Jordy Prayoga He enjoys creating clear and helpful content. In his free time, he loves to hike.

Yuk, Kenalan Dengan PT Aksara Data Digital!

2 min read

Ketika ingin mendaftarkan nama domain, Sobat Aksara harus memilih registrar yang kredibel untuk mendapatkan layanan berkualitas.

Ini sangat penting karena tanpa adanya peran registrar, Anda tidak akan dapat mendaftarkan nama domain yang telah Anda inginkan.

Nah, di Indonesia, Anda bisa mempercayakan semua pendaftaran nama domain kepada registrar Aksara Data, karena kami telah menyandang akreditasi dari ICANN dan PANDI. Yuk, berkenalan dengan Aksara Data!

Tentang Registrar dan PT Aksara Data Digital

Sebelum membahas Aksara Data, ada baiknya jika Sobat Aksara (sapaan untuk pembaca blog Aksara Data) mengetahui apa itu registrar terlebih dahulu.

Jadi, registrar adalah sebuah perusahaan, badan, atau entitas yang menjual dan mengelola pendaftaran nama domain kepada publik.

Registrar bisa dikatakan sebagai perantara antara Anda (pengguna domain), dengan pengelola resmi nama domain (registry).

Aksara Data yang bernaung di bawah PT Aksara Data Digital adalah sebuah perusahaan yang menyediakan layanan pendaftaran nama domain terakreditasi ICANN dan PANDI serta reseller layanan digital, seperti domain dan Office365.

Menjadi registrar sekaligus penyedia layanan reseller domain, ada beberapa peran Aksara Data yang perlu Anda ketahui.

1. Peran Aksara Data Sebagai Registrar

Sama halnya dengan registrar domain pada umumnya, Aksara Data memiliki peran sebagai berikut:

  • Menyediakan layanan pendaftaran: Aksara Data memudahkan Anda untuk mencari dan mendaftarkan nama domain yang diinginkan.
  • Mengelola pendaftaran nama domain: Sebagai registrar, kami menyimpan informasi kontak Anda (sebagai registrant) dan mengelola detail teknis seperti nameserver untuk domain Anda.

2. Peran Aksara Data Sebagai Platform Reseller Domain

Sementara itu, kami juga memiliki peran tambahan sebagai penyedia layanan bagi para reseller domain, antara lain:

  • Menjual nama domain: Aksara Data menawarkan berbagai macam ekstensi nama domain .id, .ac.id, biz.id, co.id, my.id, or.id, ponpes.id, .sch.id, dan web.id, serta domain karakter terbatas (2-4 karakter), baik tingkat 1 dan tingkat 2. Terdapat pula sejumlah ekstensi domain internasional, seperti .com, .net, .org, .info, dan sebagainya. Cek di sini untuk melihat daftar domain internasional.
  • Memberikan platform untuk reseller: Sebagai penyedia platform reseller domain, kami menyediakan platform yang memungkinkan para reseller Aksara Data menjual nama domain atas nama mereka sendiri. Ini termasuk tools dan antarmuka user-friendly untuk manajemen domain dan billing.
  • Menawarkan program reseller yang menarik: Kami menawarkan program reseller yang menarik dengan keuntungan tinggi hingga dukungan pelanggan yang responsif.
  • Menyediakan infrastruktur dan support: Aksara Data menyediakan infrastruktur dan support yang diperlukan untuk menjalankan bisnis reseller domain.

Apa Saja Hal yang Bisa Dilakukan oleh Pelanggan Aksara Data?

Setelah membaca informasi di atas, sebagian dari Anda mungkin masih cukup bingung untuk memahami siapa dan apa yang Aksara Data lakukan. 

Untuk mempermudah Anda dalam memahaminya, mari mengenal Aksara Data dari sudut pandang pelanggan.

