Manajemen sangat dibutuhkan dalam menjalankan berbagai aktivitas sehari-hari agar semua berjalan secara teratur dan dapat mencapai tujuan yang diinginkan.
Sama halnya dalam menjalani bisnis, Anda perlu menerapkan sistem manajemen yang baik agar proses produksi, pemasaran, dan evaluasi berjalan lancar secara terstruktur.
Sehingga tercapailah cita-cita panjang perusahaan yang telah disusun sejak awal.
Mari kita simak hingga tuntas artikel di bawah ini untuk mengetahui apa saja fungsi manajemen dalam suatu bisnis sambil berkenalan dengan salahs satu sosok pencetusnya!
Apa Itu Manajemen?
Manajemen adalah upaya mengatur sumber daya dalam suatu organisasi atau bisnis guna mendapatkan pola kerja yang efektif dan efisien untuk mencapai hasil yang ditargetkan.
Sedangkan orang yang bertugas untuk mengatur sumber daya disebut sebagai manajer.
Unsur-Unsur dalam Manajemen
Di dalam suatu aktivitas manajemen ada beberapa unsur sumber daya yang diatur, meliputi:
1. Man
Man atau sumber daya manusia merupakan unsur yang paling utama dalam manajemen.
Setiap manusia di dalamnya akan memiliki andil dalam keberhasilan atau kegagalan dalam menjalankan sistem yang telah disusun.
2. Money
Money atau uang menjadi unsur terpenting kedua yang berperan sebagai bahan bakar pemutar bisnis alias modal.
Uang merupakan hal yang sangat krusial dalam suatu bisnis sehingga harus diatur dengan sebaik mungkin.
Jika manajemen keuangan buruk, cepat atau lambat bisnis yang Anda bangun akan runtuh.
3. Material
Material merupakan bahan baku dalam suatu bisnis dan diadakan melalui unsur uang.
Tanpa pengaturan penggunaan material yang baik, sebuah perusahaan dapat mengalami kerugian secara signifikan.
4. Machine
Machine atau mesin merupakan unsur dalam manajemen yang perlu diatur penggunaanya.
Jika mesin tidak dimanfaatkan secara optimal, keberadaannya akan sia-sia.
5. Methods
Methods yang dalam Bahasa Indonesia berarti metode merupakan unsur yang perlu disusun dengan seksama oleh manajer dan dijalankan dengan baik oleh SDM.
Metode yang baik akan membuahkan efektifitas dan efisiensi kerja dengan hasil yang maksimal.
6. Market
Unsur manajemen yang terakhir adalah pasar.
Pengaturan pasar mana yang hendak dituju merupakan hal penting yang akan menentukan tinggi rendahnya penjualan hasil produksi.
Baca juga: Definisi & Peran Content Marketing Bagi Kemajuan Bisnis
Fungsi Manajemen oleh Henri Fayol
Henri Fayol (1841-1925) merupakan pria asal Ottoman yang dibesarkan di Prancis dan secara umum dikenal sebagai bapak manajemen modern.
Fayol memulai karirnya sebagai ahli pertambangan untuk perusahaan bernama Boigues Rambourg.
Pada tahun 1888, ia diangkat menjadi Direktur Manajemen dan berhasil menyelamatkan perusahaan dari kebangkrutan.
Bahkan ia berhasil menjadikan Boigues Rambourg salah satu perusahaan terbesar di Prancis yang bergerak di bidang besi dan baja.
Kesuksesannya dalam menjalankan perusahaan membuat Henri Fayol tergerak untuk menerbitkan berbagai teori terkait manajemen melalui sebuah karya tulis di tahun 1908.
Kumpulan dari berbagai teori dan hasil kerjanya kemudian disatukan dalam sebuah buku dengan judul “Administration Industrielle et Generale” yang diterbitkan pada tahun 1916.
Ada tiga manajemen teori yang diusung oleh Henri Fayol, antara lain:
- 6 Aktivitas Industrial
- 5 Fungsi Manajemen
- 14 Prinsip Manajemen
Nah, pada pembahasan kali ini, kami akan mengajak Sobat Aksara untuk mendalami 5 fungsi manajemen yang telah dirumuskan oleh Henri Fayol.
