Jordy Prayoga He enjoys creating clear and helpful content. In his free time, he loves to hike.

Ini Cara Mengetahui Tema Website Orang Lain, 100% Mudah!

3 min read

cara mengetahui tema wordpress orang lain

Ketika membangun website khususnya yang berbasis WordPress, Sobat Aksara perlu memikirkan tema yang menarik dan tentunya optimal dari sisi user experience.

Anda bisa mencari referensi tema dengan mengunjungi website lain. Jika sudah menemukan website dengan tema yang menarik, tentu hal ini akan membuat Anda tertarik untuk menggunakannya.

Lalu, bagaimanakah cara mengetahui tema website lain tersebut agar Anda juga bisa menggunakannya?

Sobat Aksara perlu mengetahui nama tema atau setidaknya pengembang yang membuat tema tersebut agar Anda bisa mencarinya sendiri.

Nah, artikel ini akan membantu Anda mengetahui cara mengetahui tema website orang lain dengan mudah. Pastikan Anda membacanya hingga akhir agar bisa mempraktikannya!

Cara Mengetahui Tema WordPress Orang Lain

WordPress menjadi platform website yang paling banyak digunakan oleh website di internet. Menurut statistik Kinsta, tercatat sebanyak 43% website kini telah berbasis WordPress.

Selain karena kemudahannya, WordPress banyak disukai karena dukungan temanya yang sangat banyak.

Ditambah lagi, Anda bisa mengetahui tema WordPress yang digunakan oleh website lain, yang mana tindakan ini tidaklah ilegal sama sekali.

Ada beberapa tool yang bisa dipakai, atau juga Anda bisa melakukannya secara manual. Tanpa berlama-lama lagi, pelajari cara mengetahui tema WordPress berikut ini, yuk!

Baca Juga: Cara Membuat Portofolio untuk Content Writer dengan Mudah!

A. Secara Manual

Cara mengetahui tema WordPress orang lain bisa Anda lakukan secara manual. Artinya, Anda tidak memerlukan tool sama sekali.

  • Buka website dengan tema yang ingin Anda cari tahu namanya. 
  • Arahkan kursor Anda pada halaman website, kemudian klik kanan dan pilih View page source.

cara mengetahui tema wordpress orang lain

  • Kemudian, Sobat Aksara akan melihat tampilan seperti berikut ini.

Gambar 2

  • Klik CTRL + F lalu ketik wp-content/themes. Nantinya, Anda akan melihat nama tema WordPress yang digunakan pada website tersebut.

cara mengetahui tema wordpress orang lain

  • Voila, tema WordPress yang digunakan oleh website tersebut adalah Mediumish. Mudah ‘kan?

Itulah cara manual dalam mengetahui tema WordPress orang lain. Selanjutnya, Sobat Aksara juga bisa menggunakan tool theme detector seperti di bawah ini.

B. Menggunakan Theme Detector

Ada banyak tool yang bisa membantu Anda untuk mengetahui tema website berbasis WordPress. 

Namun, kami akan merangkum lima tool yang bisa Sobat Aksara jadikan pilihan dalam mencari tahu tema website yang diinginkan.

1. ScanWP

cara mengetahui tema wordpress orang lain

ScanWP adalah tool pendeteksi tema WordPress orang lain dengan sajian data yang cukup lengkap.

Anda akan mendapatkan informasi mengenai nama tema yang digunakan, nama pengembang tema, tag tema, persentase pengguna, tautan yang mengarahkan langsung ke tema tersebut, dan masih banyak lagi.

Selain itu, ScanWP juga mampu mendeteksi hosting dan plugin yang ada pada suatu website. Jadi, Anda benar-benar akan memiliki referensi yang sangat dalam mengenai sebuah website.

2. WP Theme Detector

WP THEME DETECTOR

Tool berikutnya adalah WordPress Theme Detector. Hampir sama dengan ScanWP, WP Theme Detector juga akan menampilkan informasi detail mengenai tema website, mulai dari nama tema, pengembang, jenis lisensi.

