Bekerja secara work from home dan remote working terkadang membuat kita jenuh sehingga kita mungkin memerlukan beberapa tips atasi jenuh work from home dan remote working.
Bekerja dengan dua sistem tersebut memang membuat pekerja menjadi jarang berinteraksi dengan dunia luar.
Meski dua sistem ini membuat pekerja harus bekerja di luar kantor, tetapi ternyata dua sistem kerja ini memiliki perbedaan loh.
Apa saja sih perbedaan antara work from home dan remote working? Simak penjelasannya!
Perbedaan Work From Home dan Remote Working
Dua sistem kerja ini walaupun secara makna hampir mirip. Akan tetapi, keduanya ini ternyata memiliki perbedaan.
Apa sih perbedaan antara dua sistem kerja tersebut? Ini dia ulasannya.
1. Pengertian Work From Home
Work from home adalah istilah untuk menunjukkan aktivitas karyawan bekerja dari rumah, tetapi karyawan tersebut masih tunduk dengan aturan perusahaan.
Dengan sistem ini karyawan harus memastikan bahwa dirinya tetap bisa dihubungi oleh perusahaan selama jam kerja berlangsung.
Selain itu, biasanya perusahaan menerapkan sistem work from home dengan memberikan batas hari kerja karyawan untuk tiap minggunya.
2. Pengertian Remote Working
Selanjutnya, remote working adalah istilah yang juga digunakan untuk menunjukkan aktivitas pekerja dengan bekerja dari rumah.
Akan tetapi, hal yang berbeda adalah dengan sistem remote working ini pekerja tidak terikat dengan peraturan dari perusahaan.
Selain itu, dengan sistem ini pekerja juga tidak perlu datang ke kantor sama sekali.
Oleh sebab itu, pekerja dengan sistem remote working tidak mendapatkan fasilitas dari kantor, misalnya, meja kantor dan lainnya.
Umumnya, sistem ini berlaku untuk para pekerja lepas atau freelancer yang memiliki klien jauh dari area tempat tinggalnya.
Baca juga: Cara Mendapatkan Pasif Income Agar Hidup Lebih Nyaman
Tips Atasi Jenuh Work From Home dan Remote Working
Kedua aktivitas kerja ini sering kali membuat para pekerja merasa jenuh sebab dengan sistem-sistem tersebut interaksi antara pekerja dengan dunia luar sedikit berkurang.
Lalu, bagaimana sih tips untuk mengatasinya?
Berikut ini tips-tips untuk mengatasi kejenuhan saat bekerja work from home dan remote working yang dapat Sahabat Aksara coba.
1. Cari Tahu Penyebab Jenuh
Hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari tahu penyebab kejenuhan tersebut. Bisa jadi Sahabat Aksara merasa jenuh karena tugas yang terus menumpuk atau lainnya.
Dengan mengetahui penyebab kejenuhan tersebut Sahabat Aksara dapat menemukan solusinya.
2. Berpikir Positif
Tips lainnya untuk mengatasi kejenuhan lainnya yaitu dengan mencoba berpikir positif. Dengan bekerja secara santai dan selalu bersyukur dengan pekerjaan yang sudah dimiliki.
3. Berbagi Cerita
Anda juga dapat sesekali berbagi cerita dengan kawan atau anggota keluarga. Dengan berbagi cerita, berkumpul, atau bercanda dengan kawan serta keluarga dapat merilekskan pikiran.
4. Mengingat Rencana Masa Depan
Untuk meningkatkan kembali semangat bekerja, Sahabat Aksara juga dapat mengingat kembali tujuan atau rencana-rencana yang sudah disusun untuk masa depan.
5. Tidur Cukup
Selanjutnya, pastikan bahwa Sahabat Aksara memiliki waktu yang cukup untuk tidur. Jangan memforsir diri sehingga kehilangan tenaga untuk bekerja.
6. Mempercantik Ruangan Kerja
Hal selanjutnya yang dapat Sahabat Aksara lakukan yaitu dengan mempercantik atau mengubah dekorasi ruangan kerja sehingga tampak lebih indah dan rapi.
Salah satu hal yang dapat Sahabat Aksara coba yaitu dengan mengubah warna cat pada dinding ruangan.
Pastikan bahwa warna yang digunakan adalah warna yang dapat menentramkan pikiran sehingga produktivitas dapat lebih meningkat.
Warna-warna yang dapat Sahabat Aksara coba, misalnya, warna ungu yang dapat memberikan kesan tenang, warna biru yang cocok untuk menjernihkan pikiran sehingga bisa lebih fokus dalam bekerja.
Selain warna-warna tersebut Anda dapat menggunakan warna lainnya namun hindari penggunaan warna yang sangat terang atau sangat gelap.
7. Pindah Lokasi Kerja
Dengan bekerja secara work from home dan remote working, para pekerja memiliki kebebasan untuk menentukan lokasi kerjanya masing-masing.
Oleh sebab itu, para pekerja dengan sistem tersebut tidak memiliki kewajiban untuk menjadikan tempat tinggalnya sebagai lokasi untuk melaksanakan pekerjaan.
Sesekali Anda dapat berpindah ruangan atau lokasi untuk mendapatkan suasana kerja yang baru.
Akan tetapi, pastikan bahwa lokasi tersebut kondusif untuk bekerja, memiliki jaringan internet yang stabil, jauh dari gangguan.
Baca juga : Dampak Positif dan Negatif Internet Bagi Penggunanya
8. Lakukan Pekerjaan Baru
Tips yang lainnya yaitu sesekali Sahabat Aksara dapat mencoba untuk melakukan pekerjaan lainnya.
Hal ini karena terkadang penyebab jenuh para pekerja saat bekerja adalah rutinitas yang setiap hari dilakukan.
Oleh sebab itu, untuk mengatasi kejenuhan saat bekerja Anda dapat mencoba untuk mengerjakan pekerjaan yang berbeda dari rutinitas.
9. Perbaiki Jadwal Kerja
Tips yang keempat untuk mengatasi kejenuhan saat WFH dan remote working adalah dengan memperbaiki jadwal kerja.
Anda dapat mencoba mengatur jadwal kerja sehingga Anda tetap dapat memiliki waktu luang untuk beristirahat.
Dalam mengatur jadwal kerja ini pastikan bahwa Anda tetap bisa menyelesaikan tugas atau pekerjaan dengan tepat waktu.
10. Mendengarkan Lagu
Sahabat Aksara juga dapat mendengarkan lagu sesuai selera sembari melakukan pekerjaan.
Tips ini dapat Anda lakukan untuk meningkatkan mood saat bekerja sehingga suasana hati dapat terasa menyenangkan.
11. Berlibur
Tips untuk mengatasi kejenuhan saat WFH dan remote working adalah meluangkan waktu untuk berlibur.
Anda dapat membuat rencana untuk sesekali berlibur ke tempat wisata.
Jika Anda hanya ingin beristirahat di rumah, Anda dapat menonton film atau melakukan hobi-hobi lainnya.
Sekian 11 tips atasi jenuh saat work from home dan remote working yang dapat Sahabat Aksara coba.
Semoga bermanfaat!