Jordy Prayoga He enjoys creating clear and helpful content. In his free time, he loves to hike.

Cara Menjual Domain dengan Mudah, Dijamin Untung Banyak!

3 min read

CARA MENJUAL DOMAIN

Domain adalah komponen wajib dalam membuat website. Tanpa memiliki domain, Anda akan kesulitan dalam mengaksesnya, begitu pula dengan pengguna lainnya.

Namun, sekarang domain tidak sekadar komponen website saja, melainkan dapat dijadikan sebagai ‘barang’ yang sangat laku untuk diperjualbelikan.

Tak ayal, praktik jual beli domain kian menjadi sebuah peluang yang sangat menjanjikan. Artikel kami  yang lain juga sempat membahas bahwa domain memiliki harga jual hingga miliaran rupiah.

Melihat betapa menguntungkannya jual beli domain, Sobat Aksara bisa memanfaatkan peluang ini untuk meraih untung sebanyak-banyaknya.

Lantas, bagaimana cara menjual domain agar dapat untung besar? Simak artikel berikut ini untuk mendapatkan jawabannya!

Mengapa Harga Domain Bisa Mahal?

Sebelum ke menu utama cara menjual domain, mari mulai pembahasan kali ini dengan mengetahui alasan mengapa harga domain bisa mahal dan bisa diperjualbelikan.

Beberapa aspek yang menjadi faktor tingginya harga jual suatu domain adalah karena domain tersebut memiliki ekstensi yang unik, mengandung kata kunci populer, termasuk domain premium, atau bisa juga karena memiliki ‘rekam jejak’ yang bagus.

Untuk mengetahui alasan yang lebih lengkap, Anda bisa membacanya pada artikel Daftar Harga Domain Termahal di Dunia, Cocok untuk Investasi?.

Pasar dari domain sudah jelas ada dan akan selalu berkembang mengingat kebutuhan website selalu meningkat.

Maka dari itu, apabila Anda ingin memulai bisnis jual beli domain, langkah awal yang perlu disiapkan adalah mengetahui bagaimana cara memilih domain yang berpotensi laku untuk dijual kembali.

Baca Juga: Mengenal Email Domain Beserta Manfaatnya Bagi Bisnis!

Memilih Domain yang ‘Bisa Dijual Lagi’

Salah satu cara agar Sobat Aksara dapat menemukan domain yang berpotensi untuk dijual kembali adalah dapat memiliki kemampuan untuk membaca tren yang akan terjadi.

Sebagai contoh, sebelum Pemilu 2019 lalu, banyak orang yang mendaftarkan domain dengan nama yang dicalonkan.

Melansir dari Liputan6.com, ada yang mendaftarkan jokowiamin.id dan menawarkannya dengan harga fantastis, yakni 2 miliar.

Selain memiliki kemampuan untuk membaca tren yang akan datang, Anda juga perlu menentukan beberapa kiat dalam memilih domain, seperti menggunakan ekstensi yang unik, menggunakan nama yang singkat, mengandung kata yang evergreen, hingga memastikan bahwa nama domain dapat dieja dan ditulis dengan mudah.

Agar Sobat Aksara dapat mengetahui cara memilih domain yang ideal, silakan baca 8 Cara Memilih Nama Domain Terbaik untuk Website Anda.

Semua langkahnya dapat dilakukan dengan mudah, bahkan bagi pemula sekalipun. Nah, jika sudah memiliki domain yang dirasa berpotensi untuk laku saat dijual, kini saatnya Anda menjual domain tersebut!

Cara Menjual Domain dengan Mudah

Ada beberapa platform yang bisa Anda gunakan untuk menjual nama domain. Pada artikel kali ini, kami akan memberikan contoh cara menjual di sedo.com.

1. Buat dan Aktivasi Akun di Sedo.com

Lengkapi semua data yang diperlukan, seperti alamat email, nomor telepon, username, hingga negara. Setujui pula syarat dan ketentuan yang berlaku (terms and conditions).

Setelah itu, Sobat Aksara mesti mengaktivasi akun dengan mengklik tautan yang dikirimkan ke email yang baru Anda pakai untuk mendaftar akun.

2. Lakukan Sertifikasi

Pada halaman sertifikasi, Sobat Aksara dapat memilih beberapa metode sertifikasi, misalnya standard, premium, hingga premium plus certification.

Bila Anda adalah seorang pemula yang hendak melakukan transaksi kurang dari 10,000 dolar, maka metode sertifikasi yang disarankan adalah standard.

