Jordy Prayoga He enjoys creating clear and helpful content. In his free time, he loves to hike.

7 Ide Bisnis untuk Anak Muda, Nomor 5 Paling Cuan!

3 min read

Anak muda memiliki keunggulan waktu yang lebih banyak untuk mencoba hal-hal baru dalam hidupnya.

Salah satunya adalah bisnis. Pasalnya, sekarang ini, peluang bisnis semakin terbuka lebar setelah perkembangan teknologi begitu masif.

Anak muda sangat diuntungkan dengan situasi ini, mengingat mereka tumbuh dan berkembang pada era teknologi.

Kendati begitu, anak-anak muda perlu memahami peluang bisnis yang dapat mengantarkan mereka mendapatkan keuntungan.

Artikel ini akan mengulas beberapa ide bisnis untuk anak muda yang bisa dicoba. Simak sampai akhir, ya, Sobat Aksara!

Ide Bisnis untuk Anak Muda

Terdapat tujuh ide bisnis yang bisa dijalankan para anak muda berdasarkan tren yang berkembang saat ini.

1. Jasa Desain 

Ide bisnis anak muda yang pertama berkaitan erat dengan profesi desain grafis. Profesi ini menjadi salah satu yang dibutuhkan pada era digital seperti sekarang.

Di samping itu, Anda yang berprofesi sebagai desainer grafis bisa membuka jasa desain untuk mendapatkan pundi-pundi tambahan.

Sebab, jasa desain bisa dijalankan secara fleksibel. Kebutuhan jasa desain grafis biasanya lebih banyak untuk membuat desain untuk konten media sosial, aset untuk animasi, flyer, poster, dan masih banyak lagi.

Jadi, untuk mengisi waktu luang Anda, ide bisnis yang satu ini akan sangat menguntungkan tanpa perlu modal tambahan, mengingat biasanya para desainer sudah memiliki PC/komputer yang sesuai untuk mendukung pekerjaan tersebut.

2. Jasa Penulisan Artikel

Penulisan artikel SEO biasanya banyak dicari oleh perusahaan atau bisnis yang sedang membangun awareness melalui optimasi mesin pencari.

Perusahaan-perusahaan yang belum atau tidak merekrut penulis artikel akan memilih jasa penulisan artikel karena tidak terikat kontrak.

Apabila Anda memiliki kemampuan dan pengalaman membuat artikel, rasanya ide bisnis jasa yang satu ini sayang untuk Anda lewatkan.

Sama seperti jasa desain grafis, Anda bisa melakukannya secara fleksibel. Untuk tarifnya, jasa penulisan artikel akan dikenakan tarif per artikel.

3. Jasa Manajemen Media Sosial

Masih dalam lingkup digital marketing seperti penulisan artikel dan desain grafis, jasa pengelolaan media sosial juga sangat berpeluang untuk dijadikan bisnis pada saat ini.

Seperti yang diketahui, media sosial telah menjadi platform untuk branding dan menjangkau calon pelanggan oleh para brand dan banyak perusahaan di seluruh dunia.

Media sosial dianggap menjadi media yang sangat berpotensi besar untuk menjangkau pelanggan, karena hampir sebagian besar masyarakat saat ini memiliki akun media sosial.

Karenanya, muncul profesi yang secara khusus bertugas untuk mengoptimasi media sosial yang disesuaikan dengan karakter brand/perusahaan.

Anda bisa membuka jasa pengelolaan media sosial, seperti content editorial plan. Agar jasa yang ditawarkan dilirik, Anda perlu menyiapkan portofolio yang relevan.

Sebab, portofolio akan menunjukkan bahwa Sobat Aksara benar-benar layak dan mampu mengerjakan tugas-tugas yang diberikan.

4. Dropshipper

Sebagai dropshipper, Anda bekerja sama dengan pemasok atau produsen yang akan mengirimkan produk langsung kepada pelanggan atas nama Anda. 

Tidak hanya itu, nantinya Sobat Aksara harus bertanggung jawab untuk mempromosikan dan menjual produk-produk tersebut, sedangkan pemasok atau produsen akan mengurus proses pengiriman.

Keuntungan menjadi dropshipper adalah Anda tidak perlu modal besar untuk memulai bisnis ini. 

Anda juga tidak perlu mengurus stok barang, pengiriman, atau penyimpanan produk. Selain itu, bisnis ini dapat dijalankan secara online menggunakan platform seperti toko online atau media sosial, jadi Anda lebih leluasa untuk mengatur waktu kerja Anda sendiri.

Namun, Anda juga harus mencari penyuplai produk yang telah terbukti memiliki kualitas dari segi produk maupun pelayanannya.

