Jordy Prayoga He enjoys creating clear and helpful content. In his free time, he loves to hike.

Mengenal Domain Forwarding dan Cara Mengaktifkannya

2 min read

Domain menjadi komponen wajib ketika Sobat Aksara membuat website. Tanpa memiliki domain, rasanya mustahil untuk bisa membuat dan mengakses website Anda.

Maka, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mendaftarkan nama domain ke Registrar tepercaya.

Ketika mendaftarkan nama domain, Sobat Aksara sebenarnya mendapatkan beberapa fitur tambahan yang sangat jarang diketahui para pengguna, salah satunya adalah domain forwarding.

Sebab, fitur ini tidak begitu diperlihatkan oleh Registrar. Namun, sebagian besar Registrar domain pasti memiliki fitur yang satu ini.

Lantas, apa fungsi domain forwarding, dan bagaimana cara mengaktifkan domain forwarding?

Apa Itu Domain Forwarding?

Domain forwarding adalah sebuah fitur yang dapat mengalihkan URL ke lokasi yang berbeda, dalam hal ini adalah website, halaman, subdomain, maupun port tertentu dengan menampilkan URL baru yang menjadi tujuannya. 

Penggunaan domain forwarding biasa ditemui oleh pemilik website yang memiliki beberapa domain sekaligus kemudian diarahkan ke website utama.

Misalnya, URL website utamanya adalah aksaradata.id. Untuk menghindari pengunjung salah mengetikkan nama domain karena suatu alasan (lupa, salah ketika, atau yang lainnya), maka sang pemilik website pun mendaftarkan beberapa domain sekaligus, seperti aksaradata.net, aksaradata.com, aksaradata.my.id, dan sebagainya dan mengarahkannya ke aksaradata.id.

Jadi, ketika mengakses dengan salah satu URL-nya, misalnya aksaradata.com, maka Anda akan diarahkan menuju aksaradata.id, dan URL-nya pun akan secara otomatis berubah menjadi aksaradata.id.

Selain mengarahkan ke halaman atau konten yang ada pada website utama, domain forwarding juga dapat digunakan untuk mengarahkan website atau halaman yang ada pada website lain.

Contoh lainnya adalah jika Anda mengakses salah satu domain termahal di dunia, yaitu VacationRentals.com, maka Anda kan diarahkan ke URL yang baru, yaitu vrbo.com dan URL pada kolom browser akan berubah menjadi vrbo.com.

Baca Juga: Domain Incaran Diambil Orang? Pakai Domain Backorder Saja!

Apakah Domain Forwarding Berbayar?

Bagi Sobat Aksara yang belum tahu, mungkin Anda bertanya-tanya apakah fitur ini berbayar.

Domain forwarding tidak berbayar. Domain forwarding adalah fitur yang bisa Anda gunakan secara gratis. Dengan catatan, Anda harus sudah mendaftarkan nama domain terlebih dahulu.

Jika sudah memiliki domain terdaftar, silakan ikuti tutorial setting domain forwarding berikut ini, yuk.

Cara Mengaktifkan Domain Forwarding

Cara mengaktifkan domain forwarding sangatlah mudah. Anda hanya perlu melakukannya dari laman client area.

Pada contoh tutorial kali ini, kami menggunakan domain yang terdaftar di Registrar Qwords.

  • Langkah pertama, silakan login ke portal client area melalui tautan www.portal.qwords.com atau klik tautan berikut ini.
  • Setelah berahsil login, Anda akan melihat tampilan beranda portal. Pada menu ini, klik Domains
beranda portal
  • Akan muncul domain yang terdaftar. Lalu, klik pada ikon kunci seperti pada gambar di bawah ini dan pilih Manage Domain.
menu domain
  • Gulir ke bawah hingga muncul menu fitur seperti di bawah ini. Anda akan melihat menu Domain Forwarder/URL Masking. Klik untuk melanjutkan.
Domain forwarding adalah
menu fitur domain
  • Sekarang, Anda bisa mengaktifkan domain forwarding dengan menambahkan URL target. Pada contoh kali ini, kami menggunakan URL profil media sosial Instagram milik Presiden Jokowi.
domain forwarding adalah
domain forwarding
  • Anda bisa menambahkan URL target yang mengarah ke landing page, marketplace, akun media sosial, dan sebagainya.
  • Jika sudah, silakan klik Submit.
  • Domain forwarder pun berhasil diaktifkan, dan Anda harus menunggu beberapa saat.

Dengan mengaktifkan domain forwarding, Anda telah berhasil untuk mengalihkan pengunjung ke lokasi yang Anda inginkan, dalam contoh ini adalah URL tertentu.

Baca Juga: Apa Itu Exact Match Domain? Masihkah Relevan di Tahun 2023?

Tertarik Mencoba Domain Forwarding?

Domain forwarding adalah fitur yang pasti tersedia di setiap Registrar domain. Sebagai pemilik domain aktif, tidak ada salahnya jika Sobat Aksara mencoba fitur ini.

Selain untuk tujuan tertentu, Anda bisa belajar lebih banyak hal baru mengenai fitur-fitur domain. Sebelum mendaftarkan domain, pastikan Registrar yang Anda pilih sudah tepercaya ya, Sobat Aksara.

Untungnya, di Indonesia sendiri telah banyak Registrar domain yang memiliki layanan berkualitas dengan harga yang terjangkau.

Beli Domain Murah di Sini

Salah satu Registrar yang bisa Anda coba adalah PT Aksara Data Digital. Di sini, Anda juga bisa mendaftar sebagai reseller domain untuk berpeluang meraih cuan hingga jutaan rupiah, lho.

Tunggu apa lagi, yuk segera daftarkan nama domain pilihan Anda! Jangan sampai domain incaran Anda didaftarkan orang lain. Selamat mencoba!

Jordy Prayoga He enjoys creating clear and helpful content. In his free time, he loves to hike.