WordPress: Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangannya 

3 min read

wordpress adalah

Jika Sobat Aksara berada di artikel ini, kemungkinan besar Anda sedang dalam proses pencarian software terbaik untuk membangun website pertama Anda.

Dan menggunakan WordPress adalah pilihan yang sangat tepat sebab sangat mudah untuk dioperasikan, bahkan bagi orang awam. 

Hal tersebut menjadikan WordPress sebagai software yang paling populer untuk membangun website.  

Menurut data yang disadur dari W3Techs, pada tahun 2022 ada 43,3% website di dunia yang menggunakan WordPress. 

Jumlah tersebut bahkan lebih tinggi dari tahun 2021 yang hanya mencapai angka 39.5%. 

Nah, untuk mengenal lebih jauh tentang WordPress, silakan simak artikel di bawah ini hingga tuntas.

Anda akan mendapatkan jawaban tentang apa itu WordPress, daftar kelebihan, hingga daftar kekurangannya. 

Selamat  membaca!

Apa Itu WordPress?

WordPress adalah sebuah CMS (Content Management System) yang dapat dimanfaatkan untuk membangun dan mengelola sebuah website tanpa harus menguasai ilmu pemrograman.

CMS ini pun sifatnya open source, di bawah naungan lisensi GPLv2, sehingga bisa digunakan dan dimodifikasi oleh masyarakat umum secara gratis. 

Sedangkan bahasa pemrograman yang digunakan untuk membangun WordPress adalah PHP dengan database MySQL.

Pada masa itu, WordPress merupakan software yang hanya bisa dimanfaatkan untuk membuat blog. 

Dewasa ini, WordPress sudah berevolusi menjadi sebuah software yang dapat digunakan untuk membuat berbagai jenis website sesuai keperluan, mulai dari blog pribadi, website portofolio, website profesional, toko online, aplikasi mobile, dan lain sebagainya. 

Sejarah Singkat WordPress

wordpress adalah

WordPress diluncurkan oleh Matt Mullenweg dan Mike Little pada tahun 2004. 

Mulanya, Matt Mullenweg yang masih berstatus sebagai pelajar memasang sistem b2 atau cafelog blogging untuk keperluan personal. 

Sayangnya, karena suatu permasalahan, pencipta b2/cafelog berhenti membuat update dan meninggalkan komunitas tersebut.

Karena hal tersebut, akhirnya Mullenweg memutuskan untuk membuat cabang baru dari b2 menggunakan SourceForge dengan melakukan forking bersama dengan Mike Little. 

Kemudian Christine Tremoulet, teman dari Matt, memberikan usulan untuk memanggil program buatan Matt dan Mike dengan nama WordPress. 

Versi pertama WordPress yaitu WordPress 0.7 akhirnya dirilis pada tanggal 27 Mei 2003. Kemudian dilanjutkan dengan peluncuran WordPress 1.0 pada bulan Januari 2004 yang juga dikenal dengan nama Davis Version.  

Sejak tahun 2004, WordPress mengalami perkembangan yang masif dan didukung oleh banyak komunitas dengan anggota mencapai ribuan orang. 

Para developer yang bekerja secara sukarela secara remote untuk mengembangkan WordPress memiliki agenda khusus untuk bertatap muka di sebuah konferensi yang disebut WordCamp. 

Jenis WordPress

WordPress menyediakan dua jenis alamat yang berbeda untuk pengguna, yaitu WordPress.com dan WordPress.org. 

1. WordPress.com

WordPress.com adalah situs yang memberikan layanan secara gratis kepada pihak-pihak yang ingin membangun website. 

Anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk membayar hosting  maupun domain karena sudah difasilitasi sepenuhnya oleh WordPress. 

Sayangnya, layanan ini memiliki banyak batasan yang membuat pemilik website kurang leluasa dalam melakukan pengaturan websitenya. 

Batasan pertama yang terlihat sangat jelas adalah pada ekstensi domainnya. 

Apabila menggunakan layanan ini, alamat website Anda akan menjadi namadomainanda.wordpress.com yang tentu saja telihat kurang profesional. 

Kekurangan selanjutnya terletak pada kapasitas disk hostingnya yang kecil, yaitu sebesar 3 GB. 

Batasan ini juga berlaku pada tampilan dan plugin website, dimana Anda tidak bisa memasang plugin tambahan maupun menggunakan tema selain yang telah disediakan. 

Untuk itu, dapat dikatakan, layanan dari WordPress.com lebih cocok digunakan untuk belajar membuat website saja. 

2. WordPress.org

Walaupun sama-sama dapat digunakan secara gratis, namun Anda perlu biaya untuk membeli domain dan hosting Anda sendiri ketika menggunakan layanan dari WordPress.org. 

Sehingga Anda bebas menentukan nama domain beserta ekstensinya, begitu juga dengan paket hostingnya. Anda bisa menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan. 

Pengguna layanan WordPress.org juga memiliki kebebasan untuk memasang plugin dan tema sesuai keinginan serta kebutuhan.  

Kelebihan WordPress

wordpress adalah

Berikut kelebihan yang disuguhkan oleh WordPress: 

1. Open Source – karena bersifat open source, Anda bisa menggunakan menggunakan software WordPress dengan gratis dan memodifikasinya sesuai kebutuhan. 

2. Proses Instalasi Mudah – WordPress menawarkan proses instalasi yang mudah, tidak seperti CMS lain yang masih menuntut sedikit-banyak  ilmu pengetahuan pemrograman untuk menggunakannya. 

3. Mudah Dikelola – untuk melaksanakan tugas harian seperti mengunggah dan menyunting konten, menambah user, mengganti foto profil, menambah plugin, mengganti tema dan lain sebagainya, Anda tidak memerlukan pengetahuan tentang ilmu pemrograman. 

4. SEO Friendly – penggunaan CMS WordPress dianggap lebih SEO friendly sebab ia memiliki berbagai plugin penunjang SEO yang dapat digunakan, baik secara gratis maupun berbayar. 

5. Komunitas Besar – banyaknya website yang menggunakan WordPress membuat komunitasnya tersebar luas di berbagai negara. Sehingga saat mengalami kendala, Anda akan lebih mudah dalam mencari pihak yang bisa memberikan solusi.

Kekurangan WordPress

Seperti segala hal lain yang ada di dunia, WordPress juga memiliki beberapa kekurangan, antara lain: 

1. Keamanan yang rendah – karena banyaknya pengguna WordPress di seluruh dunia, ia menjadi rentan terhadap peretasan. Untuk itu, Anda disarankan untuk menggunakan plugin keamanan yang powerful. 

2. Bug – sebagian besar plugin dan tema WordPress dikembangkan oleh pihak ketiga. Hal tersebut membuatnya rentan dari bug. Untuk menghindarinya, sangat disarankan untuk membaca review sebelum memasang plugin atau tema baru. 

Penutup

Sekarang Sobat Aksara pasti telah memahami dengan baik apa itu WordPres beserta kelebihan dan kekurangannya. 

Apakah kini Anda tertarik untuk menjadi bagian dari 43.3% website yang berjalan dengan software WordPress?

Kemudian, jika Anda memutuskan untuk memakai layanan dari WordPress.org, Anda bisa menggunakan ekstensi domain premium atau ekstensi domain populer agar website terlihat profesional.

Dan jika Anda menyasar pasar lokal, Anda bisa memanfaatkan ekstensi domain Indonesia agar website Anda lebih mudah untuk ditemukan oleh pengguna internet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *