Jordy Prayoga Jordy loves to learn anything about SEO, digital marketing, and content writing on his mission to help people understand in the most simplest way. During his free time, he turns to be a mountain hiker.

Mengenal Kode EPP Domain Beserta Cara Mendapatkannya

1 min read

KODE EPP DOMAIN ADALAH

Sebagai pemilik domain aktif, Sobat Aksara berhak untuk melakukan apa saja terhadap domain Anda, misalnya tidak ingin memperpanjang atau bahkan transfer domain ke penyedia lain.

Tidak memperpanjang domain mungkin adalah hal yang biasa, tetapi bagaimana dengan mentransfer domain? Apakah domain dikirimkan ke penyedia lain?

Jadi, transfer domain adalah proses pemindahan registrasi dari penyedia (Registrar) satu ke penyedia yang lain karena suatu alasan.

Misalnya, Sobat Aksara memiliki domain di penyedia X, kemudian ingin memindahkannya ke PT Aksara Digital, Anda pun bisa melakukannya.

Tapi dengan satu syarat, Anda harus memiliki kode EPP domain untuk bisa ‘memindahkan’ domain tersebut. Lalu, apa itu kode EPP domain?

Mengenal Kode EPP Domain

Memiliki kepanjangan Extensible Provisioning Protocol, kode EPP domain adalah kode otorisasi yang dimiliki setiap domain pada saat mendaftarkannya pertama kali.

Kode ini menyediakan keamanan dengan tingkat yang lebih baik untuk menghindari penyalahgunaan.

Setiap domain memiliki kode yang berbeda-beda. Dengan rangkaian kode EPP yang terdiri dari huruf dan angka secara acak, sangat mustahil untuk mengetahui kode EPP domain milik orang lain.

Bisa dibilang, kode EPP ini seperti kode verifikasi yang dikirimkan melalui SMS atau email yang mana akan berbeda-beda pula milik setiap pengguna.

Lalu, apa fungsi kode EPP domain ini?

Fungsi Kode EPP Domain

Kode EPP domain berfungsi sebagai kunci rahasia pengguna untuk melindungi domain yang dimiliki agar tidak dicuri oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Bentuk pencurian domain bisa dilakukan dengan mentransfer ke penyedia lain tanpa sepengetahuan pemiliknya.

Namun, bukan berarti transfer domain itu selalu dikaitkan dengan tindak kejahatan ya, Sobat Aksara.

Sebab, transfer domain sendiri dimaksudkan untuk memindahkan registrasi domain ke Registrar yang dikehendaki.

Nah, untuk memindahkan domain ini, Anda memerlukan kode EPP domain sebagai ‘kunci’ agar berhasil.

Jika tidak ada kode EPP domain, maka bukan tidak mungkin akan banyak orang yang kehilangan domain karena dipindah tanpa sepengetahuan pemilik yang asli.

Seperti apa ‘sih kode EPP domain itu? Yuk, ketahui cara mendapatkan kode EPP domain berikut ini.

Cara Mendapatkan Kode EPP Domain

Untuk dapat melihat kode EPP domain, Sobat Aksara tidak perlu repot-repot menghubungi customer service dari Registrar terkait.

Pada contoh kali ini, kami akan memberikan tutorial bagaimana cara mendapatkan kode EPP domain dari penyedia domain Qwords.

  • Pertama, pastikan Anda telah memiliki domain aktif di Qwords ya, Sobat Aksara
  • Kemudian, login ke portal Qwords untuk mengakses dasbor utama, atau klik tautan portal.qwords.com

Kode EPP domain adalah

  • Setelah muncul tampilan dasbor akun Qwords, pilih Domain

CARA MENDAPATKAN KODE EPP

  • Pada menu domain, klik ikon kunci berikut ini

DOMAIN

  • Gulir ke bawah seperti gambar di bawah ini, kemudian klik Get EPP Code

GET EPP

  • Ini adalah contoh kode EPP domain

KODE EPP DOMAIN ADALAH

Kira-kira begitulah cara mendapatkan kode EPP domain. Mudah, ‘kan? Lalu, apa yang terjadi jika kita memaksakan transfer domain tanpa memiliki kode EPP?

Transfer Domain Tanpa Kode EPP, Memangnya Bisa?

Tidak bisa, pasalnya memiliki kode EPP domain adalah syarat mutlak jika Anda ingin berpindah Registrar.

Jadi, jangan coba-coba untuk memindahkan domain milik orang lain tanpa sepengetahuannya, ya, karena cara itu tidak akan berhasil.

Ketika Sobat Aksara menemukan domain yang unik, segera daftarkan agar tidak didahului orang lain, sehingga Anda tidak perlu berusaha untuk mendapatkannya secara ilegal, contohnya seperti memaksa mentransfer domain.

Nah, untuk mendaftarkan domain yang unik, tidak ada salahnya untuk mampir ke website Aksara Data.

Di Aksara Data, Anda bisa menjadi reseller domain untuk meraih cuan hingga jutaan rupiah.

Yuk, daftar sekarang!

Beli Domain Murah di Sini

Jordy Prayoga Jordy loves to learn anything about SEO, digital marketing, and content writing on his mission to help people understand in the most simplest way. During his free time, he turns to be a mountain hiker.