Di dalam dunia bisnis, komunikasi resmi dan formal umumnya dilakukan dengan cara mengirim email.
Nah, untuk membuat email lebih profesional dan kredibel Anda membutuhkan email bisnis.
Email bisnis sendiri merupakan email yang akhiran alamatnya menggunakan nama domain Anda, seperti:
- sarah@gudangbaju.co.id
- sanjaya@travelmania.com
- amina@goodfood.id
Perbedaan antara email biasa dengan email bisnis terlihat sangat signifikan bukan?
Yang biasanya di belakang email tercantum nama domain pemberi layanan email, kini berubah menjadi nama domain yang sangat mencerminkan siapa Anda dan brand apa yang Anda wakili saat menghubungi kolega bisnis.
Manfaat Domain Email
Selain untuk memenuhi syarat komunikasi profesional, ada beberapa manfaat lain yang bisa didapatkan dari pembuatan domain email, yaitu:
1. Pemasaran Brand
Alamat email kustom adalah salah satu cara yang paling sederhana dan mudah untuk melakukan branding.
2. Visibilitas Brand
Ketika menggunakan domain email, prospek yang penerima email dapat langsung mengenali siapa dan dari mana email berasal.
Begitu juga saat prospek membutuhkan alamat email Anda, mereka dapat mencari nama domain dan menemukan bisnis Anda dengan lebih cepat.
3. Kredibilitas
Alamat email yang menyertakan nama bisnis jelas terkesan lebih profesional dan kredibel daripada alamat email biasa yang berakhiran @gmail.com, @yahoo atau hotmail.com.
Alamat email dengan nama domain kustom juga menunjukkan bahwa owner brand serius dalam menjalankan bisnisnya karena memperhatikan detail urusan bisnis.
4. Konsistensi
Seiring bertambah besarnya volume bisnis, akan semakin banyak juga tenaga kerja yang bekerja dibawah naungan brand Anda.
Email domain dapat digunakan untuk menstandarkan alamat email seluruh tenaga kerja agar terlihat konsisten di mata konsumen atau rekan bisnis Anda.
5. Keamanan
Seiring bertambah besarnya bisnis, akan semakin kuat juga brand Anda di mata masyarakat.
Jika sudah begini, biasanya ada saja pihak tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan ketenaran brand Anda untuk menipu konsumen.
Penipuan umumnya dilakukan dengan mengirimkan email kepada publik dengan mengaku-ngaku sebagai salah satu staf resmi yang akan memberikan hadiah atau penawaran spesial.
Untuk menghindari tindak kejahatan tersebut, sebaiknya Anda menggunakan email domain kustom.
Sehingga, penerima email dapat dengan mudah membedakan antara email resmi dengan email palsu yang mencoba mengatasnamakan diri sebagai salah satu staf resmi dari brand Anda.
Cara Membuat Email Domain Gratis
Jika Anda merupakan perusahaan kecil yang baru merintis bisnis, membuat email domain berbayar mungkin dirasa agak memberatkan.
Oleh karena itu, hari ini kami akan mengajak Anda untuk mengintip salah satu cara untuk membuat email domain gratis yang dapat digunakan dalam jangka waktu panjang, bahkan selamanya.
Nah, untuk membuat email domain gratis, Anda dapat memanfaatkan layanan email uji coba dari Zoho Mail.
Zoho menawarkan Paket Gratis Selamanya yang bisa digunakan untuk membuat 5 akun email domain gratis dengan kapasitas 5GB per pengguna dan lampiran email maksimal sebesar 25 MB.
Selain itu, dengan menggunakan Zoho, Anda bisa mendapatkan akses web dan aplikasi gratis (tanpa IMAP/POP/Activesync).
Namun, untuk membuat email domain gratis, sebelumnya pastikan Anda sudah memiliki nama domain terlebih dahulu.
Jika belum punya, Anda dapat membeli nama domain murah dan berkualitas di Aksara Data Digital.
Setelah berhasil membeli nama domain yang Anda inginkan, Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk membuat email domain gratis tanpa hosting:
1. Membuat Akun Zoho Mail
a) Untuk membuat akun, Anda perlu mengunjungi laman website Zoho Mail.
b) Setelah masuk ke laman Zoho Mail, silakan klik tombol MULAI berwarna orange yang terletak di pojok kanan atas.
c) Kemudian, silakan scroll ke bawah sampai Anda menemukan tiga kotak opsi seperti berikut ini:
d) Selanjutnya, silakan pilih opsi Paket Gratis Selamanya dengan mengklik tombol DAFTAR SEKARANG.
e) Anda kemudian akan diminta untuk mengisikan nama, alamat email/nomor telepon yang masih aktif, juga password.
f) Setelah itu, jangan lupa untuk mengklik kotak persetujuan peraturan layanan dan kebijakan privasi setelah membacanya dengan seksama.
g) Jika sudah, silakan klik tombol SIGN UP.
h) Setelah itu, Anda akan diminta untuk memasukkan kode OTP yang dikirimkan ke alamat email atau nomor yang Anda input saat melakukan pendaftaran.
i) Setelah menginput kode OTP, Anda akan langsung diarahkan ke dalam dashboard Zoho Mail dan bisa memulai proses konfigurasi untuk mendapatkan alamat email kustom.
2. Menambahkan DNS Record
a) Anda dapat memilih untuk memasukkan domain yang telah Anda miliki dengan mengklik tombol ADD NOW yang berwarna hijau.
b) Setelah itu, Anda akan diminta untuk menuliskan nama domain, nama organisasi atau perusahaan, dan tipe industri Anda.
c) Jika sudah, silakan klik tombol ADD.
d) Setelah itu, Anda perlu melakukan proses verifikasi bahwa domain tersebut memang miliki Anda melalui DNS.

e) Untuk proses verifikasi, silakan masuk ke DNS yang Anda gunakan untuk menginput TXT record.

f) Setelah TXT record tersimpan dalam DNS, klik tombol VERIFY TXT RECORD di laman Zoho Mail.

g) Setelah berhasil melakukan verifikasi kepemilikan domain, Anda akan diminta untuk membuat Username yang berfungsi sebagai admin. Silakan ketikkan username yang Anda inginkan, kemudian klik CREATE.

3. DNS Mapping
Setelah berhasil menambahkan DNS Record, Anda bisa melewati terlebih dahulu proses konfigurasi User dan Group dengan mengklik tombol PROCEED TO DNS MAPPING.
Sekarang kami akan langsung mengajak Anda untuk melakukan konfigurasi DNS Mapping.
a. Anda perlu memasukkan ketiga MX record ke dalam DNS satu per satu.

b. Isi kolom Type dengan MX, kolom Name dengan @, IPv4 address dan Priority sesuai dengan MX record yang ada di laman situs Zoho Mail, lalu klik tombol SAVE.

c. Jika sudah selesai, kembali ke laman situs Zoho Mail. Di sini Anda tinggal melakukan verifikasi dengan mengklik tombol VERIFY MX RECORD.

d. Jika sudah, Anda akan diminta untuk melakukan konfigurasi SPF dan DKIM di DNS seperti saat melakukan konfigurasi MX record.

Setelah DNS Mapping selesai, Anda perlu melakukan Data Email Migration agar seluruh email, kontak, data lainnya dapat Anda buka melalui Zoho Mail.
Kini Anda sudah bisa menggunakan Zoho Mail untuk mengirim dan menerima email menggunakan alamat email domain kustom.
Sehingga, setiap email yang Anda kirim pun tampak lebih profesional dan kredibel.
Mudah Bukan?
Mudah bukan cara membuat email domain gratis?
Selamat mencoba tutorial yang telah kami sampaikan! Jika Ada pertanyaan lebih lanjut, silakan tulis di kolom komentar ya!