Jordy Prayoga He enjoys creating clear and helpful content. In his free time, he loves to hike.

Apa Itu Domain Authority? Bagaimana Cara Meningkatkannya?

2 min read

DOMAIN AUTHORITY ADALAH

Ketika Sobat Aksara sering berurusan dengan SEO, domain authority adalah istilah yang akan sering Anda temui.

Pasalnya, domain authority disebut-sebut menjadi salah satu faktor yang memungkinkan website untuk lebih mudah muncul di mesin pencarian.

Maka dari itu, ada sebagian praktisi SEO yang berlomba-lomba menaikkan domain authority agar website selalu menjadi langganan page one.

Lantas, sebenarnya apa itu domain authority, dan bagaimana cara meningkatkannya? Simak artikel berikut ini ya, Sobat Aksara!

Apa Itu Domain Authority?

Domain authority adalah sebuah metrik atau ukuran yang dipakai untuk menaksir peluang sebuah domain (website) untuk muncul di mesin pencarian.

Nah, metrik yang digunakan oleh Moz dalam penghitungan domain authority yaitu skor dari skala 1 hingga 100.

Semakin tinggi nilai atau skor domain authority (DA), semakin besar pula kesempatan sebuah website untuk muncul di mesin pencarian.

Sementara itu, Ahrefs juga memiliki model penghitungan metrik tersendiri yang dikenal sebagai domain rating (DR).

Maka tidak heran apabila Sobat Aksara akan menemui perbedaan skor pada sebuah domain karena menggunakan dua tool yang berbeda (Moz dan Ahrefs).

Tak jarang, adanya metrik DA ini membuat banyak pengguna justru terpaku dengan skor yang tinggi, bahkan dimulai dari mencari domain expired yang sudah memiliki domain authority, atau mencari backlink sebanyak-banyaknya.

Bahkan, banyak orang yang ingin mencari jasa content placement dengan mempertimbangkan suatu website berdasarkan besaran skor domain authority.

Namun, tahukah Anda sebenarnya apa yang memengaruhi domain authority itu?

Faktor yang Memengeruhi Domain Authority

Ada beberapa faktor yang dapat memengaruhi tinggi rendahnya skor domain authority suatu website, yaitu jumlah tautan (link) yang mengarah ke website tersebut.

Hal inilah yang menjadikan sebagian orang berfokus pada banyaknya backlink untuk mengejar skor DA yang tinggi.

Karena hanya berfokus pada jumlahnya, kualitas dari backlink tidak diperhatikan sehingga menyebabkan website malah sulit untuk terindeks karena ternyata memiliki toxic backlink.

Perlu Anda perhatikan bahwa backlink yang berkualitas diperoleh dari website yang benar-benar relevan dengan website Anda.

Jadi, meskipun Anda punya banyak backlink tetapi bukan berasal dari website yang berkualitas (termasuk secara konten), maka hal tersebut hanya akan sia-sia.

Cara mendapatkan backlink yang berkualitas pun juga tidak sembarangan (harus natural) sehingga tidak dianggap sebagai bentuk memanipulasi search engine.

Nah, Sobat Aksara perlu mengetahui bagaimana cara meningkatkan domain authority dengan benar tanpa melanggar aturan search engine.

Cara Meningkatkan Domain Authority

Melansir dari Moz, cara terbaik untuk meningkatkan domain authority adalah dengan meningkatkan kualitas konten yang Anda buat.

Jadi, Sobat Aksara mesti membuat konten-konten yang unik dan tentunya membahas suatu topik secara detail.

Dengan begitu, website pun akan mendapatkan topical authority dan potensi untuk mendapatkan ranking di halaman pertama sangat besar.

Selain itu, meningkatkan kualitas dan kualitas tautan yang mengarah ke website Anda.

Artinya, semakin banyak tautan (backlink) yang berkualitas, semakin bagus untuk meningkatkan skor domain authority.

Lantas, bagaimana cara mendapatkan backlink berkualitas? Jawabannya berkaitan dengan cara yang pertama, yakni membuat konten yang berkualitas.

Sebab, pengguna akan menyukai konten tersebut sehingga bukan tidak mungkin mereka akan menganggapnya sebagai rujukan dengan mengarahkan tautan langsung ke situs Anda.

Domain Baru Bisa Bersaing dengan Domain Authority yang Tinggi!

Salah satu pertanyaan yang membuat beberapa pengguna pesimis adalah karena adanya anggapan bahwa domain authority yang tinggi sudah pasti mendapatkan jaminan page one.

Padahal domain authority tidak berpengaruh sama sekali terhadap pemeringkatan di mesin pencari.

Meskipun domain Anda masih baru dan domain authority-nya masih rendah atau bahkan 0, tidak perlu khawatir karena hal tersebut bukanlah jaminan.

Pasalnya, pemeringkatan website tidak ditentukan dari satu faktor saja, dalam hal ini adalah domain authority, melainkan banyak faktor.

Adapun beberapa faktor yang perlu Anda ketahui adalah content quality (kualitas konten), mobile friendly, keamanan website, kecepatan website, dan masih banyak lagi.

Jadi, mulai sekarang tak perlu khawatir apabila masih mengelola website baru dengan domain authority yang rendah atau baru berencana membuat website.

Beli Domain Baru? Siapa Takut!

Demikianlah pembahasan singkat mengenai domain authority dan cara mudah meningkatkannya.

Setelah membacanya, Anda bisa lebih mengurangi rasa ketergantungan dengan skor domain authority dan lebih berfokus pada kualitas konten.

Ayo, kembangkan website Anda sekarang dengan teknik SEO agar dapat meningkatkan jumlah kunjungan secara organik.

Untuk membuat website yang baik, Anda bisa memulainya dengan memilih domain baru tanpa takut bersaing dengan domain authority yang tinggi.

Daftarkan domain Anda sekarang di Aksara Data, yuk! Dijamin lebih murah!

Daftarkan Domain Anda di Sini!

Jordy Prayoga He enjoys creating clear and helpful content. In his free time, he loves to hike.