WP Theme Detector juga mampu mengetahui kapan perubahan tema dilakukan oleh pemilik website.

Tak mau kalah, Sobat Aksara juga bisa melihat plugin yang terpasang pada website orang lain dengan tool ini.

Baca Juga: Cara Menjual Domain dengan Mudah, Dijamin Untung Banyak!

3. What Theme by CodeinWP

What Theme by CodeinWP

Tool gratis besutan CodeinWP ini mungkin tidak kaya fitur seperti ScanWP atau WP Theme Detector.

Namun, Anda tetap bisa mendapatkan detail informasi mengenai tema pada suatu website.

Lagi pula, yang Sobat Aksara perlukan hanyalah mengetahui nama tema, sehingga CodeinWP tidak menambahkan fitur-fitur yang lain.

Dengan tampilan yang simple dan clean, informasi yang ditampilkan pun akan mudah untuk diterima.

4. What WordPress Theme Is That

What WordPress Theme Is That

Nama tool ini memang terdengar seperti kalimat tanya, yang artinya “Tema WordPress apakah itu?”. 

Ya, itu adalah nama dari tool pendeteksi tema yang bisa membantu Anda mengidentifikasi tema WordPress.

Fiturnya mirip dengan WP Theme Detector, yaitu menyajikan informasi tema seperti pengembang tema, versi tema, jenis lisensi, sampai plugin yang digunakan pada suatu website.

5. WordPress Theme Detector by Satori

WordPress Theme Detector by Satori

Di urutan kelima, ada WordPress Theme Detector by Satori yang tampil minimalis. Dengan fitur utama yaitu menampilkan informasi tema, tool ini sangat mudah bahkan bagi pemula sekalipun.

Meski tidak tersedia fitur tambahan lain seperti beberapa tool di atas, tetapi apa yang diberikan oleh WP Theme Detector by Satori sudah memberikan informasi yang sebenarnya Anda cari, yakni mengetahui tema WordPress orang lain.

Itulah kelima tool yang bisa Anda manfaatkan untuk mengetahui tema WordPress orang lain. Semua tool di atas bisa Anda gunakan secara gratis. Menarik, bukan?

Baca Juga: Cara Ganti Domain di WordPress.com dengan Mudah dan Cepat

Sudah Tahu Cara Mengetahui Tema Website Orang Lain?

Mencari referensi tema WordPress dari website lain bukanlah tindakan yang salah. Berbeda kasusnya dengan plagiarisme yang jelas melanggar hukum.

Untuk mengidentifikasi tema WordPress orang lain, Sobat Aksara bisa menggunakan dua metode, yakni manual atau pun menggunakan theme detector.

Jadi, bila ingin membangun website dan bingung memilih tema, sekarang Anda bisa mengetahui tema website orang lain dengan cara yang telah Aksara Data berikan!

Namun, sebelum membangun website, tentu Anda akan harus menyiapkan komponen website lainnya yang tak kalah penting, salah satunya adalah domain.

Domain akan memudahkan pengunjung ketika ingin menemukan website Anda. Pilihlah nama domain yang mudah diketik, diucapkan, dan tentunya mudah diingat.

Karena pendaftaran nama domain menggunakan prinsip “siapa cepat dia dapat”, segera daftarkan nama domain incaran Anda sebelum didaftarkan orang lain.

Di mana Anda bisa mendaftarkan nama domain? Ada banyak penyedia domain murah di Indonesia, salah satunya adalah Aksara Data.

Di sini, Sobat Aksara bisa mendapatkan domain mulai dari Rp10.000 saja per tahunnya, lho. Yuk, daftarkan domain Anda sekarang!

Daftarkan Domain Anda di Sini!

Jordy Prayoga He enjoys creating clear and helpful content. In his free time, he loves to hike.