  • Dari ketiga pilihan metode sertifikasi itu, pilihlah salah satu, kemudian klik Proceed untuk melanjutkan ke proses berikutnya.
  • Selanjutnya, Anda bisa memilih prosedur sertifikasi melalui telepon untuk dihubungi pihak Sedo. Klik Certify now.
  • Masukkan nomor telepon yang masih aktif agar bisa menerima panggilan dari Sedo, kemudian pilih Call me now.
  • Tunggu beberapa saat untuk mendapatkan panggilan. Dalam panggilan tersebut, Anda akan diberikan kode verifikasi.
  • Masukkanlah kode tersebut pada kolom yang disediakan.

Baca Juga: 12 Jenis Domain .ID dan Peruntukannya yang Harus Diketahui!

3. Menambahkan Domain 

Setelah berhasil membuat dan sertifikasi akun, kini saatnya Sobat Aksara menambahkan domain yang ingin dijual.

Anda hanya perlu mengklik Add your domains, kemudian tambahkan domain.

Setidaknya, Anda bisa menambahkan domain yang ingin dijual dengan jumlah total sebanyak 200 domain.

Namun, untuk jumlah yang banyak, Anda perlu mengunggahnya dalam bentuk dokumen spreadsheet/excel.

Sebelum mengunggahnya, pastikan Sobat Aksara menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku, ya!

4. Menentukan Harga Jual Domain

Pada bagian ini, Anda bisa menentukan harga domain. Dalam penentuan harga ini, Anda juga dapat menggunakan panduan harga yang disarankan, misalnya dengan mata uang tertentu, jenis penawaran, hingga metode pembayaran yang diinginkan.

Baca Juga: 20+ Contoh Domain yang Bisa Menjadi Alternatif Selain .COM

5. Mengaktifkan SedoMLS Premium

Pada bagian Activate SedoMLS Premium, Anda harus melengkapi beberapa bagian, seperti nama Registrar dari domain yang Anda jual. 

Setelah itu, klik Yes pada kolom Activate SedoMLS Premium. Tak lupa, pastikan Anda mencentang kolom I confirm that I have read and fully agree to the SedoMLS Premium Terms of Use.

Jika sudah semuanya, tekan tombol Finish Adding Domains.

6. Memverifikasi Kepemilikan Domain

Langkah terakhir sebelum dapat menjual domain di Sedo adalah Sobat Aksara mesti memastikan bahwa domain yang dijual benar-benar milik Anda secara resmi.

Caranya, klik self-verification service. Kemudian, Anda akan diberikan dua pilihan untuk verifikasi, yakni dengan TXT Record dan CNAME. Pilihlah salah satu metode verifikasi kepemilikan domain, dan Anda pun berhasil ‘menaruh’ domain di Sedo yang siap dijual.

Itulah cara menjual domain pada platform yang disediakan oleh Sedo. Selain itu, Sobat Aksara juga masih dapat menjual domain tetapi dengan menjadi reseller domain. Bagaimana caranya?

Baca Juga: Daftar Domain Termurah untuk Bangun Website dengan Hemat!

Cara Menjual Domain dengan Menjadi Reseller!

Reseller domain adalah pengecer nama domain yang telah bekerja sama dengan Registrar tertentu.

Siapa saja dapat menjadi seorang reseller domain, baik itu perorangan maupun kelompok atau bahkan perusahaan.

Nah, dengan menjadi reseller, Anda bisa menentukan harga jual domain secara bebas, asalkan dapat bersaing dengan kompetitor.

Untuk menjadi reseller, Sobat Aksara dapat bergabung dengan penyedia platform reseller domain seperti Aksara Data, lho!

Dengan minimal deposit yang sangat terjangkau, Anda bisa berpotensi untuk meraih keuntungan yang sebanyak-banyaknya.

Ditambah lagi, Aksara Data adalah Registrar resmi domain Indonesia yang juga telah diakreditasi oleh ICANN.

Dengan begitu, harga domain yang Anda dapatkan dari Aksara Data bisa lebih murah, lho! Tertarik untuk menjadi reseller domain Aksara Data? Silakan bergabung dengan kami sekarang!

Daftar Jadi Reseller Domain!

Jordy Prayoga He enjoys creating clear and helpful content. In his free time, he loves to hike.

4 Ide Bisnis Bisnis dengan AI yang Sebaiknya Anda…

Artificial Intelligence (AI) sekarang ini menjadi andalan banyak orang untuk membantu aktivitas maupun pekerjaannya sehari-hari. Bagaimana tidak, kemampuan AI mampu mempersingkat waktu dan meringankan...
Jordy Prayoga
2 min read

Leave a Reply