Apa Itu Backlink? Penjelasan dan Tips Mendapatkannya

4 min read

apa itu backlink

Dalam SEO, backlink sering disebut-sebut sebagai salah satu faktor penentu peringkat suatu website di hasil penelusuran mesin pencari atau SERPs (Search Engine Result Pages).

Apakah benar backlink berdampak besar pada SEO?

Apa sih yang membedakan backlink dengan link-link lainnya?

Mari simak penjelasan lengkap tentang apa itu backlink dan cara mendapatkannya pada artikel di bawah ini.

Apa Itu Backlink?apa itu backlink

Backlink adalah sebutan untuk tautan/link dalam suatu website yang mengarah ke website Anda. 

Ada dua fungsi utama dari backlink yang wajib Anda ketahui. 

Pertama, backlink dapat digunakan sebagai alat rujukan yang mempermudah pengunjung suatu website untuk mendapatkan referensi berkualitas dan berguna dari website Anda.

Kedua, backlink dapat berperan seperti konsep endorse barang di Instagram. 

Backlink bagaikan memberi endorsement (promosi dan dukungan) kepada robot mesin pencari bahwa website Anda adalah situs yang bagus dan terpercaya.

Sebab banyak website lain yang menyarankan website Anda sebagai sumber referensi. 

Maka, semakin banyak backlink yang ditujukan ke website Anda, semakin banyak sinyal endorsement yang ditangkap oleh robot mesin pencari. 

Hal ini tentu saja berdampak positif pada peringkat website Anda di SERPs. Alhasil, semakin banyak pengguna internet yang dapat menemukan dan mengunjungi situs Anda.

“Wah, kalau begitu gampang ya? Supaya website selalu peringkat satu di SERPs, saya tinggal spam backlink yang banyak dimana-mana.” 

Weits, tunggu dulu Sahabat Aksara. Anda tidak boleh melakukan hal tersebut.

Pasalnya, Google memiliki algoritma canggih yang dapat membedakan backlink berkualitas dengan backlink spam. Algoritma ini dinamakan Penguin dan dirilis pada tahun 2012.

Algoritma Penguin akan memburu backlink yang berkualitas buruk dan memberikan penalti pada website tersebut dengan cara mengeluarkannya dari index Google. Alhasil, website Anda sama sekali tidak akan muncul pada SERPs.

Namun, pada update terbarunya di tahun 2018, algoritma Penguin tidak lagi memberikan penalti pada website yang ketahuan menggunakan backlink abal-abal.

Algoritma Penguin hanya akan mengabaikan backlink tidak berkualitas, sehingga otomatis peringkat website yang menggunakan backlink abal-abal akan menurun.

Kriteria Backlink Berkualitas

Berikut beberapa kriteria backlink berkualitas yang dapat mendongkrak website Anda di mata mesin pencari:

1. Berasal dari Website Kredibel

apa itu backlink

Google mempunyai peraturan yang sangat logis, yaitu lebih menyukai backlink dari website ternama yang kredibel. Seperti halnya manusia sebagai pengguna internet. 

Jika mereka menemukan website dari suatu perusahaan besar yang terkenal, tentu mereka akan lebih percaya dengan informasi yang diberikan daripada informasi dari website pribadi yang belum lama dibuat.

Bagaimakah kriteria website yang ternama dan kredibel secara teknis?

Anda bisa melihat dari domain authority website tersebut. Jika domain authority-nya tinggi, bisa disimpulkan website tersebut termasuk yang bonafide.

Baca juga: Cara Mudah Cek Domain Authority

2. Anchor Text yang Relevan

Dalam membuat backlink, seseorang harus menggunakan anchor text (kata-kata yang disisipi link) yang tepat. 

Anchor text yang digunakan lebih baik mengandung keyword yang sesuai dengan situs rujukan.

Misalnya, ada seseorang yang menulis artikel tentang domain. 

Nah, pada kata “arti ekstensi domain”, si penulis menyisipkan tautan ke salah satu artikel Anda yang memiliki keyword sama atau pembahasan yang relevan.

Nah, hal ini menjadikan suatu backlink memiliki nilai lebih di mata mesin pencari.

3. Topik yang Relevan

Selain kredibel, suatu website yang memberikan backlink akan memiliki nilai lebih di mata robot mesin pencari hanya jika ia memiliki topik yang relevan dengan website Anda.

Contohnya, ketika suatu website tentang dunia IT memberikan backlink pada website Anda yang membahas tentang furniture unik. 

Walaupun yang digunakan sebagai anchor text sesuai dengan keyword Anda, namun backlink tidak akan dianggap oleh mesin pencari.

Contohnya anchor text pada kata hardware

Di dunia IT hardware dapat berarti CPU, keyboard, dan lain-lain. Sedangkan dalam dunia furniture, hardware merujuk pada gagang pintu, hiasan dari tembaga, dan lain sebagainya. 

Jika pun backlink yang diberikan oleh website IT ke website furniture tersebut terindek, nilai yang disematkan tergolong sangat rendah. 

Jadi, pengaruhnya terhadap peringkat dalam SERPs pun tidak seberapa.

