Jordy Prayoga He enjoys creating clear and helpful content. In his free time, he loves to hike.

Cara Mendapatkan Domain EU.ORG Gratis Selamanya!

3 min read

DOMAIN GRATIS SELAMANYA

Sebelum membuat website, Sobat Aksara membutuhkan domain sebagai alamatnya, dan Anda bisa membelinya dari penyedia domain yang ada.

Namun, bisakah jika domain yang digunakan sama sekali tidak berbayar? Tentu bisa! Anda tetap bisa menggunakan domain gratis eu.org, bahkan untuk selamanya, lho!

Nah, artikel ini akan memberikan tutorial kepada Sobat Aksara untuk mendapatkan domain eu.org dengan mudah. Sudah siap? Yuk kita mulai!

Apa Itu Domain .EU.ORG?

Domain eu.org adalah subdomain gratis yang disediakan untuk pengguna yang bergerak sebagai individu atau organisasi nonprofit di Eropa.

Meski subdomain, eu.org justru terlihat seperti ccTLD jika dilihat sekilas, hampir sama dengan my.id atau biz.id.

Sebagaimana diketahui, memang cukup jarang ditemui pihak yang membagikan domain secara cuma-cuma karena alasan tertentu. 

Ketika kepopuleran eu.org semakin tinggi, banyak yang mengira bahwa ini adalah domain, bukan subdomain.

Apa pun itu, pengguna sebenarnya sangat beruntung dengan keberadaan subdomain .eu.org ini karena namanya yang lebih singkat jika dibandingkan subdomain gratis lainnya, seperti .blogspot.com atau .wordpress.com.

Nah, subdomain ini sebenarnya hanya diperuntukkan bagi pengguna yang berada di kawasan Eropa.

Sulit untuk pengguna di luar Eropa untuk mendapatkan domain eu.org ini. Namun, Sobat Aksara tetap bisa mendapatkannya meski berada di Indonesia.

Maka dari itu, simak cara mendapatkan domain eu.org berikut ini, ya!

Cara Mendapatkan Domain EU.ORG Gratis!

Secara umum, ada tiga cara mendapatkan domain eu.org. Perhatikan masing-masing langkahnya, ya, Sobat Aksara!

1. Daftar Akun di EU.ORG

  • Langkah pertama, Anda perlu mendaftarkan diri pada situs nic.eu.org selaku penyedia subdomain gratis
  • Klik Register
  • Isi semua informasi yang dibutuhkan termasuk mengatur kata sandi untuk login, kemudian centang I have read and I accept the domain policy setelah membaca dan menyetujuinya

cara mendapatkan domain eu.org mudah

  • Klik Create
  • Lalu, Anda harus mengaktifkan akun melalui petunjuk yang dikirimkan melalui alamat email. Cek email Anda. Jika tak kunjung mendapatkan notifikasi email baru, silakan periksa kotak spam dan cari email yang dikirimkan oleh noreply2@nic.eu.org. Email ini juga menyertakan informasi username untuk Anda login, yaitu pada baris nic-hdl (baris kedua). Salin username tersebut untuk berjaga-jaga agar tidak lupa
  • Klik tautan berwarna biru kemudian memvalidasi akun Anda

validasi akun melalui alamat email

  • Klik Validate

klik validasi untuk melanjutkan daftar akun di nic.eu.org

  • Selamat, akun Anda berhasil diaktifkan, dan Anda sudah bisa login

2. Dapatkan DNS Gratis

Setelah memiliki akun di nic.eu.org, Anda perlu memiliki layanan DNS sendiri karena subdomain eu.org tidak memberikannya.

Singkatnya, DNS berfungsi untuk menghubungkan domain dengan website agar bisa diakses. Maka dari itu, karena eu.org tidak menyertakan DNS, Anda perlu mendapatkan DNS secara terpisah.

Untungnya ada beberapa layanan penyedia DNS gratis, salah satunya adalah Hostry. Berikut cara mendapatkan DNS gratis di Hostry

  • Buat akun website di website dengan alamat email Anda dan isikan data-data yang dibutuhkan. Jika akun sudah terdaftar, akses ke menu Hostry > Services > Free DNS atau klik tautan berikut ini
  • Lalu, masukkan nama domain yang nantinya akan Anda ajukan di nic.eu.org, misalnya pada contoh kali ini menggunakan nama jordy.eu.org. Klik Create DNS untuk melanjutkan
  • Jika sudah muncul tampilan seperti di bawah ini, artinya calon subdomain yang akan Anda ajukan di nic.eu.org sudah memiliki empat nameserver dan siap digunakan

berhasil mendapatkan nameserver

3. Ajukan Nama Subdomain di EU.ORG

Setelah melakukan dua langkah di atas, kini saatnya Sobat Aksara mengajukan domain di nic.eu.org sebagai langkah penutup cara mendapatkan domain eu.org.

