Jordy Prayoga He enjoys creating clear and helpful content. In his free time, he loves to hike.

Buat Website Kafe Lebih Kece dengan Domain .CAFE

2 min read

DOMAIN CAFE ADALAH

Sobat Aksara pasti sudah tahu tentang fakta bahwa sekarang ini banyak bermunculan kedai kopi atau kafe.

Di tengah banyaknya kafe, tentu cukup sulit untuk tampil beda karena produk utamanya adalah kopi itu sendiri.

Namun, Anda masih bisa melakukan cara yang berbeda dan tetap terlihat unik dengan menciptakan online presence.

Selain media sosial, kafe juga perlu memiliki website untuk berbagai keperluan promosi dan branding.

Akan tetapi, bukankah website kafe adalah hal yang biasa mengingat sekarang juga sudah serba digital?

Website kafe dengan .COM atau .ID memang sudah biasa, tetapi jika Sobat Aksara membuat website kafe dengan domain .CAFE atau .COFFEE, itu akan sangat terlihat kece!

Domain khusus kafe ini mungkin belum terlalu familier bagi Anda, tetapi sebenarnya memiliki beberapa manfaat penting, lho.

Cari tahu melalui artikel ini, yuk!

Mengenal Domain CAFE & COFFEE

Domain COFFE dan CAFE adalah ekstensi yang tergabung dalam keluarga generic top-level domain (gTLD), sama halnya dengan .COM.

Kedua domain ini dirilis pada tahun 2014 (.coffee) dan 2015 (.cafe). Sobat Aksara bisa mendaftarkannya tanpa harus menyertakan syarat khusus.

Ekstensi .CAFE dan .COFFEE sangat jelas merepresentasikan bisnis yang bergerak di bidang kopi, entah itu kafe atau bahkan bisnis biji kopi mentah sekalipun.

Kalau Anda belum tahu apa itu ekstensi domain, ia adalah penguat identitas alamat domain dan identitas website yang ditulis setelah tanda titik di belakang nama domain.

Sebut saja .COM, yang sebenarnya adalah akronim dari commercial (komersial), artinya domain tersebut sangat ideal bagi website yang bergerak di bidang bisnis.

Namun, karena sekarang domain tersebut menjadi yang terpopuler, banyak website nonbisnis menggunakan domain .COM. 

Meski hal tersebut bukan menjadi masalah, tetapi sekarang identitas .COM untuk website bisnis kian luntur.

Selain itu, dampak dari banyaknya pendaftar domain ini membuat ketersediaan nama pada ekstensi .COM semakin berkurang.

Pasalnya, satu domain hanya bisa digunakan oleh satu pengguna saja.

Jadi, ketika Sobat Aksara telah menemukan nama domain yang ideal dengan ekstensi ID, belum tentu domain .COM masih tersedia karena mungkin sudah didaftarkan orang lain.

Nah, dengan adanya domain .CAFE dan .COFFEE, Anda bisa memanfaatkannya untuk membuat website kafe yang berbeda dari kebanyakan website kafe di Indonesia.

Kami akan memberikan beberapa alasan masuk akal mengapa Sobat Aksara bisa memiliki website kafe yang kece dengan kedua domain ini.

Baca Juga: Perbedaan Domain COM dan ID: Mana yang Terbaik?

Mengapa Website Kafe Harus Memakai Domain Khusus?

Beberapa alasan kuat yang akan kami paparkan berikut ini mungkin dapat Anda jadikan pertimbangan sebelum membeli domain CAFE maupun COFFEE.

1. Memperkuat Branding Kafe

Katakanlah Starbucks adalah perusahaan minuman kopi yang belum terkenal, kemudian mereka memutuskan untuk membuat website starbucks.id, apakah orang-orang yang belum mengenal starbucks tahu jenis bisnis yang dijalankannya?

Bandingkan dengan starbucks.cafe, bahkan untuk mereka yang belum mengenal dan baru membacanya saja, pasti sudah tahu bahwa starbucks.cafe adalah website yang merepresentasikan dari sebuah bisnis minuman (kafe).

Dengan demikian, domain CAFE maupun COFFEE adalah opsi paling tepat bagi Sobat Aksara yang ingin menciptakan branding secara online.

Lagi pula, domain .COM juga sudah terlalu mainstream untuk dijadikan website bisnis meski sudah sangat populer.

2. Masih Tersedia Banyak Pilihan Nama

Seperti yang kami sebutkan di atas, semakin banyaknya pengguna domain .COM, ketersediaan namanya akan semakin berkurang.

Tentu ini akan menghambat Sobat Aksara dalam menciptakan website untuk bisnis atau untuk yang lainnya.

Maka dari itu, sekarang Anda bisa memilih berbagai jenis ekstensi selain .COM yang notabene lebih spesifik, termasuk .COFFEE untuk bisnis yang berhubungan dengan kopi, atau .CLOTHING untuk bisnis di bidang pakaian.

Namun, kedua alasan ini mungkin belum cukup membuat Sobat Aksara yakin untuk memilih salah satu dari kedua domain ini karena dianggap tidak SEO friendly dibandingkan .COM.

Lantas, benarkah domain khusus kafe ini tidak SEO friendly?

Baca Juga: Domain MY ID, Pilihan Paling Worth It Selain .COM!

Domain .CAFE dan .COFFEE tidak SEO Friendly? 

Dahulu memang sempat muncul kabar bahwa ekstensi domain yang tidak populer (selain .com, .net, org, .id) akan sulit untuk muncul di SERP.

Padahal, Google tidak pernah mengatakannya, dan justru memiliki kebijakan yang bisa dibilang sebagai bantahan bahwa ekstensi domain yang tidak populer sulit untuk bersaing di mesin pencarian.

Melalui situs Google Search Central, Google mengatakan:

“Secara keseluruhan, sistem kami memperlakukan gTLD baru seperti gTLD yang lain (seperti .com & .org). Kata kunci dalam TLD tidak memberikan keuntungan atau kerugian apa pun pada penelusuran.”

Sekarang Sobat Aksara tidak perlu mempercayai anggapan yang mengatakan bahwa domain selain .COM (termasuk .CAFE dan .COFFEE) itu tidak SEO friendly, ya!

Jadi, Anda tetap bisa menerapkan strategi SEO untuk memudahkan website kafe Anda lebih mudah ditemukan di mesin pencarian.

Klaim Domain .CAFE dan .COFFEE Sekarang Juga!

Apabila Sobat Aksara benar-benar ingin membuat website kafe yang tidak sekadar kece, tetapi juga sarat akan manfaat pentingnya, Anda wajib mencoba domain khusus kafe ini.

Segera daftarkan domain incaran Anda sekarang. Untuk biaya per tahunnya, kami telah menemukan penyedia domain murah (Qwords) yang menyediakan domain CAFE dengan harga Rp170 ribu, dan domain COFFEE hanya Rp 136.000 saja.

Daftarkan Domain Anda di Sini!

Tunggu apa lagi? Daftarkan sekarang sebelum nama domain ideal Anda didaftarkan lebih dulu oleh orang lain!

Jordy Prayoga He enjoys creating clear and helpful content. In his free time, he loves to hike.