5. Reseller Domain

Sama seperti reseller pada umumnya, Sobat Aksara akan berperan sebagai penjual produk untuk mencari keuntungan.

Domain adalah alamat digital yang biasanya digunakan untuk membuat website maupun alamat email bisnis.

Seiring berkembangnya teknologi, perkembangan teknologi dan perubahan tren mendorong permintaan domain semakin tinggi.

Karena itu, Anda bisa memanfaatkan peluang ini dengan menjadi reseller domain. Tidak perlu modal yang besar, karena dengan deposit mulai Rp1 juta, Anda sudah bisa mengambil keuntungan dari domain yang didaftarkan pelanggan.

Ada banyak domain yang bisa Anda tawarkan, mulai dari .id, .co.id, .com, dan masih banyak lagi.

Tertarik menjadi reseller domain? Daftarkan diri Anda di Aksara Data sekarang juga!

6. Bisnis Franchise

Ide bisnis untuk anak muda yang selanjutnya adalah menjalankan usaha dengan skema franchise atau waralaba.

Bisnis franchise sangat cocok bagi pemula yang belum memiliki modal yang besar. Pasalnya, skema waralaba menawarkan kerja sama bisnis menguntungkan dengan modal yang relatif terjangkau.

Selain itu, keuntungan menjadi pemilik waralaba adalah Anda dapat memanfaatkan merek yang sudah dikenal dan teruji, serta model bisnis yang sudah terbukti berhasil. 

Anda juga akan mendapatkan pelatihan, panduan operasional, dan dukungan pemasaran dari pemilik waralaba. Ini dapat membantu mengurangi risiko dan mempercepat pertumbuhan bisnis.

Beberapa contoh bisnis franchise yang kini populer adalah makanan, minuman, supermarket, apotek, dan sebagainya.

Besaran modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis franchise juga sangat beragam, mulai dari Rp5 juta hingga miliaran rupiah, tergantung seberapa besar merek dan potensi keuntungan yang didapatkan.

7. Bisnis Thrift Shop

Selanjutnya, ada bisnis thrift shop yang juga tak kalah menguntungkan. Aktivitas thrifting sedang naik daun di kalangan anak muda dengan berburu barang-barang bekas, mulai dari pakaian, sepatu, kaset, dan sebagainya.

Anak muda seringkali tertarik dengan konsep ini karena dapat menemukan barang-barang unik dengan harga terjangkau.

Anda bisa mencari dan membeli produk-produk bekas dengan harga murah, kemudian menjualnya dengan harga yang lebih tinggi. Untuk operasionalnya, bisnis thrift shop juga dapat dijalankan secara offline atau online, tergantung pada preferensi dan target pasar Anda.

Dalam menjalankan bisnis thrift shop, penting untuk memiliki keahlian dalam menilai kualitas dan nilai barang bekas. Anda juga perlu mencari lokasi toko yang strategis atau membangun kehadiran online yang kuat untuk menjangkau lebih banyak pelanggan. Selain itu, pastikan juga bahwa barang bekas yang Anda jual dalam kondisi baik dan bersih.

Demikianlah penjelasan mengenai ide bisnis untuk anak muda yang bisa Anda coba, sebagai anak muda. Setiap ide bisnis ini memiliki potensi untuk sukses, tetapi penting untuk melakukan riset pasar, mengembangkan strategi pemasaran yang efektif, dan mengelola bisnis dengan baik untuk mencapai kesuksesan. 

Selalu ingat untuk mempertimbangkan minat, keterampilan, dan tujuan Anda dalam memilih ide bisnis yang paling cocok bagi Anda. Selamat mencoba!

Jordy Prayoga He enjoys creating clear and helpful content. In his free time, he loves to hike.

Google Luncurkan Ekstensi Domain .ING, Daftar Segera!

Dunia ekstensi domain semakin bervariasi setelah Google Registry meluncurkan ekstensi baru, yakni .ing pada 5 Desember 2023. Itu artinya, Sobat Aksara punya lebih banyak...
Jordy Prayoga
2 min read

Yuk, Kenalan Dengan PT Aksara Data Digital!

Ketika ingin mendaftarkan nama domain, Sobat Aksara harus memilih registrar yang kredibel untuk mendapatkan layanan berkualitas. Ini sangat penting karena tanpa adanya peran registrar,...
Jordy Prayoga
2 min read

Menilik Peluang Jual-Beli Expired Domain, Memangnya Untung?

Jika Anda bergabung dalam berbagai forum atau grup seputar blog dan SEO, tak jarang ada sejumlah pengguna yang menawarkan expired domain. Tidak hanya itu,...
Jordy Prayoga
2 min read

Leave a Reply