Jordy Prayoga He enjoys creating clear and helpful content. In his free time, he loves to hike.

Benarkah Domain AC.ID Hanya untuk Situs Perguruan Tinggi?

2 min read

Ilustrasi domain .ac.id, yang merupakan alamat website untuk perguruan tinggi. Gambar seorang pengajar dan tiga orang yang sedang mendengarkannya. Aktivitas ini biasanya kerap ditemui pada aktivitas perkuliahan

Website berakhiran ac.id kerap ditemui di internet ketika sedang mencari informasi.

Jika diperhatikan, semua website berakhiran ac.id yang muncul menggunakan nama suatu perguruan tinggi Indonesia, misalnya ui.ac.id, ugm.ac.id, dan sebagainya.

Sebagaimana diketahui, semua website perguruan tinggi di Indonesia memang menggunakan domain ac.id sebagai akhirannya.

Padahal, masih ada banyak domain pendidikan yang bisa digunakan, seperti .edu atau .academy, lho.

Lantas, mengapa website perguruan tinggi di Indonesia selalu menggunakan domain ac.id, dan benarkah hanya perguruan tinggi yang bisa menggunakannya?

Mengenali Apa Itu Domain AC.ID

Domain ac.id adalah alamat website yang secara khusus diperuntukkan bagi website perguruan tinggi.

Jika dilihat lebih detail, penggunaan nama ac.id sendiri memiliki arti yang sudah sangat merepresentasikan website akademis (nama ac diambil dari kata academy).

Nah, domain ac.id juga merupakan bagian dari keluarga ccTLD atau ekstensi domain tingkat atas negara Indonesia. 

Singkatnya, semua domain berakhiran .id akan termasuk dalam domain Indonesia, seperti .id, .sch.id, .web.id, dan juga termasuk ac.id.

Beberapa contoh perguruan tinggi populer seperti UI, ITB, hingga UGM menggunakan domain ac.id sebagai alamat website-nya.

Padahal bila menilik domain yang secara khusus diperuntukkan bagi perguruan tinggi, masih ada beberapa domain lainnya, seperti .edu, .university, atau .academy, tetapi mengapa perguruan tinggi di Indonesia lebih memilih domain ac.id, ya?

Mengapa Perguruan Tinggi Selalu Menggunakan Domain AC.ID?

Ada beberapa alasan kuat mengapa semua perguruan tinggi, baik negeri atau swasta di Indonesia pasti menggunakan domain ac.id, di samping banyaknya pilihan domain yang tersedia.

1. Meningkatkan Kredibilitas Perguruan Tinggi

Pemilihan domain bukan semata-mata hanya untuk terlihat seperti website populer lainnya (menggunakan ekstensi yang sama), melainkan juga dapat memengaruhi kredibilitas.

Lagi pula, salah satu syarat pendaftaran domain .edu hanya dapat didaftarkan oleh lembaga pendidikan yang berasal dari negara Amerika Serikat saja.

Seperti diketahui, ekstensi domain atau akhiran domain adalah penguat identitas sebuah website.

Jadi, penggunaan domain ac.id adalah pilihan yang sangat tepat karena relevan dengan perguruan tinggi yang mana adalah lembaga akademis yang berasal dari Indonesia.

Hal ini pun dapat menumbuhkan kepercayaan terhadap seluruh pihak, utamanya mahasiswa, mitra penelitian, dan sejenisnya yang berada di Indonesia.

2. Menghindari Penyalahgunaan

Untuk menggunakan domain ac.id, pendaftar harus memenuhi syarat yang diminta oleh registrar.

Jadi, tidak sembarang pihak dapat mendaftarkan domain ac.id. Dengan begini, pemilik domain ac.id benar-benar pihak yang resmi.

Selain itu, orang-orang yang mencoba untuk berniat jahat dengan membuat website yang tiruan suatu perguruan tinggi tidak akan pernah bisa.

Apa saja syaratnya? Buka tautan syarat pendaftaran domain ac.id berikut ini.

3. Meningkatkan Branding Website Perguruan Tinggi

Identitas website perguruan tinggi akan semakin kuat ketika menggunakan domain ac.id. Hal ini tidak lain dan tidak bukan karena ac.id yang notabene sangat menggambarkan website milik lembaga akademis, dalam hal ini perguruan tinggi.

Berbeda ketika suatu website perguruan tinggi menggunakan domain .com atau .me karena akan terlihat aneh dan kurang tepercaya. 

Pasalnya domain .com atau .me adalah ekstensi berjenis gTLD yang mana semua orang bisa mendaftarkannya.

Hal ini pun memicu banyak pemalsuan website oleh orang yang mencoba berniat jahat dengan membuat website yang seolah-olah adalah representasi dari suatu perguruan tinggi.

4. Relevan dengan Audiens Indonesia

Penggunaan domain ccTLD akan memberikan sinyal kepada Google bahwa website tersebut sangat relevan dengan audiens atau pengguna pada wilayah (negara) tersebut.

Jadi, domain ac.id sangat relevan dengan audiens yang berada di Indonesia dibandingkan domain pendidikan lainnya seperti .edu atau .university.

Secara teori, harusnya penggunaan domain ccTLD (semua jenis domain termasuk ac.id) akan membuat visibilitas website lebih tinggi dibandingkan dengan domain gTLD.

Namun, perlu diingat bahwa faktor ini bukanlah aspek yang signifikan karena masih ada pengaruh lain yang lebih penting, yaitu kualitas konten di dalam website.

Sebagai contoh, jika Sobat mengetikkan nama kampus pada mesin pencarian, hasil teratas adalah website resmi dari perguruan tinggi tersebut, alih-alih website palsu dengan nama domain yang berbeda.

Google sebagai mesin telusur semakin canggih sehingga dapat menampilkan mana website atau halaman yang relevan dengan audiens.

Kesimpulan: Domain AC.ID Hanya untuk Situs Perguruan Tinggi!

Setelah membaca ulasan ini, Sobat Aksara pasti sudah memahami bahwa domain ac.id adalah alamat website yang secara khusus diperuntukkan bagi perguruan tinggi saja.

Lagi pula, pihak yang dapat memenuhi syarat pendaftaran domain ini hanya perguruan tinggi.

Jadi, meski sama-sama di bidang pendidikan, website milik SD, SMP/Sederajat, hingga SMA/Sederajat tidak dapat menggunakan domain ac.id, karena sudah memiliki domain khusus yang lain, yaitu sch.id.

Nah, kalau Sobat Aksara berniat membuat website pribadi atau bisnis dan ingin menggunakan domain ac.id, jangan harap akan berhasil, ya!

Gunakan saja pilihan nama domain Indonesia yang lain, contohnya web.id, co.id, biz.id, atau my.id.

Untuk mendaftarkan semua jenis domain Indonesia, termasuk .ac.id, Sobat Aksara bisa bisa menghubungi Aksara Data, lho. Yuk, daftarkan domain Anda sekarang juga!

Daftarkan Domain Anda di Sini

Jordy Prayoga He enjoys creating clear and helpful content. In his free time, he loves to hike.

4 Ide Bisnis Bisnis dengan AI yang Sebaiknya Anda…

Artificial Intelligence (AI) sekarang ini menjadi andalan banyak orang untuk membantu aktivitas maupun pekerjaannya sehari-hari. Bagaimana tidak, kemampuan AI mampu mempersingkat waktu dan meringankan...
Jordy Prayoga
2 min read

Leave a Reply