4. Backlink Jenis Dofollow

Sejatinya, ada dua jenis backlink yang dapat digunakan, yaitu dofollow dan nofollow. 

Secara kasat mata, kedua jenis backlink ini tidak memiliki perbedaan yang berarti. Pengunjung website Anda dapat membuka tautan tersebut ini secara bebas, dengan satu kali klik.

Perbedaan signifikannya terletak pada cara robot mesin pencari membaca tautan tersebut.

Apa itu backlink dofollow?

Backlink dofollow adalah tautan yang akan terbaca oleh robot Google, sehingga si robot dapat menelusuri sekaligus mengindeks backlink yang diberikan ke website Anda. 

Inilah alasan backlink dofollow bagus untuk website Anda. Backlink dofollow akan memberi pengaruh yang signifikan pada peringkat website pada SERPs.

Sedangkan backlink nofollow adalah backlink yang tidak terdeteksi oleh robot Google. 

Backlink ini kurang berarti karena keberadaannya tidak mempengaruhi peringkat website Anda dalam SERPs sebanyak apapun backlink nofollow diberikan.

Tips Mendapatkan Backlink Berkualitas

Backlink adalah

Proses rekayasa jumlah backlink untuk suatu website dinamakan skema tautan atau backlink scheme.

Sebelum tahun dirilisnya Algoritma Penguin, banyak website dengan konten asal-asalan berisi tautan-tautan acak yang digunakan sebagai sumber spam backlink. Dan skema yang dilakukan adalah:

  1. membayarkan sejumlah uang untuk mendapatkan backlink, 
  2. menggunakan backlink generator, 
  3. melakukan barter backlink, dan lain sebagainya.

Jangan pernah coba-coba melakukan backlink scheme ya, atau kredibilitas website Sahabat Aksara bisa menurun. 

Setelah Anda menyimak kriteria-kriteria backlink berkualitas, berikut kami paparkan bagaimana cara mendapatkannya:

1. Membuat Konten yang Berkualitas dan Menarik

Tentu saja Anda harus meningkatkan kualitas konten untuk dapat dilirik pemilik-pemilik website kredibel.

Ini adalah cara organik yang akan menjadi aset jangka panjang bagi website Anda. 

Bayangkan jika konten Anda mengangkat topik yang up to date, out of the box, dan berkualitas hingga dijadikan referensi oleh situs besar seperti wikipedia.

2. Networking

Sudah bukan rahasia lagi jika networking sangat bermanfaat dalam berbagai situasi dan pekerjaan, salah satunya dalam membangun backlink.

Jika Anda seorang blogger, Anda dapat bergabung dalam komunitas blogger yang memiliki topik pembahasan yang sama. Misalkan komunitas travel blogger atau food blogger.

Dari situ, mungkin Anda dapat bertemu pihak-pihak yang tertarik dengan situs Anda dan menawarkan untuk saling bertukar backlink.

3. Menggunakan Tools Berbayar

Jika ingin membangun backlink dengan proses yang lebih mudah, uang selalu bisa menolong Anda.

Di luar sana, terdapat banyak tools berbayar yang dapat menyediakan data backlink kompetitor. Anda dapat menggunakan data ini sebagai insight dalam strategi link building agar hasilnya lebih optimal.

Contoh dari tools tersebut adalah MOZ, Ahrefs, Majestic, dan lain sebagainya.

4. Memanfaatkan Website Lain untuk Sumber Backlink Gratis

Backlink adalah

Ada beberapa website yang bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan backlink secara gratis.

Pertama ada website About Me yang memiliki skor Domain Authority sebesar 93/100. Dalam situs ini, Anda tinggal membuat akun kemudian menambahkan URL website target di halaman profile.

Kedua, Anda bisa memanfaatkan website Scribd. Domain Authority website ini cukup tinggi yaitu 94. Ini adalah situs knowledge sharing yang besar. 

Anda bisa meng-upload berbagai artikel menarik yang disisipi backlink menuju website target. 

Kemudian, jangan lewatkan website besar seperti Youtube yang ternyata dapat Sahabat Aksara sekalian manfaatkan sebagai sumber backlink gratis.

Anda tinggal menyisipkan URL website target pada kolom about me atau description box.

Penutup

Begitulah ulasan tentang apa itu backlink hingga tips mendapatkannya. 

Setelah membaca artikel tersebut, tentunya Anda jadi lebih memahami mengapa backlink dapat menjadi salah satu indikator penting dalam SEO.

Yang perlu diingat adalah, dalam membangun backlink yang baik, Anda harus menggunakan cara yang senatural mungkin. 

Segala optimasi SEO melalui backlink pun harus didampingi dengan optimasi melalui indikator lain seperti penggunaan nama domain.

Nama domain premium yang menarik dan menggambarkan citra website Anda akan sangat mempengaruhi SEO.

Anda dapat mendapatkan nama domain premium tersebut di Aksara Data Digital. Platform penyedia nama domain yang sudah terakreditasi di PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia). 

Selain itu, Anda juga bisa tergabung menjadi reseller domain besama kami. Dapatkan harga diskon khusus reseller didukung dengan platform reseller yang canggih.

Sekian artikel pada kesempatan kali ini. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *