Jordy Prayoga He enjoys creating clear and helpful content. In his free time, he loves to hike.

Mengenal Domain .CYOU, Siapa yang Cocok Menggunakannya?

2 min read

domain .cyou

Apabila Sobat Aksara berencana ingin membangun blog atau website untuk keperluan tertentu, maka pemilihan domain harus dipikirkan secara matang.

Sebab, domain menjadi langkah awal audiens dalam mengenal brand maupun perusahaan Anda secara online.

Nah, dalam memilih nama domain, Sobat Aksara tidak akan pernah terpisahkan dari yang namanya ekstensi domain (akhiran domain).

Beberapa di antara adalah .com, .id, hingga .net, yang kini banyak digunakan oleh pemilik website.

Di tengah banyaknya website yang telah menggunakan domain tersebut, Anda tetap dapat tampil beda dengan memilih ekstensi domain yang lain, lo!

Salah satunya, ada domain .cyou yang pasti terdengar asing di telinga Anda. Meski begitu, keberadaan .cyou semakin menambah pilihan Anda dalam menentukan alamat website yang unik dan menarik.

Ketahui apa itu domain .cyou dan peruntukannya melalui berikut ini, yuk, Sobat Aksara!

Apa Itu Domain .CYOU?

Domain .cyou (Baca: see you) adalah sebuah ekstensi yang termasuk dalam kategori new gTLD, dan dirilis pada Juni tahun 2020.

Secara umum, ekstensi domain yang satu ini juga dapat disejajarkan dengan .com yang notabene merupakan gTLD.

Untuk diketahui, letak perbedaan gTLD dengan new gTLD adalah pada tahun perilisan domain.

Dilansir dari beberapa sumber, ekstensi domain yang dirilis setelah tahun 2013 tergolong ke dalam new gTLD.

Sebagaimana dengan ekstensi generik lainnya, domain .cyou dapat didaftarkan tanpa perlu menyertakan syarat khusus, lo.

Walaupun semua orang dapat menggunakannya, tentu .cyou akan sangat cocok jika dipilih oleh orang-orang yang ‘tepat’.

Lantas, siapa yang sebaiknya menggunakan domain .cyou ini?

Ini Pengguna yang Cocok dengan Domain .CYOU!

Ekstensi .cyou sangat cocok bagi pengguna kalangan Gen Z atau para influencer, hingga mereka yang ingin menonjolkan kreatifitasnya dengan website.

Jadi, Anda bisa menggunakannya sebagai website portofolio, blog pribadi, atau email domain yang eye-catching untuk kebutuhan personal branding.

Saat ini, ada beberapa kondisi hal mana akan sangat membutuhkan personal branding. Adalah saat ingin melamar pekerjaan. Anda tentu ingin terlihat menonjol dibandingkan kandidat yang lain.

Nah, cara untuk menarik minat dan perhatian perekrut dengan cara yang elegan adalah membuat portofolio Anda semenarik mungkin.

Maka dari itu, portofolio dengan website yang berakhiran .cyou akan tampak lebih unik dibandingkan Anda menampilkan portofolio di platform pihak ketiga.

Itu baru salah satu contohnya. Belum lagi jika Sobat Aksara ingin membuat blog pribadi yang berisi cerita, opini, maupun hal lainnya.

Ditambah lagi, sekarang ini jumlah domain .com yang tersisa semakin menipis seiring tingginya jumlah pendaftar domain tersebut.

Kelebihan Domain .CYOU

Setelah mengetahui ulasan singkat mengenai pendahuluan domain .cyou, pasti di antara Sobat Aksara memiliki pandangan yang berbeda-beda.

Ada yang penasaran dan tertarik mencobanya, ada pula yang masih enggan karena masih ragu dengan kualitasnya.

Nah, bagi Anda yang masih ragu dengan domain .cyou, kami telah mengulas beberapa kelebihan domain yang satu ini. Perhatikan baik-baik, ya!

1. Unik

Kelebihan domain .cyou yang pertama adalah keunikannya dibandingkan beberapa ekstensi yang lain, seperti .com atau .net yang sangat umum digunakan.

Ketika menggunakan domain ini, tidak sedikit orang yang penasaran dengan isi website Anda.

Inilah juga bisa menjadi hook potensial dalam menarik perhatian audiens melalui domain. 

2. Fleksibel

Ekstensi domain sejatinya adalah identitas yang membantu memperkuat identitas website. Misalnya, domain .ponpes.id hanya akan cocok dipakai untuk website milik pondok pesantren.

Begitu pun .sch.id untuk sekolah, atau .news untuk situs berita. Namun, tidak dengan .cyou. Domain ini cenderung lebih fleksibel digunakan untuk berbagai jenis website.

Artinya, Anda bisa berkreasi secara lebih leluasa dengan domain .cyou tanpa khawatir dengan batasan-batasan yang berkaitan dengan branding.

3. SEO Friendly

Sudah susah-susah memiliki website, tetapi tidak bisa ditemukan di Google karena ekstensi domain yang dipakai tidak SEO friendly?

Segera beralih ke ekstensi domain lainnya, dan .cyou jadi pilihan yang tepat buat Anda. Sebab, kini telah banyak situs yang menggunakan akhiran .cyou dan bisa dengan mudah ditemukan di Google.

Ini menandakan bahwa .cyou sudah sangat SEO friendly, dan Google menganggapnya seperti ekstensi gTLD lainnya, termasuk .com.

Untuk melakukan pengecekan, silakan tik site:.cyou di Google. Lalu, Anda bisa menemukan sederet situs beralamat .cyou yang ditampilkan.

4. Masih Tersedia Banyak Nama

Selanjutnya, ketersediaan nama domain menjadi kelebihan .cyou yang keempat. Karena domain ini masih baru, otomatis pendaftarnya belum bisa menyamai atau bahkan menyalip .com yang lebih dulu rilis pada 1985 silam.

Sebabnya, Sobat Aksara masih punya banyak pilihan nama domain yang cantik dan menarik dengan ekstensi .cyou.

Jika Anda menemukan ide nama domain yang cantik dan eye-catching, segera periksa sebelum didahului orang lain mengingat sistem pendaftaran domain adalah siapa cepat dia yang dapat.

Tertarik Menggunakan Domain .CYOU?

Semakin lama, pilihan ekstensi domain semakin beragam. Memberikan Anda opsi yang lebih menarik ketika ingin menciptakan identitas digital.

Khususnya bagi pemula, alamat website yang ada di benak mereka tidak hanya sebatas .com atau .net semata, melainkan lebih dari itu.

Ada lebih dari 1000+ ekstensi domain yang bisa digunakan, dan .cyou meliputi salah satunya. 

Bagaimana, apakah Sobat Aksara tertarik menggunakan domain .cyou setelah mengetahui kelebihannya?

Tulis tanggapan Anda melalui kolom komentar di bawah ini, ya. Jika masih ragu, silakan bertanya dan kami akan menjawabnya!

Jordy Prayoga He enjoys creating clear and helpful content. In his free time, he loves to hike.

Menilik Peluang Jual-Beli Expired Domain, Memangnya Untung?

Jika Anda bergabung dalam berbagai forum atau grup seputar blog dan SEO, tak jarang ada sejumlah pengguna yang menawarkan expired domain. Tidak hanya itu,...
Jordy Prayoga
2 min read

Leave a Reply