Jordy Prayoga He enjoys creating clear and helpful content. In his free time, he loves to hike.

Google Luncurkan Ekstensi Domain .ING, Daftar Segera!

2 min read

Dunia ekstensi domain semakin bervariasi setelah Google Registry meluncurkan ekstensi baru, yakni .ing pada 5 Desember 2023.

Itu artinya, Sobat Aksara punya lebih banyak lagi opsi ketika ingin mendaftarkan nama domain yang unik, kreatif, atau bahkan lucu sekalipun.

Dewasa ini, nama domain tidak hanya sekadar digunakan sebagai alamat website maupun surel, tetapi juga sebagai salah satu instrumen investasi.

Jadi, bila Anda berencana mendaftarkan nama domain untuk tujuan di atas, memilih .ing sebagai ekstensinya bisa menciptakan peluang yang sangat menjanjikan.

Namun, sebelum itu, mari kita bahas apa itu domain .ing terlebih dahulu!

Mengenal Domain .ING

Ekstensi domain .ing merupakan sebuah ekstensi gTLD yang sangat fleksibel untuk berbagai jenis dan tema website.

Nama .ing dalam Bahasa Inggris merupakan sebuah imbuhan dari kata kerja, sehingga bisa dimanfaatkan untuk ide nama domain yang singkat dan mudah diingat.

Jika menggunakan ekstensi .ing, Anda bisa dengan mudahnya dalam aktivitas branding terhadap audiens.

Karena pada dasarnya, ekstensi domain akan membantu Anda memperkuat branding website. Tidak seperti beberapa ekstensi yang hanya akan sesuai untuk niche/website tertentu.

Contohnya adalah .news. Meski Sobat Aksara bisa mendaftarkannya untuk semua kebutuhan website sekalipun, ekstensi .news sangat erat dan relevan dengan website berita.

Namun, ini tidak berlaku dengan .ing, karena mampu menyempurnakan branding Anda melalui pemilihan nama domain yang unik.

Dengannya, Anda pun bisa memilih nama domain yang relevan, unik, dan singkat, misalnya kamb.ing, kuc.ing, build.ing, writ.ing, clean.ing dan masih banyak lagi.

Melansir dari situs resmi Google Registry (www.get.ing), beberapa perusahaan besar pun telah menggunakan ekstensi .ing, seperti Canva dengan design.ing dan draw.ing serta Adobe dengan edit.ing dan sign.ing.

Mengapa Domain .ING Layak Dicoba?

Domain .ing menawarkan sejumlah kelebihan menarik yang membuatnya layak dicoba, terutama bagi individu maupun bisnis yang tengah mencari nama domain yang unik dan mudah diingat. Berikut beberapa keunggulan utama domain .ing:

1. Ringkas dan Mudah Diingat

Akhiran “.ing” sama pendeknya dengan .com, .net, maupun .org, sehingga menciptakan nama domain yang mudah diucapkan, dieja, dan diingat. Hal ini sangat penting untuk membangun branding dan meningkatkan visibilitas online Anda. Contohnya, “hobimanc.ing” atau “keeplearn.ing” lebih mudah diingat dibandingkan dengan nama domain yang panjang dan rumit.

2. Serbaguna

Seperti yang diulas pada poin sebelumnya, bahwa ekstensi .ing memiliki fungsionalitas yang cukup fleksibel.

Ia dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan website seperti blog pribadi, website portofolio, website bisnis, project pribadi, dan sebagainya.

3. Aman

Kelebihan domain .ing yang selanjutnya adalah faktor keamanannya. Sebab, Google Registry telah menambahkan ekstensi ini ke daftar preload HSTS (HTTP Strict Transport Security).

Alhasil, semua website yang menggunakan ekstensi .ing harus memiliki sertifikat SSL agar bisa dimuat.

Ini akan mencegah pengguna yang mencoba menggunakan domain .ing untuk situs yang bermaksud jahat, seperti mencuri data/informasi sensitif milik audiens.

4. Ketersediaannya Masih Sangat Tinggi

Sobat Aksara tentunya sudah tahu bahwa penggunaan nama domain bersifat tunggal per ekstensinya.

Artinya, untuk mendapatkan suatu nama domain (terlebih nama yang unik), diperlukan kecepatan supaya tidak didahului orang lain.

Inilah yang terjadi dengan .com yang saat ini menjadi ekstensi domain yang populer. Dirangkum dari whoapi.com, domain .com yang berjumlah empat huruf sudah didaftarkan secara keseluruhan.

Nah, karena ekstensi domain .ing ini baru dirilis kurang dari satu tahun saat artikel ini terbit, maka sudah dipastikan ketersediaannya masih sangat banyak, dan pilihan nama-nama unik pun bisa Anda dapatkan.

5. Bisa Dijual Kembali dengan Harga yang Lebih Tinggi

Nama domain kini tidak hanya menjadi sebuah komponen dalam pembuatan website maupun email bisnis, akan tetapi juga dapat digunakan sebagai instrumen investasi.

Telah banyak para investor domain yang mampu meraup keuntungan dari penjualan nama domain.

Nah, Sobat Aksara pun juga dapat memanfaatkan momentum ini dengan mendaftarkan nama domain berekstensi .ing dengan unik dan kreatif.

Tertarik Mencoba Domain .ING?

Domain .ing merupakan ekstensi baru yang dirilis belum lama ini oleh Google. Kendati begitu, .ing memiliki masa depan yang cukup cerah mengingat fleksibilitasnya untuk berbagai kebutuhan.

Nah, setelah mengenal domain .ing, apakah Sobat Aksara tertarik untuk mendaftarkannya? Tulis tanggapan Anda di bawah ini, ya!

Jordy Prayoga He enjoys creating clear and helpful content. In his free time, he loves to hike.

Yuk, Kenalan Dengan PT Aksara Data Digital!

Ketika ingin mendaftarkan nama domain, Sobat Aksara harus memilih registrar yang kredibel untuk mendapatkan layanan berkualitas. Ini sangat penting karena tanpa adanya peran registrar,...
Jordy Prayoga
2 min read

Menilik Peluang Jual-Beli Expired Domain, Memangnya Untung?

Jika Anda bergabung dalam berbagai forum atau grup seputar blog dan SEO, tak jarang ada sejumlah pengguna yang menawarkan expired domain. Tidak hanya itu,...
Jordy Prayoga
2 min read

Leave a Reply