Jordy Prayoga He enjoys creating clear and helpful content. In his free time, he loves to hike.

Mengenal Domain .MIL.ID, Domain untuk Website Militer!

3 min read

domain mil.id

Domain menjadi bagian penting dalam website karena akan memudahkan pengguna ketika ingin mengaksesnya.

Ada banyak nama domain yang bisa digunakan untuk membuat website. Namun, tahukah Sobat Aksara bahwa ada domain yang hanya bisa digunakan oleh pihak tertentu?

Ya, salah satunya adalah domain .mil.id, nama domain yang digunakan untuk organisasi/lembaga militer.

Seperti yang diketahui, banyak instansi di bawah Pemerintah Republik Indonesia yang memiliki website, tetapi khusus untuk bidang militer dan pertahanan menggunakan alamat domain yang berbeda jika Anda perhatikan, yaitu .mil.id.

Kira-kira, mengapa lembaga militer di Indonesia menggunakan domain mil.id, ya? Simak pembahasannya berikut ini, yuk, Sobat Aksara!

Apa Itu Domain .MIL.ID?

Domain .mil.id adalah alamat website yang diperuntukkan bagi lembaga militer Indonesia, dalam hal ini adalah Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Sesuai dengan namanya, mil adalah akronim dari militer (military), dan id adalah kode negara Indonesia menurut ISO 3166-2.

Domain ini dikelola oleh PANDI, yang juga mengelola domain Indonesia yang lain, seperti .id, .co.id, dan sebagainya.

Namun, khusus untuk .mil.id, PANDI bekerja sama dengan Pusat Informasi dan Pengolahan Data (PUSINFOLAHTA) TNI.

Sebenarnya, masih ada domain yang juga khusus diperuntukkan bagi organisasi/lembaga militer, seperti .mil.

Namun, karena .mil dengan tambahan .id jika dilihat secara branding sangat menggambarkan Indonesia, tidak mengherankan apabila TNI menggunakannya sebagai alamat website resmi mereka.

Untuk melihat contoh website yang menggunakan domain .mil.id, baca ulasan di bawah ini, ya.

Contoh Website yang Menggunakan Domain .MIL.ID

Ada beberapa lembaga militer yang menggunakan domain .mil.id, seperti:

Jika melihat organisasi atau lembaga militer luar negeri, alamat website yang digunakan tidak selalu menggunakan .mil, atau .mil dengan tambahan kode negara tersebut.

Akan tetapi, ada pula yang lembaga/organisasi militer di sebuah negara yang menggunakan domain .gov (government), .nic, dan sebagainya, alih-alih .mil.

Sebagai contoh, www.mindef.gov.bn yang mana merupakan website milik angkatan bersenjata Brunei Darussalam, atau indianarmy.nic.in milik India.

Apakah itu salah? Tentu tidak, karena setiap negara tidak diwajibkan harus menggunakan domain .mil (termasuk .mil dengan tambahan .id) untuk website yang bergerak di bidang militer.

Penggunaan domain ini hanya rujukan saja, sehingga tidak ada kata wajib. Namun, kira-kira mengapa lembaga militer di Indonesia menggunakan .mil.id, ya? Apa kelebihannya?

Kelebihan Domain .MIL.ID

Lembaga militer Indonesia bisa saja menggunakan domain yang lain, seperti .gov.id, misalnya, seperti website militer milik beberapa negara lain. Namun, ternyata .mil.id memiliki beberapa kelebihan tersendiri, lho. Apa saja?

1. Meningkatkan Keunikan Website Militer

Website yang menggunakan domain .mil.id akan sangat terlihat unik dan berbeda dari kebanyakan website, terlebih di kalangan instansi pemerintah.

Bagaimana tidak, hanya dengan membaca alamatnya yang berakhiran .mil.id saja, orang-orang akan langsung menyadari bahwa website tersebut adalah representasi dari lembaga militer Indonesia, dalam hal ini adalah TNI.

Tentu keunikan inilah yang akan membuat TNI semakin populer di kalangan masyarakat ketika mengakses internet.

2. Dapat Menghindari Penyalahgunaan

Perlu Sobat Aksara ketahui, untuk mendapatkan domain .mil.id harus memenuhi syarat khusus di mana tidak sembarang pihak bisa memiliki syarat tersebut.

Tujuan pemberlakuan syarat ini yang paling jelas terlihat adalah untuk menghindari penyalahgunaan domain oleh pihak yang bertanggung jawab.

Bayangkan jika tidak bersyarat, siapa saja (termasuk pihak yang bertanggung jawab) dapat menggunakan domain .mil.id.

Website yang menggunakan domain .mil.id dapat digunakan untuk menyebarkan informasi yang tidak relevan, atau bahkan menjerumuskan dan mengatasnamakan lembaga militer Indonesia.

Bukankah itu sangat merugikan banyak pihak? Maka dari itu, syarat khusus dan ketat pun diberlakukan agar tidak sembarang pengguna bisa mendaftarkan domain .mil.id.

