer Mentos melalui sebuah eksperimen sosial “Mentos Say Hello” tahun 2017.

Mentos menerbitkan seri limited edition berisi permen Mentos bergambar “friendly and fun gesture” seperti berpelukan; bergandengan tangan; fist bump; chest bump; rock, paper, scissor; air guitar; dan lain sebagainya.

Dalam eksperimen sosial tersebut, ditunjukkan bahwa orang-orang yang semula tidak acuh menjadi lebih ramah dan dapat memulai percakapan menyenangkan setelah ditawari permen mentos dan melakukan gerakan yang ada digambar tersebut. 

Setelah promo ini beredar melalui berbagai sosial media, banyak orang yang merasa tertarik untuk mencoba mempraktikkan Mentos Say Hello kepada teman-temannya.

Prinsip Guerilla Marketing

Prinsip Guerilla Marketing

Ada 6 prinsip yang diterapkan dalam pelaksanaan Guerilla Marketing. Berikut penjelasannya:

1. Lokasi Tertarget 

Lokasi yang digunakan untuk mengeksekusi program harus dipikirkan dengan matang dan sesuai dengan konsep yang diusung.

2. Harus Authentic

Dalam menyusun konsep Guerilla Marketing Anda harus menggunakan ide yang benar-benar original dan unik. 

Konsep tersebut harus menonjolkan brand yang Anda miliki dan belum pernah dipakai sebelumnya supaya tidak kehilangan efek kejut.

3. Low Budget

Strategi pemasaran ini sangat bergantung pada ide-ide brilian untuk menghasilkan sesuatu yang ekstraordinary.

Dengan daya kreativitas yang tinggi, tentu Anda dapat menekan biaya iklan. Sehingga, terciptalah kegiatan promosi yang efisien baik secara offline maupun online.

4. Out of the Box

Tentu saja Guerilla Marketing harus berbeda dari yang lainnya sehingga memberikan efek kejut pada audiens. 

Jadi audiens tidak mengira akan ada suatu event pada suatu tempat dan waktu tertentu. 

5. Eksekusi harus Langsung Sempurna

Eksekusi strategi promosi ini harus langsung sempurna sejak pertama kali dimulai. Apabila terjadi kegagalan dan harus diulang, efek kejut yang ditimbulkan akan menurun. 

Jika efek kejut hilang, promosi ini tidak akan efektif lagi.

Audiens tidak akan menaruh perhatian lagi pada promo yang Anda lakukan bahkan bisa menjadi bahan pembicaraan kurang menyenangkan.

 6. Temporer

Strategi marketing ini dilakukan hanya untuk periode tertentu karena event promosi ini berprinsip pada efek kejut.

Apabila dilakukan secara terus-menerus, audiens akan bosan dan kesan yang ditimbulkan perlahan hilang. 

Baca juga: Mengenal Pendekatan Bisnis CSR (Corporate Social Responsibility)

Jenis-Jenis Guerilla Marketing

Ada enam jenis Guerilla Marketing yang dapat diterapkan dalam dalam bisnis Anda. Berikut penjelasan beserta contohnya:

1. Ambient Marketing

Guerilla Marketing jenis ini menyasar tempat-tempat yang tidak biasa seperti toilet umum, zebra cross, atau tengah-tengah taman kota. 

Contohnya seperti Guerrilla Marketing yang diusung oleh Mr. Clean berikut ini. Ia mengecat salah satu Zebra Cross yang telah kusam agar tampak putih bersih seperti baru lagi. 

Ambient Marketing

Tentu promosi tersebut terlihat sangat unik dan membekas di benak para audiens yang sedang menyebrang zebra cross. 

Hasilnya mereka lebih familiar dengan brand yang Anda miliki. 

2. Ambush Marketing

Strategi Ambush Marketing kadang disebut juga sebagai marketing penyergapan. 

Pasalnya, promosi ini dijalankan dengan melakukan pembajakan pada pengiklan brand lain. 

Resiko yang mungkin harus Anda hadapi adalah sentimen negatif dari brand lain dan audiens terhadap brand Anda.