1. Mendaftarkan dan Mengelola Nama Domain 

Hal pertama yang bisa Anda lakukan dengan layanan Aksara Data adalah mendaftarkan nama domain. Seperti diketahui, nama domain adalah komponen penting dalam pembuatan website maupun alamat email bisnis..

Setelah domain berhasil terdaftar, Anda bisa dengan bebas mengelola nama domain tersebut untuk berbagai kebutuhan, karena registrar menyerahkan tanggung jawab penuh kepada pengguna.

Beberapa contoh pengelolaan nama domain yang dimaksud adalah, tetapi tidak terbatas pada pembuatan website maupun blog; pengelolaan surel (email); dan aktivitas lain yang dilakukan menggunakan nama domain yang didaftarkan.

Meski begitu, sebagai pengguna, Sobat Aksara wajib memastikan bahwa semua aktivitas yang Anda lakukan dengan domain tersebut mematuhi peraturan dan hukum yang berlaku.

Pasalnya, Aksara Data tidak bertanggung jawab apabila penggunaan domain tersebut terbukti melanggar etika maupun hukum.

Sebaliknya, kami sebagai registrar memiliki prosedur dan wewenang untuk mengatasi berbagai hal yang terjadi ketika layanan Aksara Data digunakan dengan tidak mematuhi hukum dan kebijakan yang kami miliki.

Adapun tindakan yang dapat kami lakukan adalah berupa penangguhan atau pembatalan nama domain yang terlibat.

2. Menjadi Reseller Domain

Selanjutnya, dengan Aksara Data, Anda bisa menjadi reseller domain yang kemudian dapat menyediakan pendaftaran nama domain kepada pengguna lain untuk meraih keuntungan, sebagaimana fungsi reseller yakni menjual kembali produk atau jasa kepada orang lain.

Menjadi reseller domain memungkinkan Anda untuk mendapatkan keuntungan yang sebanyak-banyaknya.

Karena Aksara Data juga secara eksklusif memberikan harga domain secara terjangkau, Anda bisa menentukan banderol pendaftaran nama domain sesuai keinginan.

Untuk menjadi reseller Aksara Data, Anda hanya perlu mendaftarkan diri dengan mengunggah foto KTP (untuk perorangan) dan TDP (untuk perusahaan), serta menyiapkan biaya untuk deposit minimal Rp1 juta.

Menemukan Masalah? Hubungi Kami Sekarang!

Itulah tadi serangkaian informasi mengenai Aksara Data. Semoga artikel ini bisa mengobati rasa penasaran Anda terhadap PT Aksara Data Digital.

Apabila Anda mengalami kendala atau menemukan masalah seperti penyalahgunaan layanan Aksara Data, jangan ragu untuk melaporkannya kepada kami.

Sebagai informasi, Anda bisa saja mengetahui registrar mana yang mengelola suatu nama domain melalui pemeriksaan data whois yang dapat diakses secara umum.

whois aksara data
Ilustrasi nama domain qwords.id yang terdaftar melalui registrar PT Aksara Data Digital

Jadi, apabila nantinya Sobat Aksara mendapati suatu domain/website yang terdaftar di PT Aksara Data Digital dan melanggar hukum, silakan menghubungi kami melalui tautan berikut ini.

Jordy Prayoga He enjoys creating clear and helpful content. In his free time, he loves to hike.

Google Luncurkan Ekstensi Domain .ING, Daftar Segera!

Dunia ekstensi domain semakin bervariasi setelah Google Registry meluncurkan ekstensi baru, yakni .ing pada 5 Desember 2023. Itu artinya, Sobat Aksara punya lebih banyak...
Jordy Prayoga
2 min read

Menilik Peluang Jual-Beli Expired Domain, Memangnya Untung?

Jika Anda bergabung dalam berbagai forum atau grup seputar blog dan SEO, tak jarang ada sejumlah pengguna yang menawarkan expired domain. Tidak hanya itu,...
Jordy Prayoga
2 min read

Leave a Reply