3. Meningkatkan Kepercayaan dan Kredibilitas

Kelebihan domain .mil.id yang berikutnya ini sangat berkaitan dengan sebelumnya, yakni dapat meningkatkan kepercayaan dan kredibilitas di mata pengguna.

Karena domain ini bisa dikatakan sangat eksklusif, maka kredibilitas dan kepercayaan pengguna terhadap website yang menggunakan domain .mil.id akan tinggi.

Anda bisa membayangkan apabila website milik lembaga sekelas TNI menggunakan domain umum seperti .com atau .net, yang notabene tidak memerlukan syarat khusus, tentu akan banyak potensi pemalsuan website.

4. Menunjukkan Rasa Kecintaan Terhadap Negara

Bisa dibilang, domain .mil.id adalah alamat website asli Indonesia, dan hanya bisa digunakan oleh pendaftar yang berasal dari Indonesia.

Dengan penggunaannya untuk website militer Indonesia, tentu ini adalah salah satu bentuk kontribusi dalam mencintai produk-produk (digital) dari Indonesia.

Pasalnya, semua orang di seluruh dunia dapat mengakses website TNI, maka akan semakin baik untuk menunjukkan bahwa Indonesia juga memiliki domain khusus, yaitu .mil.id yang menjadi representasi dari TNI, garda depan dalam hal keamanan bagi NKRI.

5. Sudah Pasti SEO Friendly!

Untuk domain eksklusif sekelas .mil.id, rasanya sangat aneh apabila visibilitasnya pada mesin pencarian kurang maksimal.

Untungnya, domain ini sudah SEO friendly dan sangat mudah untuk menemukan website TNI pada mesin pencarian.
Anda hanya mengetikkan kata kunci TNI atau TNI AU, TNI AD, atau TNI AL, maka peringkat atas hasil pencarian akan diisi dengan website berakhiran .mil.id.

Nah, Sobat Aksara baru saja mengetahui kelebihan dari domain .mil.id. Kini saatnya Anda mengetahui syarat-syarat yang dibutuhkan agar dapat mendaftarkannya.

Syarat Mendaftarkan Domain .MIL.ID

Melansir dari situs domain.mil.id, ada tiga dokumen wajib yang harus dipenuhi pendaftar. Adapun syarat domain .mil.id adalah:

Setelah melengkapi ketiga syarat di atas, Anda bisa mendaftarkan domain melalui laman utama situs domain.mil.id.

Selain .MIL.ID, Mana Domain .ID Pilihan Anda?

Domain .mil.id adalah ekstensi domain yang merepresentasikan lembaga militer Indonesia. Website yang menggunakan domain ini harus memenuhi syarat khusus.

Beberapa contoh website yang telah menggunakan domain .mil.id adalah tniad.mil.id, tnial.mil.id, tni-au.mil.id, dan sebagainya.

Nah, setelah mengetahui serba-serbi domain .mil.id, menurut Anda, bagimana domain .mil.id ini? Apakah Anda juga ingin menggunakan domain yang bersyarat seperti .mil.id?

Barangkali Anda menginginkan domain yang membutuhkan syarat khusus, ada beberapa jenis domain bersyarat seperti .mil.id, yaitu domain .co.id, or.id, sch.id, hingga web.id.

Namun, untuk kebutuhan website bisnis atau perusahaan, Anda lebih disarankan menggunakan co.id atau web.id karena syaratnya lebih longgar.

Pasalnya, domain .or.id diperuntukkan khusus untuk organisasi, dan .sch.id untuk website sekolah, sehingga syaratnya juga cukup ketat. Artinya, tidak sembarang orang bisa menggunakannya.

Selain itu, masih ada juga domain .id, .my.id, dan .biz.id yang bahkan tidak membutuhkan syarat apa pun.

Jadi, siapa saja bisa menggunakan domain ini untuk berbagai jenis website, lho! Jadi, mana domain .id pilihan Anda?

Tentukan pilihan Sobat Aksara sekarang juga dengan mendaftarkan domain Indonesia dari Aksara Data!

Telusuri Domain .ID Lainnya di Sini!

Jordy Prayoga He enjoys creating clear and helpful content. In his free time, he loves to hike.

Google Luncurkan Ekstensi Domain .ING, Daftar Segera!

Dunia ekstensi domain semakin bervariasi setelah Google Registry meluncurkan ekstensi baru, yakni .ing pada 5 Desember 2023. Itu artinya, Sobat Aksara punya lebih banyak...
Jordy Prayoga
2 min read

Yuk, Kenalan Dengan PT Aksara Data Digital!

Ketika ingin mendaftarkan nama domain, Sobat Aksara harus memilih registrar yang kredibel untuk mendapatkan layanan berkualitas. Ini sangat penting karena tanpa adanya peran registrar,...
Jordy Prayoga
2 min read

Menilik Peluang Jual-Beli Expired Domain, Memangnya Untung?

Jika Anda bergabung dalam berbagai forum atau grup seputar blog dan SEO, tak jarang ada sejumlah pengguna yang menawarkan expired domain. Tidak hanya itu,...
Jordy Prayoga
2 min read

Leave a Reply