7+ Bahasa Pemrograman Populer & Info Lengkapnya

5 min read

bahasa pemrograman

Kemampuan dalam menggunakan bahasa pemrograman atau disebut juga bahasa komputer sangat dibutuhkan oleh berbagai industri saat ini.

Tidak mengherankan jika kini banyak orang yang tertarik untuk mempelajari bahasa ini, dan diantara banyak orang itu Anda mungkin merupakan salah satunya.

Dengan menguasai bahasa pemrograman, Anda bisa menggunakannya untuk mengelola website sendiri maupun sebagai profesional software developer.

Sejatinya, diluar sana ada ratusan jenis bahasa pemrograman yang bisa dipelajari. Namun, Anda tidak perlu mempelajari semuanya.

Mempelajari semua bahasa pemrograman hingga ke dasar-dasarnya bisa membuat seseorang mengalami kebotakan dini dan migrain yang berkepanjangan karena saking rumitnya.

Yang Anda perlukan hanyalah mempelajari beberapa bahasa komputer yang banyak dibutuhkan atau populer untuk digunakan. Dan pastikan memahami sampai akar-akarnya.

Tidak dipungkiri, di awal belajar bahasa pemrograman Anda pasti memiliki pertanyaan, bahasa pemrograman apa yang sebaiknya dipelajari.

Nah, artikel ini akan membahas lebih dari tujuh macam bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan kalangan developer beserta info lengkapnya untuk membantu Anda mendapatkan pencerahan dalam memilih bahasa komputer mana yang ingin dipelajari .

Pengertian Bahasa Pemrograman

Bahasa Pemrograman adalah kumpulan sederet kode unik yang sesuai dengan aturan syntax.

Fungsi dasar dari bahasa pemrograman adalah untuk membuat komputer mampu mengolah data sesuai dengan alur sistematis yang dibuat oleh programmer.

Sedangkan proses programmer menuliskan suatu bahasa pemrograman disebut coding.

Sederhananya, bahasa pemrograman adalah bahasa yang digunakan untuk menerjemahkan bahasa manusia menjadi bahasa komputer oleh seorang programmer agar komputer dapat digunakan untuk menyelesaikan suatu tugas tertentu.

Proses pembuatan software dari bahasa komputer ini pun bisa dikatakan cukup rumit dan kompleks.

Programmer harus mulai dari penyusunan kode syntax, kemudian melakukan pengujian, analisis kinerja, penyuntingan, hingga optimalisasi produk akhir.

Sebenarnya, produk dari bahasa komputer bukan hanya website, namun juga berbagai aplikasi seperti games, signage lampu LED yang bergerak, lampu lalu lintas, dan lain sebagainya.

Alasan Belajar Bahasa Pemrograman

Programming Language

Di dunia serba digital ini, orang yang berprofesi sebagai programer atau developer sangat banyak dibutuhkan. 

Dengan penguasaan yang baik tentang suatu bahasa komputer, tentunya Anda bisa bergabung dengan perusahaan yang bergerak di bidang software development untuk menciptakan berbagai aplikasi mutakhir.

Selain itu, berbagai industri membutuhkan setidaknya satu orang yang terampil dalam bahasa komputer untuk tergabung dalam Tim IT mereka.

Dalam proses pembuatan dan pengelolaan website saja, peran programmer akan sangat dibutuhkan.

Walaupun ada software instan seperti CMS (Content Management System), terkadang ada pengaturan yang membutuhkan kemampuan pemrograman manual.

Seperti jika atasan meminta suatu tampilan khusus di landing page website, programer harus mengganti beberapa baris kode dalam CMS untuk menghasilkan tampilan sesuai keinginan tersebut.

Selain bekerja untuk suatu perusahaan, Anda juga bisa memulai proyek-proyek Anda sendiri secara freelance.

Saat ini banyak orang yang ingin mengembangkan website secara custom, nah kemampuan Anda dalam bahasa pemrograman ini bisa Anda tawarkan.

Cara Memilih Bahasa Pemrograman

Programming Language

Dalam mempelajari bahasa pemrograman, sebaiknya Anda fokus pada beberapa jenis saja, namun benar-benar mendalaminya sampai ke akar-akar.

Agar bila dihadapkan pada suatu permasalahan, Anda dapat dengan cepat menyelesaikan algoritma dari permasalahan tersebut.

Berikut hal yang harus diperhatikan dalam memilih suatu bahasa pemrograman:

  • Cari tahu apa yang Anda butuhkan atau tujuan mempelajari bahasa pemrograman.

Apakah Anda ingin berkecimpung dalam dunia website developer, game developer, artificial intelligent developer, atau bidang lainnya.

  • Anda harus terlebih dahulu mencari tahu tentang kemajuan suatu bahasa komputer. 

Lakukan riset bahasa pemrograman apa saja yang sekarang banyak diminati.

  • Kenali dulu kelebihan dan kekurangan suatu bahasa pemrograman.

Jadi Anda memiliki gambaran terkait tingkat kemudahan dan kesulitan dalam menggunakan suatu bahasa pemrograman.

Jenis-jenis Bahasa Pemrograman

Jika ditilik dari sejarah perkembangannya, kini bahasa pemrograman sudah memasuki generasi kelima sejak pertama kali diciptakan sekitar tahun 1940 lalu.

Nah, menurut data dari PYPL (Popularity of Programming Language) per Juni 2021, Python kini menduduki peringkat pertama sebagai Bahasa Pemrograman paling populer digunakan di dunia.

Popularity of Programming Language

Berikut adalah penjelasan masing-masing bahasa pemrograman berdasarkan tingkat kepopulerannya:

1. Python

Bahasa Komputer

Berdasarkan tingkatan bahasa pemrograman, python tergolong ke dalam kategori bahasa komputer tingkat tinggi yang mampu mengeksekusi pekerjaan kompleks. 

Python memiliki model multiple programming yang memungkinkan ia digunakan untuk mengembangkan aplikasi berskala besar maupun kecil.

Walau begitu, bahasa ini termasuk sangat mudah untuk dipahami seorang pemula karena terdiri dari syntax yang sederhana.

Diluar sana, banyak framework pengembangan yang memakai python.

Termasuk diantaranya dalam pengembangan aplikasi berbasis web dan pengembangan internet. 

Jika Anda telah menguasai bahasa ini, Anda akan lebih mudah dalam beradaptasi ketika harus menggunakan framework yang berbeda.

Python pun cukup mudah dan cepat jika digunakan untuk mengintegrasikan beberapa sistem secara langsung tanpa harus menyusun ulang datanya ke bahasa mesin tertentu.

Kemudian, keamanan siber menggunakan bahasa pemrograman python bisa dibilang sangat tangguh.

Bahkan, ketika Anda sudah mempelajari python tingkat lanjut, Anda bisa membangun aplikasi yang tidak dapat diretas.

Perpustakaan pihak ketiganya, seperti Yara, Request, dan Nmap, dapat merespon ancaman keamanan dengan sangat cepat. 

Kecepatannya melebihi bahasa komputer yang lain.

Tidak heran jika python banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar seperti NASA, Google, Youtube, Reddit, Facebook, Instagram, Pinterest, dan lain sebagainya.

2. Java

Bahasa Komputer

Java termasuk ke dalam bahasa pemrograman pioner yang dikembangakan sejak tahun 1990 oleh James Gosling dibawah naungan perusahaan Sun Microsystem.

Baru lima tahun kemudian, tepatnya 23 Mei 1995, Java dirilis untuk public sebagai sebuah bahasa pemrograman open source.

Java yang memberikan source codenya secara cuma-cuma langsung mendapatkan tempat tersendiri di hati kalangan pengembang.

Karena keberadaan yang sudah cukup lama, Java telah mengalami banyak testing dan updating.

Segala proses tersebut membuat bahasa komputer Java dapat menyesuaikan diri dengan kebutuhan zaman.

Hingga saat ini, ada lebih dari 15 milyar perangkat di dunia yang menggunakan Java. Baik yang berbasis web maupun mobile.

Dimana seluruh aplikasi berbasis Android menggunakan bahasa komputer ini.

Pun sebanyak 90% dari perusahaan Fortune 500 juga menggunakan Java sebagai pengembang sistem back end dan aplikasi desktop.

3. JavaScript

Bahasa Komputer

JavaScript mulai dirintis pada tahun 1994 di bawah naungan perusahaan teknologi, Netscape, ketika internet dan website sedang mengalami perkembangan yang sangat pesat.

Sejak awal mula pembuatannya, JavaScript memang ditujukan untuk membangun website.

Tidak heran jika JavaScript menjelma satu-satunya bahasa pemrograman yang terintegrasi sempurna dengan HTML dan CSS.

Ia juga merupakan satu-satunya bahasa komputer yang mampu mengoptimasi banyak respon dari server dan kompatibel dengan semua jenis browser.