Contohnya adalah Pepsi yang menggunakan produk saingannya, Coca-Cola, untuk promosi edisi Halloween.

Ambush Marketing

3. Street Marketing

Street Marketing adalah istilah baru untuk Outdoor Guerilla Marketing. 

Sesuai dengan namanya, kegiatan promosi akan dilakukan di berbagai sisi jalan, juga memanfaatkan ruang terbuka publik lainnya.

Tujuannya tentu untuk menarik perhatian sebanyak-banyaknya. 

Contohnya adalah promosi film IT yang hanya sekedar menggunakan balon berwarna merah terang dan tagline yang ditulis menggunakan cat warna putih.

Balon diikatkan pada drainase di pinggir jalan. Sungguh marketing kreatif yang sangat hemat dana namun powerful.

Street Marketing

4. Stealth Marketing 

Stealth Marketing disebut juga dengan Undercover Marketing.

Dalam promosi jenis ini, pendekatan dilakukan secara terselubung, sehingga audiens tidak menyadari bahwa hal tersebut  merupakan suatu bentuk kegiatan promosi.

Teknik yang paling banyak digunakan adalah melakukan product placement dalam film, video musik, dan lain sebagainya.

Contohnya adalah penyelipan iklan santan Vespa di film besutan Disney yang berjudul Luca.

Vespa di Film Disney Berjudul Luca

 

Selain itu product replacement, bentuk promosi dari Stealth Mareketing juga dapat dilakukan dengan menyisipkan nama brand, logo, atau gambar produk pada berbagai fasilitas umum.

Contohnya kegiatan promosi dari parfum AXE ini.

Stealth Guerilla Marketing

5. Experiential Marketing

Guerilla Marketing jenis ini merupakan salah satu bentuk promosi yang paling berkesan di hati para audiens karena memberikan pengalaman langsung yang mendalam.

Salah satunya adalah promosi “Mentos Say Hello” yang telah diceritakan di atas.

Experimental Guerilla Marketing

6. Buzz atau Viral Marketing

Viral marketing dewasa ini sangat banyak diterapkan oleh berbagai perusahaan. Apalagi didukung dengan munculnya sosial media populer seperti TikTok dan  Instagram.

Dengan memanfaatkan media sosial tersebut, konten promosi Anda akan dengan lebih mudah untuk menyebar dengan sendirinya. 

Banyak pihak mengakui, dalam membuat konten viral memang tidak mudah. Apalagi membuat konten viral yang memiliki kualitas tinggi.

Nah, salah satu cara yang bisa meningkatkan potensi konten agar menjadi viral adalah dengan mengikuti tren.

Seperti tren menggunakan kata “kuy” pada iklan NEO Kopi yang merupakan kebalikan kata dari kata “yuk” yang berarti ajakan.

Apalagi kata “kuy” tersebut dilontarkan oleh salah satu anggota boybond korea yang memang tengah naik daun dikalangan muda.

Buzz Marketing

Yuk, Terapkan Guerilla Marketing untuk Bisnis Anda!

Sekarang saatnya Anda menerapkan Guerilla Marketing agar brand yang Anda miliki semakin melekat di hati para calon konsumen.

Strategi marketing ini, selain hemat budget, juga dapat diterapkan pada berbagai sektor usaha. Anda tinggal memilih jenis mana yang paling cocok.

Jangan khawatir soal dana yang terbatas karena dalam Guerilla Marketing Anda bisa memanfaatkan segala fasilitas di sekitar sekreatif mungkin. 

Seperti Guerilla Marketing Mentos yang hanya membutuhkan kamera dan produk yang ia jual saja. 

Nah, selain melalui Guerilla Marketing, Anda juga bisa melakukan Online Marketing dengan membuat website menggunakan nama domain premium. 

Nama domain premium bisa menunjukkan citra dan identitas bisnis Anda. Kabar baiknya, Anda bisa mendapatkan domain premium tersebut dengan harga terjangkau di Aksara Data Digital

Selain itu, Anda juga bisa bergabung menjadi reseller registrasi domain dan nikmati promo menariknya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *