Jordy Prayoga He enjoys creating clear and helpful content. In his free time, he loves to hike.

7 Contoh Produk Digital yang Laris Manis, Cocok untuk Bisnis

2 min read

Pada era serba online ini, tanpa disadari telah banyak produk digital yang menjadi kebutuhan banyak orang.

Salah satu produk digital yang paling dekat dan sering dibutuhkan adalah pulsa.

Lebih jauh lagi, produk digital sekarang ini begitu banyak jenis-jenisnya, dan rupanya ini membuka peluang untuk membuka bisnis produk digital.

Pasalnya, menjual produk-produk digital memungkinkan Anda untuk mengelolanya secara fleksibel, tidak seperti ketika harus menjual produk fisik.

Lantas, apa saja contoh produk digital yang laris manis di pasaran, dan peluangnya menguntungkan? Anda bisa mengetahuinya melalui penjelasan berikut ini!

1. Pulsa

Seperti yang kita tahu, pulsa menjadi produk yang sangat penting dalam kehidupan pada era saat ini.

Dengan pulsa, Anda bisa melakukan panggilan telepon, mengirimkan SMS, atau juga membeli layanan paket internet.

Selain pulsa elektronik, ada pula pulsa listrik yang secara khusus diperuntukkan untuk membayar pemakaian listrik pada mesin meter prabayar.

Dua jenis pulsa tersebut menjadi salah satu produk digital yang dicari hampir setiap saat. Maka tidak heran jika banyak gerai/toko yang menyediakan penjualan pulsa, entah itu pulsa listrik maupun elektronik.

2. Domain

Contoh produk digital yang laris manis selanjutnya ini tidak begitu populer layaknya produk lainnya, seperti pulsa.

Sederhananya, domain adalah alamat yang biasanya digunakan untuk membuat website.

Sebagai pengguna internet, tentu Anda kerap mencari informasi yang disediakan oleh suatu website.

Nah, biasanya nama domain yang digunakan adalah menggunakan akhiran .com, .id, atau .net.

Meskipun tidak sepopuler layaknya produk digital lainnya, tetapi sekarang ini permintaan domain selalu meningkat setiap waktu. Hal itu dibuktikan dengan laporan Internet Live Stat, yang mencatat bahwa jumlah website yang ada di internet mencapai 1.7 miliar pada tahun 2016. Angka itu pun tentunya akan meningkat.

Di samping itu, kepemilikan nama domain bersifat tunggal membuat siapa saja harus segera mendaftarkannya jika tidak ingin ‘diserobot’ orang lain.

Untuk diketahui, harga domain yang paling murah saat ini berada di angka Rp12 ribu per tahun.

Jika Anda ingin memanfaatkan peluang ini, Anda bisa mendaftar sebagai reseller domain.

3. Lisensi Software/Game

Lisensi software/game adalah produk digital yang memberikan akses atau hak penggunaan terhadap software atau game tertentu. 

Saat ini, banyak pengguna yang mencari software atau game yang dapat membantu mereka dalam pekerjaan, hiburan, atau pengembangan pribadi. Bisnis yang menjual lisensi software atau game dapat menjadi ide yang menguntungkan, terutama jika Anda dapat menawarkan produk-produk yang populer dan diminati oleh banyak orang.

4. Template Desain

Selanjutnya, ada produk digital yang menyediakan template desain yang menyediakan kerangka atau panduan untuk membuat desain grafis, presentasi, website, atau yang lainnya. 

Template desain sangat diminati oleh individu atau bisnis yang ingin membuat tampilan profesional tanpa harus membuat desain dari awal. 

Dengan pengetahuan desain yang baik dan kemampuan untuk menciptakan template yang menarik dan fungsional, Anda bisa menjual template desain yang laris manis dan mendapatkan penghasilan yang stabil.

5. Preset Foto

Hampir serupa template desain, preset foto adalah filter khusus yang digunakan untuk memodifikasi dan meningkatkan tampilan foto dengan cepat. 

Banyak fotografer amatir maupun profesional yang mencari preset foto untuk memberikan sentuhan unik pada foto-foto mereka secara konsisten tanpa perlu melakukannya satu per satu. 

Untuk menjual preset foto, Anda dituntut memiliki kemampuan editing foto yang baik dan pemahaman tentang estetika visual, sehingga Anda bisa membuat preset foto yang menarik dan menjualnya kepada orang lain.

6. E-book/E–Learning

Jika dahulu seseorang yang ingin belajar bisa membeli buku ke toko buku, maka sekarang tren itu berkembang dengan adanya e-book/e-learning.

E-book atau e-learning merujuk pada konten digital dalam bentuk buku elektronik atau materi pembelajaran online. Dalam era digital ini, banyak orang yang mencari cara untuk belajar dan mengakses informasi dengan cepat dan mudah. 

Jika Anda memiliki pengetahuan atau keahlian dalam suatu bidang tertentu, Anda bisa mencoba membuat e-book atau materi e-learning yang informatif dan menarik untuk dijual kepada audiens yang tertarik dengan subjek tersebut.

7. Tool Online

Tool online adalah aplikasi atau perangkat lunak yang digunakan secara online untuk membantu pengguna dalam tugas atau aktivitas tertentu. 

Misalnya, tool untuk manajemen proyek, analisis data, atau desain grafis. Jika Anda memiliki kemampuan teknis dan dapat mengembangkan tool online yang inovatif dan bermanfaat, Anda dapat menjual akses ke tool tersebut kepada individu atau bisnis yang membutuhkannya. 

Selain itu, beberapa platform juga memungkinkan Anda untuk bergabung menjadi reseller maupun afiliator.

Mengingat banyaknya kebutuhan untuk efisiensi dan produktivitas dalam dunia digital, penawaran tool online yang praktis dapat menjadi ide bisnis yang menguntungkan.

Nah, itulah ketujuh contoh produk digital yang sampai saat ini sangat laris manis dan memiliki pasar yang sangat luas.

Dengan mengandalkan kreativitas untuk menjual produk-produk digital di atas, Sobat Aksara bisa berkesempatan mendapatkan keuntungan yang besar. Jadi, siapkah Anda memulai bisnis produk digital?

Jordy Prayoga He enjoys creating clear and helpful content. In his free time, he loves to hike.

Google Luncurkan Ekstensi Domain .ING, Daftar Segera!

Dunia ekstensi domain semakin bervariasi setelah Google Registry meluncurkan ekstensi baru, yakni .ing pada 5 Desember 2023. Itu artinya, Sobat Aksara punya lebih banyak...
Jordy Prayoga
2 min read

Yuk, Kenalan Dengan PT Aksara Data Digital!

Ketika ingin mendaftarkan nama domain, Sobat Aksara harus memilih registrar yang kredibel untuk mendapatkan layanan berkualitas. Ini sangat penting karena tanpa adanya peran registrar,...
Jordy Prayoga
2 min read

Menilik Peluang Jual-Beli Expired Domain, Memangnya Untung?

Jika Anda bergabung dalam berbagai forum atau grup seputar blog dan SEO, tak jarang ada sejumlah pengguna yang menawarkan expired domain. Tidak hanya itu,...
Jordy Prayoga
2 min read

Leave a Reply