  • Login ke nic.eu.org menggunakan username (Handle) yang telah diberikan melalui email (perhatikan pada langkah daftar akun di nic.eu.org)
  • Setelah itu, klik New Domain

gambar new domain eu.org

  • Isikan nama domain 

masukkan nama domain eu.org yang ingin diajukan. Contoh: jordy.eu.org

  • Kemudian, gulir ke bawah hingga menemukan kolom Name servers. Masukkan empat nameserver yang telah Anda miliki dari Hostry (lihat pada langkah mendaftarkan DNS gratis)

masukkan nama NS yang didapatkan dari DNS gratis sebelumnya

  • Hasilnya:

Contoh NS setelah diisi

  • Setelah mengisi nameserver, klik Submit
  • Tunggu hingga permohonan pengajuan nama subdomain Anda diterima oleh administrator, ya, Sobat Aksara!

Setelah disetujui, subdomain pun siap digunakan untuk membuat website baru. Yuk, ketahui juga beberapa kelebihan kalau Anda menggunakan alamat website berakhiran eu.org!

Kelebihan Domain EU.ORG

Setidaknya ada dua kelebihan yang ditawarkan oleh eu.org, apa saja?

1. 100% Gratis

Kelebihan yang pasti semua orang menyukainya, yaitu gratis, menjadi pemicu utama mengapa banyak pengguna berminat untuk mendaftarkannya.

Pasalnya, domain ini benar-benar gratis, bahkan sejak tahun 1996, lebih dari 25 tahun. Jika Anda ingin membuat website dengan biaya yang minim, menggunakan domain eu.org adalah pilihan yang tepat!

2. Bisa Custom Domain ke Blogger 

Custom domain adalah sebuah fitur pada Blogger yang memungkinkan Anda untuk mengubah alamat bawaan .blogspot.com menjadi nama domain umum, termasuk eu.org, lho!

Secara teori, website yang dibangun atas domain eu.org dan custom domain dari Blogger menjadi solusi untuk Anda yang ingin membuat website tanpa modal uang sepeser pun. Menarik, bukan?

Kendatipun demikian, domain eu.org juga masih tidak lepas dari beberapa kekurangannya yang mungkin juga membuat Anda mengurungkan niat untuk mendaftarkannya.

Kekurangan Domain EU.ORG

Berikut adalah kekurangan menggunakan domain eu.org:

1. Tidak Memiliki Nameserver

Seperti yang sudah sempat dibahas sebelumnya, bahwa domain eu.org tidak memiliki nameserver yang memungkinkannya agar website bisa diakses.

Namun, untungnya masih ada beberapa layanan penyedia DNS, seperti Hostry dan Hurricane Electric. Kesimpulannya, pengaturan domain ini agak ribet jika dibandingkan domain yang berbayar.

2. Tidak Ada Dukungan dari Penyedia

Siap-siap untuk mengatasi setiap kendala ketika subdomain eu.org mengalami kendala, karena penyedia tidak memiliki layanan bantuan pengguna.

3. Bisa Dihapus Sepihak

Apabila domain ini digunakan untuk website yang kontennya berisi hal-hal yang terlarang, maka domain akan dihapus secara sepihak.

Selain itu, Anda juga tidak diperbolehkan menggunakan website dengan alamat domain eu.org untuk mencari uang, sebagaimana tujuannya adalah untuk pengguna yang bergerak sebagai individu atau organisasi nirlaba.

4. Pengajuannya Membutuhkan Waktu Lama

Kekurangan yang keempat juga perlu Anda pertimbangkan. Pasalnya, pengajuan domain ini bisa membutuhkan waktu hingga berbulan-bulan.

Berdasarkan studi kasus, pendaftaran domain yang dipakai sebagai contoh jordy.eu.org, lama waktu pengajuannya adalah tiga bulan.

Namun, hal itu juga tidak menutup kemungkinan bahwa waktunya juga bisa lebih singkat, karena yang berhak menyetujui dan mengetahui lama waktunya adalah administrator.

Tertarik Memiliki Domain EU.ORG?

Domain eu.org memang menjadi pilihan di kala ingin membuat website tanpa membutuhkan biaya sama sekali.

Namun, Anda juga mesti memahami konsekuensinya, yang intinya tidak akan semaksimal apabila Anda mengeluarkan biaya.

Sebagai contoh, dalam pendaftarannya saja, domain eu.org terbilang lebih rumit dibandingkan domain yang berbayar, belum lagi lama waktu pengajuan yang tidak menentu.

Nah, bila Anda ingin mendapatkan layanan dan performa terbaik, kami memberikan opsi kepada Sobat Aksara dengan mendaftarkan domain dengan harga super-duper murah, yakni Rp12.000 saja untuk mendapatkan my.id atau biz.id.

Dibandingkan dengan eu.org, baik my.id dan biz.id tentu lebih aman digunakan untuk alamat website Anda terutama bila mengincar audiens berasal Indonesia.

Tunggu apa lagi? Klaim nama domain impian Anda sekarang juga! Siapa cepat, dia dapat, lho!

Daftar Domain di Sini

Jordy Prayoga He enjoys creating clear and helpful content. In his free time, he loves to hike.

Menilik Peluang Jual-Beli Expired Domain, Memangnya Untung?

Jika Anda bergabung dalam berbagai forum atau grup seputar blog dan SEO, tak jarang ada sejumlah pengguna yang menawarkan expired domain. Tidak hanya itu,...
Jordy Prayoga
2 min read

Leave a Reply