Penjelasan Fungsi Manajemen
Henri Fayol mengidentifikasikan 5 fungsi manajemen antara lain planning, organizing, commanding, coordinating, dan controlling.
Meski 5 fungsi manajemen dicetuskan seratus tahun yang lalu, namun teori tersebut tetap relevan untuk diterapkan pada masa kini.
Fayol juga menjelaskan bahwa kelima fungsi tersebut bersifat universal, sehingga setiap orang dapat menerapkannya dalam menjalankan bisnis.
1. Planning
Planning atau sering juga disebut sebagai “plan of action” merupakan proses perencanaan visi-misi perusahaan.
Visi merupakan cita-cita jangka panjang perusahaan, sedangkan misi merupakan cara yang ditempuh guna mencapai cita-cita tersebut.
Fayol mengatakan bahwa planning merupakan proses yang paling sulit sebab menentukan setiap langkah yang diambil oleh seluruh departemen dalam suatu perusahaan.
Langkah tersebut juga akan secara langsung mempengaruhi masa depan perusahaan.
Untuk membuat perencanaan yang baik, seorang manajer harus mempertimbangkan berbagai jenis sumber daya, baik yang berwujud maupun tidak berwujud.
Selain itu, manajer juga perlu membuat pertimbangan berdasarkan proses pekerjaan yang sedang berjalan dan perkiraan tren di masa depan.
Ada 4 kriteria yang perlu dipenuhi sehingga sebuah perencanaan disebut baik yaitu unity (kesatuan), continuity (keberlanjutan), flexibility (fleksibilitas), dan specificity (spesifikasi).
Fungsi perencanaan sangat penting bagi perusahaan sebab:
- dapat menjadi pedoman dalam mencapai tujuan perusahaan,
- dapat menjadi pedoman dalam setiap pengambilan keputusan,
- dapat digunakan untuk menghindari resiko yang mungkin terjadi di masa depan,
- dapat mempermudah proses pengawasan dan evaluasi.
2. Organizing
Organizing merupakan pengaturan dan pembagian sumber daya yang ada agar tujuan perusahaan dapat tercapai.
Untuk memenuhi fungsi ini, ada upaya pembagian SDM yang perlu dijalankan, antara lain:
- identifikasi pekerjaan,
- klasifikasi pekerjaan,
- koordinasi pekerjaan,
- evaluasi pekerjaan,
- delegasi kewenangan dan tanggung jawab.
Berbagai upaya tersebut dilakukan guna memenuhi kebutuhan tenaga kerja ahli tiap-tiap departemen yang ada.
3. Commanding (Pengarahan)
Commanding merupakan fungsi pengarahan dalam proses kerja sehari-hari supaya pekerjaan yang ada dapat terselesaikan dengan baik.
4. Controlling (Pengendalian)
Controlling berperan sebagai fungsi pengawasan untuk memastikan semua pekerjaan selesai dikerjakan sesuai arahan.
Begitu juga barang atau jasa yang diproduksi, fungsi kontrol digunakan untuk memastikan kualitas sesuai dengan standar yang telah ditentukan.
5. Coordinating (Pengkoordinasian)
Coordinating adalah fungsi untuk membuat hubungan kerja antar individu maupun antar divisi agar terjadi sinergi yang apik.
Sehingga tidak terjadi kekacauan komunikasi, kekosongan pekerja yang tidak terbackup, dan lain sebagianya.
Baca juga: Model Bisnis Kanvas dan Tips Membuatnya
Penutup
Itulah penjelasan tentang fungsi manajemen bagi Bisnis Anda dilihat dari teori Henri Fayol.
Jika kelima fungsi tersebut terpenuhi, bisnis Anda akan memiliki struktur yang lebih kokoh, metode produksi yang baik, proses pemasaran yang terarah, dan tujuan yang jelas.
Untuk membuat bisnis Anda semakin bersinar, jangan lupa untuk membuat website dengan domain premium agar terlihat lebih kredibel dan profesional.
Dengan memiliki website Anda dapat menjangkau lebih banyak konsumen tanpa halangan jarak dan waktu.