Jordy Prayoga He enjoys creating clear and helpful content. In his free time, he loves to hike.

Menilik Peluang Jual-Beli Expired Domain, Memangnya Untung?

2 min read

Jika Anda bergabung dalam berbagai forum atau grup seputar blog dan SEO, tak jarang ada sejumlah pengguna yang menawarkan expired domain.

Tidak hanya itu, bahkan ada website yang secara khusus menyediakan expired domain dengan harga yang beragam.

Sering kali, harga expired domain lebih mahal dibanding harga fresh domain pada umumnya.

Berdasarkan fenomena ini, tentu expired domain menjadi peluang bisnis yang menggiurkan. Namun, apakah bisnis ini memang menguntungkan? Mengingat penjual harus keluar modal untuk mendaftarkannya dahulu dan belum semua domain akan laku terjual.

Barangkali Anda ingin menjalankan bisnis expired domain, tidak ada salahnya membaca artikel ini hingga akhir. Jadi, simak terus, ya!

Mengapa Expired Domain Diburu?

Banyaknya penawaran expired domain tidak lepas dari beberapa faktor, sehingga menciptakan peluang yang cukup menggiurkan. 

Kami telah merangkum faktornya dalam pembahasan di bawah ini.

1. Backlink dan Domain Authority yang Sudah Terbangun

Salah satu daya tarik utama expired domain adalah backlink dan domain authority yang sudah terbangun sebelumnya. 

Backlink adalah tautan dari website lain ke website Anda, dan domain authority adalah skor yang menunjukkan kredibilitas dan keandalan website Anda di mata Google.

Expired domain yang memiliki banyak backlink berkualitas tinggi dari website tepercaya berbanding lurus dengan domain authority yang tinggi. 

Karenanya, ini dapat membantu meningkatkan peringkat website Anda di mesin pencari, sehingga mendatangkan lebih banyak traffic organik.

2. Dinilai Lebih Hemat Waktu dan Biaya

Dibandingkan dengan membangun website dari awal, menggunakan expired domain dapat menghemat waktu dan biaya. 

Anda tidak perlu repot-repot mencari nama domain yang unik dan menarik, membangun website dari nol, dan mengisi konten website dengan informasi yang berkualitas.

Dengan expired domain, Anda sudah memiliki website yang memiliki backlink dan domain authority yang sudah terbangun. 

Anda hanya perlu fokus pada optimasi website dan pembuatan konten yang berkualitas untuk meningkatkan ranking website di mesin pencari.

Sebab, jika hanya mengandalkan backlink tanpa memperhatikan kualitas konten, ke depannya website Anda akan dengan mudah disalip oleh kompetitor.

3. Branding

Meski tidak sebebas memilih nama layaknya fresh domain, tetapi expired domain masih memiliki sejumlah opsi nama yang mudah diingat dan relevan dengan niche website Anda, sehingga dapat membantu membangun branding yang kuat. 

Nama domain yang menarik dan mudah diingat akan membuat website lebih mudah ditemukan dan diingat oleh pengguna internet.

Jika beruntung, Sobat Aksara bisa mendapatkan nama domain yang mengandung kata populer atau bahkan ‘bekas’ milik brand/perusahaan besar.

Itulah ketiga alasan umum mengapa expired domain begitu diminati. Secara umum, penggunaannya juga tidak jauh-jauh dari beberapa jenis website, misalnya PBN atau blog dengan niche tertentu.

Bisnis Ini Sangat Berpeluang Besar!

Adanya tren perburuan expired domain menjadi sebuah peluang menggiurkan bagi sejumlah kalangan yang kemudian menjadikannya sebuah bisnis.

Domain-domain yang telah kedaluwarsa ini kemudian dianalisis menggunakan beberapa metrik dan disaring mana yang paling sesuai, atau paling tidak mendekati metrik tersebut.

Setelah didapat, domain tersebut lalu didaftarkan ulang ke salah satu registrar agar bisa aktif kembali.

Tahap berikutnya, domain siap untuk dijual kembali dengan harga yang lebih tinggi. Berbekal tambahan sedikit informasi mengenai kelebihan expired domain (skor domain authority dan backlink) menjadi daya tarik para pembeli.

Dari sini, bisa Anda lihat bahwa bisnis expired domain sangatlah menguntungkan saat ini, ditambah dengan trennya yang sedang naik daun dibanding beberapa tahun terakhir.

Jika Anda bisa mencari expired domain yang potensial, bukan tidak mungkin pundi-pundi keuntungan bisa Anda dapatkan.

Namun, jika Anda tidak ingin mengambil risiko dan tetap ingin berbisnis domain, ada baiknya mencoba menjual domain baru, alias fresh domain, dan berlaku sebagai reseller domain.

Dengan potensi peluang yang sama, risiko yang didapatkan bak langit dan bumi, karena reseller hampir tidak memiliki risiko.

Bagaimana, tertarik menjadi reseller domain? Daftarkan diri Anda di sini!

Daftar Reseller Domain

Jordy Prayoga He enjoys creating clear and helpful content. In his free time, he loves to hike.