Maka tidak heran jika JavaScript menyabet gelar bahasa komputer yang paling banyak digunakan developer selama tujuh tahun berturut-turut.

Kelebihan lain dari JavaScript adalah ia tidak membutuhkan resource memori besar, cukup dinamis, dan mudah dikembangan.

4. C#

Bahasa Komputer

C# atau dibaca C-sharp, merupakan bahasa yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti pengembangan website, aplikasi windows, hingga games.

C# merupakan bahasa komputer yang cukup mudah dipahami untuk pemula karena tidak terlalu kompleks.

Bahasa komputer ini juga fleksibel, karena dapat dieksekusi di mesin komputer sendiri atau ditransmisikan melalui web dan di eksekusi di komputer lainnya.

Jadi, program yang menggunakan C# mudah untuk dikelola dan dikembangakan menjadi lebih besar.

5. C

 

Bahasa Pemrograman

Bahasa Pemrograman C, atau dikenal juga sebagai bapak dari segala bahasa komputer, telah hadir di tengah-tengah para developer sejak tahun 1972.

Penggagas bahasa komputer ini adalah Dennis Ritchie yang ditujukan untuk Sistem Operasi Unix di Bell Telephone Laboratories.

Dari sinilah baru kemudian bermunculan bahasa komputer yang lebih canggih seperti C++, Java, Java Script, dan lainnya.

Belajar bahasa ini akan cukup menguntungkan bagi pemula karena C memiliki kemiripan konsep dengan berbagai bahasa pemrograman lain.

Ia juga termasuk pondasi dalam menulis berbagai sistem operasi dengan total 32 keywords.

Bahasa ini digunakan untuk mengembangakan sistem operasi Microsoft, Linux dan UNIX.

Kemudian, contoh perusahaan besar yang menggunakan bahasa ini adalah Apple, Microsoft, dan Cisco.

 6. PHP

PHP

Sebanyak 79% website di dunia ini menggunakan bahasa komputer PHP.

PHP memiliki kemampuan untuk membuat tampilan website dinamis dan interaktif.

Pola kerjanya cocok digunakan untuk website dan aplikasi yang membutuhkan kumpulan dan rekaman data user seperti Facebook, Yahoo, WordPress, Joomla, Drupal, dan lain sebagainya.

Web server yang mendukung pemakaian PHP pun beragam mulai dari Apache, IIS, Lighttpd, dan Xitami dengan konfigurasi yang mudah.

7. R

R

R merupakan bahasa komputer khusus yang digunakan untuk mengolah data dan statistik, mulai dari algoritma machine learning,regresi linier, time series, dan sebagainya.

Tidak hanya digunakan oleh data scientist dan analyst pada bidang akademik, R juga banyak digunakan oleh perusahaan IT.

Perusahaan IT seperti Facebook dan Twitter menggunakan R untuk memetakan tren yang berkaitan dengan perusahaan mereka.

Insight yang didapat kemudian dijadikan landasan pengambilan keputusan untuk pengembangan berikutnya.

8. Objective-C

Objective-C

Objective-C adalah bahasa komputer yang dikembangkan oleh Apple pada tahun 1993.

Dimana tujuan diciptakannya khusus untuk melengkapi kekurangan bahasa C yaitu penambahan syntax khusus untuk class dan methods.

Bahasa utama untuk sistem operasi IOS ini juga memiliki tambahan language level support untuk object graph dan object literal.

Selain itu, bahasa komputer ini dianggap lebih stabil sehingga tidak memerlukan banyak migrasi ke versi terbarunya.

Selain itu masih ada banyak bahasa komputer yang tersedia seperti TypeScript, Swift, Kotlin, Matlab, Go, VBA, Ruby, Rush, Ada, Scala, dan lain sebagainya.

Penutup

Setelah membaca lebih dari 7 bahasa pemrograman populer tadi semoga Anda menjadi lebih tercerahkan, baik sekedar sebagai pengetahuan maupun gambaran untuk pilihan bahasa komputer untuk karir di masa depan.

Siapa tahu Anda bisa memiliki usaha sampingan sebagai website developer lepas waktu.

Nah, sebagai developer website, pasti akan lebih lengkap jika Anda menyiapkan domainnya juga. Domain bisa didapatkan dengan harga reseller yang tentunya lebih ramah dompet di Aksara Data Digital.

Hasilnya, pelanggan tinggal terima beres dan merasa puas dengan kinerja Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *